10 Bunga Ini Memiliki Keindahan yang Tidak Biasa

Bunga merupakan bagian tumbuhan yang kelak akan menjadi buah dari sebuah pohon. Selain itu ada pula bunga yang merupakan tanaman hias. Ada banyak jenis bunga yang termasuk dalam kategori tanaman hias. Bunga hias yang sering kita lihat biasanya yaitu bunga anggrek, mawar, melati. Semuanya indah.

Masih ada banyak lagi jenis bunga di dunia ini. Selain warna-warni, bentuknya pun tidak biasa. Ini dia daftarnya.

 

Butun/Keben/Sea Poison Tree/Barrington Asiatica

Butun/Keben/Sea Poison Tree/Barrington Asiatica
cv.reunion.over-blog.com

Butun atau keben adalah sejenis pohon yang tumbuh di pantai-pantai wilayah tropika, di Samudra Hindia, kawasan Malesia, hingga ke pulau-pulau di Pasifik barat. Nama lainnya adalah putat laut. Di luar negeri, ia dikenal dengan nama Sea Poison Tree. Adapun nama ilmiahnya yaitu Barrington asiatica.

Saat bunga ini mekar penuh, bentuknya menyerupai pom-pom cheerleader. Warnanya putih di bagian bawah, bagian atasnya berwarna merah muda. Baunya manis yang dapat menarik kelelawar dan ngengat di malam hari.

Bleeding Heart/Lamprocapnos spectabilis

Bleeding Heart/Lamprocapnos spectabilis
kidnesia.com

Bunga berbentuk hati ini dikenal dengan nama Bleeding Heart. Nama ilmiahnya Lamprocapnos spectabilis. Asalnya dari Asia Timur. Bunga ini membutuhkan tanah yang lembab untuk dapat tumbuh.

Golden Chain/Laburnum
plus.google.com

Pohon berbunga kuning ini berjejer membentuk sebuah terowongan bunga. Terowongan bunga sepanjang kurang lebh 55 meter ini dapat dijumpai di Bodnant Garden, Wales, UK. Sekitar 160.000 pengunjung berkunjung ke taman ini setiap tahunnya.

Bunga ini dikenal dengan nama Golden Chain, tidak heran karena bentuknya sepert rantai emas yang menggantung. Nama ilmiahnya adalah Laburnum.

Passion Flower/Passiflora Incarnata

Passion Flower/Passiflora Incarnata
fotocommunity.com

Bunga ini bukan bunga langka. Akan tetapi, bunga ini memiliki bentuk yang tidak biasa. Bagian tengahnya menyerupai mahkota. Nama ilmiahnya adalah Passiflora incarnata, yaitu sejenis pohon merambat yang berasal dari Amerika. Bunga lebih dikenal dengan nama Passion Flower.

Snake’s Head Fritillary/fritillaria meleagris
independent.co.uk

Bunga ini merupakan keluarga bunga lili. Ia tumbuh liar di daerah Eurasia. Kelopaknya berbintik polkadot dan mirip ular. Maka tidak heran jika bunga ini dinamai Snake’s Head Fritilarry, sebab bentuknya seperti kepala ular. Adapun nama ilmiahnya yaitu Fritillaria meleagris.

Sturt’s Desert Pea/Swainsona Formosa

Sturt’s Desert Pea/Swainsona Formosa
blog.nauphotos.com

Bunga ini adalah lambang resmi negara Australia Selatan. Bunga ini dikenal dengan nama Sturt’s Desert Pea. Adapun nama latinnya yaitu  Swainsona Formosa.

Suku Aborigin, menyebutnya Flower of Blood. Legenda tersebut bercerita bahwa dahulu terdapat seorang wanita muda Aborigin yang menunggu kekasihnya kembali dari berburu. Ketika sukunya memutuskan untuk pindah kamp, dia bersikeras tetap tinggal di sana untuk menunggu kekasihnya. Rombongan suku itu sempat menoleh ke belakang ketika berjalan pergi. Mereka melihat seorang wanita muda duduk mengenakan jubah merah. Setahun kemudian, mereka mengunjungi kamp tersebut dan menemukan sebuah bunga merah dengan pusat hitam di tempatnya. Adapun wanita yang menunggu kekasihnya itu tidak pernah terlihat lagi.

Bat Face Cuphea/Cuphea llavea

Bat Face Cuphea/Cuphea llavea
galleryhip.com

Jika dilihat dari dekat, kita dapat melihat bentuk bunga ini menyerupai kelelawar ganas. Itulah mengapa bunga ini dinamai Bat Face Cuphea. Adapun nama ilmiahnya adalah Cuphea llavea. Asalnya dari Mexico.

Utricularia Sandersonii
deviantfromgermany.deviantart.com

Bunga-bunga kecil berbentuk seperti kelinci dengan sebuah hidung dan dua daun telinga ini bernama Utricularia Sandersonii. Tetapi, jangan tertipu oleh bentuk imutnya. Bunga ini tergolong tumbuhan karnivora. Tidak jarang bunga ini disebut sebagai ‘kelinci mematikan’ karena mereka menjebak dan memakan serangga mikroskopis .

Lady’s Slipper Orchid/Cypripedioideae calceolus

Lady’s Slipper Orchid/Cypripedioideae calceolus
goodreads.com

Lady’s Slipper Orchid yang memiliki nama ilmiah Cypripedioideae calceolus ini mendapat nama dari bentuknya yang unik. Bunga ini diberi julukan ‘wanita sepatu’ karena ia memiliki kelopak kuning menyerupai sepatu wanita. Jenis ini cukup langka sehingga ia dilindungi oleh para ilmuwan dan undang-undang perlindungan satwa/tanaman liar. Seperti yang dilansir BBC, barangsiapa yang berani memetiknya sembarangan, ia bisa dikenai denda hingga £ 5.000.

Corpse flower/Rafflesia arnoldii
biologypop.com

Inilah bunga yang memiliki kelopak terbesar di dunia. Sayangnya, bunga ini berbau daging membusuk. Bunga ini dapat tumbuh selebar 3 kaki. Ia tidak memiliki daun maupun batang. Bunga ini hanya tumbuh di pulau-pulau Asia tenggara dari Sumatera dan Kalimantan, Indonesia.

Di Indonesia, ia dikenal dengan nama bunga Bangkai. Di luar negeri namanya adalah Corpse Flower. Adapun nama ilmiahnya yaitu Rafflesia arnoldii.

Tinggalkan komentar