10 Barang Elektronik Paling Populer di Tahun 80-an

Teknologi pada saat ini sudah sangat canggih. Kita bisa menelepon, mendengarkan musik, menonton video, bermain game dan internet hanya menggunakan satu barang elektronik saja. Namun, bagaimana barang elektronik pada tahun 80-an? Apakah barang-barang elektronik pada saat itu memiliki kecanggihan seperti sekarang ini? Tentu saja pada zaman 80-an barang-barang elektroniknya belum secanggih seperti sekarang ini. Meskipun demikian, ada beberapa barang elektronik yang cukup terkenal pada era 80-an. Berikut barang-barang elektronik yang pernah terkenal pada era 80-an.

 

Sony Walkman

stereo2go.com
stereo2go.com

Zaman dulu, barang elektronik ini termasuk barang yang sangat mewah. Pemiliknya hanya orang-orang kaya saja. Sony Walkman ini muncul pertama kali pada tahun 80-an. Kehadirannya merupakan suatu terobosan yang luar biasa pada zamannya. Bagaimana tidak, orang-orang pada umumnya mendengarkan musik menggunakan tipe yang berukuran besar dan sulit untuk dibawa kemana-mana. Bahkan, di Indonesia pada zaman itu masih banyak yang mendengarkan menggunakan radio. Tetapi, barang elektronik yang satu ini memudahkan kita dalam mendengarkan musik, khususnya saat kita berpergian jauh.

Untuk mendengarkan musik dari Walkman ini, kita harus menyiapkan kaset yang berisi lagu kesukaan kita. Selain itu, kita juga harus menyiapkan baterai agar musiknya bisa didengarkan. Hal ini sangat berbeda dengan zaman sekarang. Kita tidak usah menyiapkan kaset lagi, cukup mengunduh musik yang ingin kita dengarkan.

Nintendo

metro.co.uk
metro.co.uk

Siapa yang belum tahu video game dengan merk Nintendo ini? Mungkin, kita yang lahir pada era milenium tidak bisa mencoba video game yang satu ini. Karena pada zaman milenium sampai sekarang, video game yang paling terkenal adalah playstation atau disingkat PS. Namun, kita yang lahir pada tahun 80-an atau 90-an pasti mengenal video game Nintendo ini. Video game ini menjadi primadona di zamannya. Permainan-permainan yang sangat populer adalah Duck Hunt, Ice Climber, Final Fantasy, The Legend of Zelda, Excitebike dan Super Mario.

Kamera Polaroid 660

youtube.com
youtube.com

Kamera Polaroid 660 ini pertama kali muncul pada tahun 1982. Kamera ini merupakan produk elektronik pertama yang menggunakan Sonar Autofocus. Pada zamannya, kamera ini sangat terkenal. Biasanya kamera ini banyak digunakan oleh para penyedia jasa foto keliling.

Jam Tangan Kalkulator Merk Casio

youtube.com
youtube.com

Pada saat ini, jam tangan tidak hanya berfungsi untuk melihat waktu saja. Namun, jam tangan sudah dilengkapi dengan berbagai fitur, seperti menjawab telepon, mambuka email dan sebagainya. Kecanggihan yang ditawarkan oleh berbagai produsen barang teknologi, seperti Samsung, Apple, Sony, Google dan lainnya bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi pemakainya.

Bagaimana dengan zaman 80-an? Ternyata, pada zaman ini sudah ada jam tangan canggih pada masanya. Jam tangan tersebut tidak hanya berfungsi untuk melihat waktu saja, tapi jam tangan ini memiliki fungsi untuk menghitung. Nama produk elektronik tersebut adalah Casio C-80 Calculator Watch.

Kodak Fling

flickr.com
flickr.com

Apabila kita membandingkan kamera zaman sekarang dengan era 80-an, pasti kita mengatakan kamera zaman sekarang jauh lebih canggih karena mempunyai format digital. Meskipun demikian, jangan meremehkan kamera pada era 80-an. Karena ada kamera yang cukup canggih dan populer pada zamannya. Kamera tersebut bernama Kodak Fling. Kamera ini dijual dengan rol filmnya dan hanya dapat digunakan untuk sekali pakai. Kamera ini kebanyakan menggunakan lensa fixed focus, beberapa dilengkapi dengan lampu flash dan ada pula versi tahan air.

 

Konsol Atari

homepage.ntlworld.com
homepage.ntlworld.com

Konsol buatan atari ini merupakan hasil karya kelompok insinyur yang bernama Cyan Engineering pada tahun 1973. Cyan Engineering ini membuat Stella, yaitu prototipe konsol game.  pada tahun 1977, Atari merubah Stella menjadi konsol game Atari 2600. Konsol ini dilengkapi dengan dua joystick dan cartrige untuk game kombat.

Motorola Dynatac 800X

flickr.com
flickr.com

Motorola Dynatac 800X merupakan telepon seluler pertama di dunia. Telepon seluler ini mampu digunakan untuk berbicara selama 30 menit, baterai mampu bertahan selama 8 jam dan mampu menyimpan nomer telepon sebanyak 30 nomer.

Promax J-1

youtube.com
youtube.com

Apakah kamu pernah mendengarkan musik dengan menggunakan tape merk Promax J-1? Pada zaman sekarang mungkin kita sudah tidak mendengarkan musik dengan tape seperti ini. Namun, Promax J-1 ini cukup populer pada tahun 80-an. Tape ini hadir dengan tiga pasang speaker dan delapan inch woofers.

Commodore 64

giantbomb.com
giantbomb.com

Commodore 64 merupakan komputer yang cukup canggih di tahun 80-an. Barang elektronik ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1982. Commodore 64 ini dilengkapi dengan 64 kb memori, IBM graphic performance dan sound.

Pocket TV

visions4.ne
visions4.ne

Pocket TV ini merupakan barang elektronik yang cukup populer dan canggih di zamannya. Barang elektronik ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1984 dan menjadi produk TV mini pertama di dunia. Barang elektronik ini didukung dengan color liquid crystal display LCD dan screen 2 inch.

Tinggalkan komentar