10 Tempat Wisata Kuliner yang Harus Kamu Kunjungi di Jogja

Yogyakarta atau yang lebih sering diucapkan dengan Jogja tidak hanya kaya budaya, tetapi juga kaya kuliner. Jika kamu sedang berkunjung ke Jogja sebaiknya kamu tahu tempat-tempat wisata kuliner berikut ini. Apalagi jika kamu adalah mahasiswa yang merantau ke kota Pendidikan ini.

Kuliner Jogja di bawah ini adalah kuliner-kuliner tradisional. Berikut daftarnya.

 

Angkringan Lik Man

Angkringan Lik Man
insta20.com

Terletak di jalan Wongsodirjan, Utara Stasiun Tugu Jogja. Nama asli Lik Man yaitu Siswo Raharjo. Ia adalah putra Mbah Pairo, pedagang angkringan pertama di Yogyakarta tahun 1950-an. Warung berkonsep angkringan yang dulu disebut ‘ting ting hik‘ ini diwariskan kepada Lik Man tahun 1969. Menu yang disajikan antara lain sego kucing berlauk oseng tempe dan sambal teri, kopi joss, gorengan, dan jadah. Butet Kertarajasa, Djaduk Ferianto, Emha ainun Nadjib, Bondan Nusantara hingga Marwoto dikabarkan pernah makan di sini.

Cokelat Monggo

Coklat Monggo Yogyakarta
yogyes.com

Cokelat Monggo dirintis oleh seorang ahli coklat asal Belgia. Coklat ini dijual di sejumlah toko-toko di Jogja. Namun jika ingin mendapat lebih dari coklat, kamu dapat mengunjungi  Showroom & Factory di  Jl. Dalem KG III/ 978, Purbayan, Kotagede, Yogyakarta. Kamu bisa mencicipi tester cokelat aneka rasa yang tersedia di sana dan menyaksikan langsung proses produksinya. Seluruh produk Cokelat Monggo dari bahan lokal dan alami yang hampir seluruh kemasannya menggunakan kertas daur ulang.

Banyu Mili

Menu Banyu Mili Resto
banyumiliresto.com

Terletak di Perumahan Griya Mahkota, Jl. Godean km 4,5 Kwarasan, Yogyakarta, Indonesia. Banyu Mili terdapat di dalam Banyu Mili Country Club yaitu tempat wisata yang dilengkapi dengan kolam renang, wahana air, hutan kecil, dan danau buatan. Udang Bakar Madu dan Kepiting Telur adalah menu andalan Banyu Mili Resto.

Manggar Manding

Manggar Manding, Yogyakarta
travelmatekamu.com

Jogja memang tak bisa lepas dari gudeg. Kuliner gudeg yang ini bukan terbuat dari nangka muda tetapi bunga kelapa yang masih muda. Warung makan yang nyaman ini terletak di Jl. Parangtritis Km. 11,5 Manding, Bantul, Yogyakarta, Indonesia.

 

Bakpiapia

Bakpiapia di salah satu etalase outlet resmi
twicsy.com

Kuliner Jogja juga cukup identik dengan bakpia. Salah satu produk bakpia yang populer yaitu Bakpiapia yang berdiri sejak tahun 2004 dan pernah menjadi hidangan resmi Keraton Yogya khususnya GKR Bendara dan KPH Yudanegara. Outletnya tersebar di berbagai daerah Jogja salah satunya di Jl Kaliurang Km 5.2 Timur Hotel Cakra Kusuma.

Bakmi Shibitsu

Gerobak Bakmi Shibitsu
indoturs.com

Terletak di Jalan Raya Bantul No.106. Tempat ini dapat ditempuh sekitar lima menit dari Malioboro, tepatnya 500 meter selatan Pojok Beteng Kulon. Juga dikenal dengan bakmi bisu karena pelayan yang mendistribusikan pesanan ke para pelanggan adalah seorang wanita tuna wicara (bisu) dan seorang pelayan yang membantu memasak juga ‘membisu’ (tidak bicara) sepanjang melakukan pekerjaannya sebagai pengipas bara api di anglo. Warung bakmi ini milik orang Jogja asli dan sudah beroperasi sejak 25 tahun lalu.

Sate Klathak Pak Pong

Sate Klathak Pak Pong
kratonpedia.com

Warung Sate Klathak Pak Pong berada di Jalan Imogiri Timur, Bantul, Yogyakarta. Sate Klathak sedikit berbeda dengan sate umumnya karena daging kambing yang dipotong kecil-kecil ditusuk dengan menggunakan jerusi besi sepeda dan bumbu yang dipakai hanyalah garam dengan sedikit ketumbar.

Lotek – Gado-Gado Teteg

Sambal Lotek Teteg dalam cobek jumbo
santapjogja.com

Lotek dan Gado-Gado merupakan saladnya Indonesia. Warung Lotek yang cukup populer di Jogja yaitu Lotek – Gado-Gado Teteg yang letaknya hanya beberapa meter dari sebelah timur Stasiun Lempuyangan. Ciri khas warung ini yaitu penggunaan cobek berdiameter 80 cm yang jauh lebih besar bila dibandingkan dengan ukuran cobek-cobek rumahan. Cobek besar ini mampu membuat bumbu kacang sebanyak 80 porsi.

 

SGPC Bu Wiryo

Warung SGPC Bu Wiryo
ulinulin.com

Sego pecel yang terkenal di kota Jogja adalah Sego Pecel Bu Wiryo yang lebih dikenal dengan SGPC Bu Wiryo. Tempatnya luas dan pelanggan yang datang sering dimanjakan dengan lagu-lagu jazz tradisional. Letaknya di di sekitar kampus Universitas Gadjah Mada (UGM) dekat fakultas Kedokteran Hewan.

Thiwul Yu Tum

Gatot Thiwul Yu Tum khas Gunung Kidul, Yogyakarta
kratonpedia.com

Thiwul adalah makanan yang diolah dari ketela pohon. Salah satu penjual thiwul  legendaris di Jogja adalah Tumirah yang akrab dipanggil Yu Tum. Ia berjualan thiwul sejak tahun 1985. Gerai sekaligus dapur utamanya terletak di Jalan Pramuka no.36, sebelah Balai Desa Wonosari.

..

 

Tinggalkan komentar