10 Jenis Ikan Laut Air Dalam dengan Wajah Paling Seram

Selama ini, mungkin kita hanya mengenal ikan hiu, sebagai ikan yang paling ganas dan menyeramkan. Padahal sebenarnya, hiu hanyalah salah satu diantara banyak ikan menyeramkan lainnya. Bedanya, ikan-ikan ini lebih senang tinggal di dasar laut atau samudera daripada di dekat permukaan laut.

Mungkin, mereka sengaja diciptakan oleh Tuhan seperti itu, karena kalau mereka berhabitat di permukaan laut, bisa-bisa manusia tidak lagi bisa berenang di laut. Mari cari tahu ikan-ikan laut air dalam dengan wajah dan bentuk paling mengerikan.

Anglerfish (Ikan Pemancing)


Dari namanya kita bisa mengetahui cara ia memangsa. Anglerfish, dalam bahasa Indonesia berarti ikan pemancing. Ikan ini adalah ikan yang unik, karena ia adalah ikan yang menggunakan “pancingan” sebagai media berburunya. Anglerfish memiliki habitat jauh berada di tempat gelap di kedalaman samudera, dimana cahaya matahari sudah tidak mampu lagi menjangkaunya.

Pancingan anglerfish terdapat di bagian kepalanya, tepatnya di antara kedua matanya. Pancingan tersebut akan mengeluarkan cahaya unik ketika berada di tengah kegelapan, sehingga akan menarik perhatian ikan-ikan kecil. Ketika ikan-ikan kecil tersebut mulai mendekati “kail” cahaya itu, mulut besar anglerfish akan segera menyambarnya dengan cepat.

Megamouth Shark (Hiu Mulut Besar)


Sesuai dengan namanya, ikan ini masih termasuk jenis hiu. Berbeda dengan hiu-hiu pada umumnya, megamouth shark tidak memiliki taring tajam untuk merobek mangsanya. Selain itu, ia pun juga tinggal di dalam gelapnya dasar samudera. Megamouth biasanya berburu ikan-ikan kecil. Metode berburunya adalah dengan menghisap mangsanya dengan sedotan dari mulutnya yang ekstra besar. Mulutnya yang besar tersebut bekerja seperti penghisap debu membersihkan debu yang ada pada meja.

Stargazer Fish (Ikan Pengamat Bintang)


Dalam bahasa Indonesia, stargazer fish berarti ikan pengamat bintang. Ikan ini memiliki nama demikian berdasarkan cara berburunya. Ketika ia sedang berburu, ia akan menyamar di bawah pasir dasar samudera dan hanya melihat-lihat laluan ikan-ikan kecil di atasnya, seperti orang yang sedang mengamati bintang. Ketika sudah ada mangsa yang berada dalam posisi yang tepat, ikan ini akan langsung menyambarnya dan melumat habis dengan gigi-giginya yang amat tajam.

Viperfish (Ikan “Jahat”)


Dilihat dari bentuk mulutnya, ikan ini akan membuat manusia takut apabila ingin menyelam, terutama di malam hari. Pada siang hari, viperfish cenderung lebih memilih berada di dasar samudera agar tidak terkena sinar matahari. Apabila malam sudah tiba, ia baru naik ke kedalaman kurang lebih 200 meter dari permukaan laut. Ikan viperfish yang pernah ditemukan di samudera Pasifik tercatat memiliki panjang sampai hampir 2 meter.

Giant Squid (Gurita Raksasa)


Gurita ini juga biasa disebut dengan Kraken. Sebetulnya, keberadaan hewan ini masih diperdebatkan, karena ada sebagian orang yang menganggapnya hanyalah mitos belaka. Namun, dicatat dalam sejarah bahwasannya ada yang pernah melihat gurita ini menghempaskan sebuah kapal laut yang sedang berlayar di tengah samudera. Katanya, hewan ini memiliki tinggi sampai 30 meter.

Moray Eel (Belut Moray)


Belut ini sekilas tidak jauh berbeda dengan belut-belut lainnya, kecuali giginya. Bagi para penyelam penikmat terumbu karang, kalian harus mewaspadai keberadannya. Karena, habitat belut moray ini adalah celah-celah di terumbu karang. Rahang belut jenis ini terhitung sangat kuat. Ditambah lagi dengan kulitnya yang mengandung lendir beracun, membuatnya semakin berbahaya bagi manusia. Tercatat, belut moray terbesar yang pernah ditemukan sepanjang 3,9 meter.

Frilled Shark (Hiu Jumbai)


Hiu jumbai sekarang ini amat sulit untuk ditemukan. Selain karena habitatnya yang berada di laut dalam, jumlah mereka juga sudah sedikit. Hiu jenis ini seringkali disebut juga dengan “fosil hidup”, karena bentuknya yang sangat menyerupai hewan-hewan purba.

Gulper Eel (Belut Penelan)


Yang mengerikan dari belut ini adalah rahangnya yang amat besar. Rahang tersebut bisa memangsa ikan ataupun hewan lain yang lebih besar dari dirinya sendiri. Selain rahangnya yang besar, tubuhnya pun dapat memelar, tergantung besar mangsanya yang dilahap.

Fangtooth Fish (Ikan Bergigi Taring)


Ikan ini merupakan salah satu monster laut yang memiliki tampang paling kejam dan mematikan. Dikatakan, ia hanya hidup di bawah lebih dari 1000 meter dari permukaan laut. Dilihat dari gambarnya saja, pasti membuat kita sama sekali nggak tertarik untuk bertemu dengan ikan ini.

Dragonfish (Ikan Naga)


Selain ikan pemancing, masih ada juga ikan air dalam yang bisa memancarkan cahaya dari tubuhnya, yaitu dragonfish ini. Ikan ini memiliki cahaya memancar yang berderet di sepanjang tubuh badannya. Sama seperti cara bekerja dari anglerfish, cahaya ini akan menarik ikan-ikan lainnya untuk menghampiri cahaya tersebut, yang kemudian langsung disergap oleh ikan menyeramkan ini.

Tinggalkan komentar