10 Cara Mengobati Gusi Bengkak

CARA MENGOBATI GUSI BENGKAK – Ketika gusi sedang bengkak, tentu sangatlah tidak nyaman. Selain terasa sakit nafsu makan pun juga ikut berkurang, kalau itu terus berkelanjutan tentu akan menimbulkan masalah kesehatan yang lainnya.

Sekarang banyak sekali obat-obatan yang dijual khusus untuk mengatasi masalah ini, tetapi keampuhannya juga masih dipertanyakan. Dari pada membeli sesuatu yang belum pasti, mendingan kita buat aja sendiri. Selain mudah dan murah, kita juga nggak perlu khawatir dengan efek samping yang mungkin akan timbul.

Langsung saja kita simak beberapa bahan alami yang mampu menyembuhkan gusi bengkak berikut ini.

Artikel terkait: Ini Dia Cara Mengobati Sariawan yang Efektif

 

Garam

spirit.web.id
spirit.web.id

Selain digunakan sebagai bahan tambahan makanan, ternyata garam juga mampu untuk mengobati penyakit gusi bengkak. Caranya juga cukup mudah, kamu hanya perlu mencampur satu sendok teh garam dengan air hangat dan aduk hingga garamnya larut. Kemudian berkumurlah dengan larutan garam tersebut, minimal 3x sehari.

Minyak Cengkeh

ekohendrikpaimo.blogspot.com
ekohendrikpaimo.blogspot.com

Minyak cengkeh memang mempunyai banyak manfaat buat kesehatan, salah satunya adalah untuk mengobati gusi bengkak. Kamu hanya perlu mengoleskan minyak cengkeh pada gusi yang bengkak minimal 2x sehari secara rutin sampai gusi kamu sembuh.

Jeruk Nipis

masakanpraktis.com
masakanpraktis.com

Ambil dua atau tiga buah jeruk nipis yang sudah matang, peras dan ambil sarinya, kemudian campur dengan air hangat dan aduk hingga rata. Lalu berkumurlah dengan ramuan tersebut, tetapi akan lebih efektif lagi jika kamu gunakan berkumur sebelum dan sesudah bangun tidur.

Madu

sudahtau.com
sudahtau.com

Madu memang kaya akan manfaat, salah satunya adalah untuk mengobati gusi bengkak. Caranya pun cukup mudah, kamu hanya perlu mengoleskan madu tersebut pada gusi yang bengkak, minimal 3x sehari.

Bawang Merah

kesehatan.kampung-media.com
kesehatan.kampung-media.com

Dalam bawang merah terkandung semacam zat yang mampu meredakan bengkak. Oleh karana itu, bawang merah cukup efektif untuk mengobati gusi bengkak yang sedang kamu derita. Caranya juga cukup mudah, haluskan bawang merah tersebut, kemudian oleskan pada gusi yang bengkak.

Banyak Minum Air Putih

gigisusu.net
gigisusu.net

Dengan memperbanyak minum air putih juga mampu untuk mengobati gusi bengkak serta menurunkan resiko terkena penyakit ini. Karena air putih mampu mengurangi bakteri pada mulut serta berfungsi sebagai pengganti air liur yang berkurang.

Mengurangi Stress

nicholasferguson.org
nicholasferguson.org

Menurut sebuah penelitian, dibuktikan bahwa kesehatan gigi dan gusi ternyata juga dipengaruhi oleh tingkat stress yang berlebihan. Oleh karena itu, luangkan waktu sejenak untuk melakukan kegiatan yang sekiranya mampu menyegarkan pikiran kita.

Pijatan Gusi

freevector.com
freevector.com

Kamu juga bisa melakukan sedikit pijatan lembut pada gusi guna untuk mengurangi rasa nyeri yang ditimbulkan akibat pembengkakan tersebut. Namun, harus kita pastikan bahwa jari yang kita gunakan untuk memijit benar-benar bersih dari bakteri.

Modifikasi Diet

dailyhealthfitnesstip.com
dailyhealthfitnesstip.com

Jika kamu termasuk orang yang sedang menjalankan program diet. Kurangi makanan-makanan yang sekiranya kurang baik untuk kesehatan gigi dan mulut. Sebisa mungkin untuk memenuhi kebutuhan vitamin C harian agar kesehatan kamu tetap terjaga meskipun sedang menjalankan program diet.

Kulit Andong

naturalherbalmagelang.com
naturalherbalmagelang.com

Siapkan kulit Andong (tanaman Andong) kemudian cuci sampai bersih. Kunyah kulit andong tersebut dengan sedikit campuran garam dapur secukupnya, kemudian tempelkan pada gusi yang bengkak.

Tinggalkan komentar