10 Makanan Khas Cirebon yang Harus Kamu Cicipi

MAKANAN KHAS CIREBON – Tahukah kamu bahwa di kota Cirebon banyak sekali makanan khas, baik itu berupa cemilan maupun makanan berat. Nah, untuk kamu pecinta kuliner, makanan di bawah ini bisa kamu jadikan sebagai referensi untuk wisata kuliner, ketika kamu pergi ke kota Cirebon.

 

Nasi Jamblang

Nasi Jamblang
https://makanlagilagimakan.files.wordpress.com

Nasi Jamblang berasal dari nama daerah di barat kota Cirebon. Masyarakat biasa menyebutnya Sega Jamblang, makanan ini terbuat menggunakan daun jati sebagai bungkus nasi yang tersaji secara prasmanan. Menu yang ada di dalam nasi jamblang ini antara lain adalah sambal goreng, tahu sayur, paru-paru, semur hati, daging, perkedel, satai kentang, telur dadar, telur goreng, sambal, goreng telur, semur ikan, ikan asin, tahu dan tempe.

Makanan ini sebenarnya diperuntukkan bagi para pekerja paksa pembangunan jalan raya Daendels dari Anyer ke Panarukan yang melewati wilayah Cirebon. Agar nasi nya tetap pulen nasi jamblang dibungkus dengan daun jati. Daun jati sendiri memiliki pori-pori yang membantu menjaga kualitas dari nasi tersebut agar tahan lama.

Nasi Lengko

Nasi Lengko
c1.staticflickr.com

Nasi Lengko sangat populer, saking populernya nasi ini kamu dapat menemukannya di berbagai tempat di kota Cirebon. Nah, untuk membuatnya pun sangat sederhana cukup menambahkan bahan-bahan seperti nasi putih, tahu, tempe, mentimun, taoge dan daun kucai (seledri) setelah itu barulah ditaburi bawang goreng lalu disiram bumbu kacang dan kecap. Lebih enak lagi jika kamu menambahkan kerupuk ataupun emping.

Tahu Gejrot

Tahu Gejrot
wisnuwidiarta.wordpress.com

Tahu Gejrot adalah tahu yang dipotong kecil-kecil dan ditaruh di atas sebuah piring kecil dari tanah liat, lalu disajikan dengan bumbu seperti gula merah, cabai, bawang merah dan bawang putih setalah itu diulek. Nah, untuk jenis tahu yang digunakan adalah tahu lamping atau tahu sumedang. Tahu ini diminati oleh banyak kalangan karena rasanya yang pedas manis. Tidak heran kamu sering menemui penjual tahu gejrot di daerah lain di Pulau Jawa.

Empal Gentong

Empal Gentong
resepmasakankuliners.blogspot.com

Empal Gentong Cirebon adalah gulai daging sapi yang dimasak dalam gentong berbahan kayu pohon asam kurang lebih selama lima jam. Hal ini dilakukan agar rasa daging sapi menjadi legit dan lembut. Empal lebih enak disajikan dengan lontong. Pada jaman dahulu, untuk membuat empal gentong ini menggunakan daging kerbau.

Docang

Docang
anjasiman.wordpress.com

Docang adalah makanan khas dari kota Cirebon. Makanan ini terdiri dari lontong, daun singkong, taoge, kerupuk, lalu dicampur dengan sayur dage bisa juga tempe gembos yang diberi sedikit parutan kelapa muda. Makanan ini mempunyai rasa yang khas dan gurih. Makanan ini lebih enak disajikan dalam keadaan masih hangat. Di Cirebon, makanan ini sebagai hidangan sarapan pagi dan karena harganya yang relatif terjangkau makanan ini banyak diminati oleh semua kalangan.

Bubur Sop

Bubur Sop
wangimatahari.blogspot.com

Bubur Sop adalah salah satu makan khas kota Cirebon. Makanan ini berisi kol, daun bawang dan tauco yang diberi kuah sop lalu ditaburi ayam suwir serta kerupuk. Makanan ini adalah kombinasi dari bubur ayam dan sayur sop. Biasanya bubur sop ini dijual hanya pada saat malam hari saja.

Mie Koclok

Mie Koclok
http://www.langkahkaki.com/

Mie Koclok adalah mie kuning yang disajikan dengan taoge, kol, suwiran daging ayam, telur lalu disiram dengan kuah santan. Mie Koclok lebih enak disajikan pada saat masih hangat karena jika sudah dingin rasa dari mie ini akan tidak enak bila dimakan.

Kerupuk Melarat

Kerupuk Melarat
wikimedia.org

Kerupuk Melarat adalah kerupuk khas Cirebon yang biasanya disajikan dengan sambal. Kerupuk ini biasanya dikemas plastik dan diberi tali rapiah sesuai warna. Warna kerupuk ini juga sangat beragam, ada yang merah muda, kuning, putih dan hijau. Kerupuk melarat ini sangat unik karena dimasak tanpa menggunakan minyak goreng melainkan pasir yang sudah dibersihkan, dikeringkan dan diayak.

Sate Kalong

Sate Kalong
hesmacuisinealso.blogspot.com

Sate Kalong adalah makanan khas Cirebon yang terbuat dari daging kerbau. Kenapa disebut kalong dikarenakan sate ini dijual mulai dari waktu magrib hingga larut malam. Dan cara berjualannya pun menggunakan genta yang mempunyai bunyi yang khas. Nah, bunyi inilah yang dikenal oleh masyarakat dengan nama “klonongan”. Genta biasanya dipasang di leher kerbau. Ada dua jenis sate kalong, yaitu rasa manis dan asin.

Teh Poci

Teh Poci
papuytraveler.blogspot.com

Teh Poci adalah teh yang memiliki rasa yang alami dan disuguhkan dengan menggunakan teko yang terbuat dari tanah liat (poci) serta gula batu. Teh poci biasanya menggunakan teh hijau melati. Aroma yang khas dari teh hijau melati menjadikan teh poci menjadi lebih nikmat. Teh poci bagusnya disajikan pada saat pagi hari dan sore hari tentu saja ditemani makanan kecil. Nah, jika kamu ke Cirebon meminum secangkir teh poci adalah salah satu kegiatan penting untuk kamu coba.

Satu pemikiran pada “10 Makanan Khas Cirebon yang Harus Kamu Cicipi”

Tinggalkan komentar