11 Fakta Menarik Tentang Anak Pertama dalam Sebuah Keluarga

Hai, kamu anak pertama bukan? Kalau iya, kita punya beberapa fakta menarik nih tentang anak pertama. Fakta-fakta berikut bisa jadi sesuai dengan kamu, bisa juga tidak. Yang jelas, poin-poin yang kita tuliskan di sini adalah hasil penelitian maupun pendapat orang lain. Yuk dibaca sampai akhir ya. Silakan komen di kolom komentar jika semua poin yang kita kasih sesuai dengan kamu. Mohon juga ditambahkan jika masih ada yang kurang. Selamat membaca. 🙂

 

Anak Pertama Itu Penyakitan

pixabay.com
pixabay.com

Iya, anak pertama kebanyakan penyakitan. Biasanya sering terserang penyakit ketika masih kecil. Penyakitnya juga macam-macam. Mulai dari asma, alergi, gatal-gatal atau sakit lainnya. Kalau kamu adalah anak pertama dan dulu kata orang tua sering sakit, berarti poin ini ada benarnya ya, hehe.

(Baca juga mengenai perawatan bayi baru lahir.)

Anak Pertama Itu Kuat

pixabay.com
pixabay.com

Kuat atau tangguh di sini nggak melulu soal fisik. Tapi maksud kuat di sini adalah kuat secara mental, secara kepribadian. Jika dibandingkan adik-adiknya, anak pertama cenderung kuat ketika menghadapi permasalahan.

Anak Pertama Itu Kreatif

pixabay.com
pixabay.com

Poin ini disebut-sebut memang hasil penelitian. Iya, menurut penelitian, anak pertama cenderung lebih kreatif dibandingkan adik-adiknya. Mungkin logikanya adalah adik-adik sering meminta bantuan ke kakaknya. Sementara sang kakak jika ada masalah harus dipecahkan sendiri. Kamu termasuk anak pertama yang kreatif nggak? Hehe.

Mereka Mikirin Pendapat Orang Lain

pixabay.com
pixabay.com

Anak pertama cenderung memikirkan tentang apa yang orang lain pikirkan tentang dia. Jelimet ya bahasanya? Hehe. Iya, anak pertama biasanya melakukan sesuatu sesuai dengan apa yang disukai orang lain. Itu karena mereka ingin keinginan orang lain terhadap dia bisa tercapai. Hal ini bisa karena untuk menyenangkan orang lain atau mengharapkan pujian.

Mereka Biasanya Nge-bos!

holykaw.alltop.com
holykaw.alltop.com

Karena merasa lebih tua, anak pertama cenderung bersikap nge-bos ke adik-adiknya. Anak pertama cenderung suka nyuruh-nyuruh adiknya bahkan untuk hal yang sepele. Mereka juga terkadang nggak mau mendengar pendapat adiknya. Hm hm hm, apa kamu seperti itu? Ayo ngaku.

Anak Pertama Nggak Nakal

pixabay.com
pixabay.com

Umumnya anak pertama itu nggak nakal. Justru yang kebanyakan nakal itu anak kedua atau seterusnya. Anak pertama cenderung menjadi pengingat buat adik-adiknya dan menjadi tempat curhat orang tuanya. Orang tua suka bilang, “duh, bingung ibu sama bapak dengan adek kamu.” Fakta ini jika kita lihat di masyarakat sepertinya memang benar ya, hehe.

Biasanya Mendapat Perhatian Lebih

pixabay.com
pixabay.com

Kamu merasa seperti itu nggak? Mendapat perhatian lebih dari orang tua. Mungkin karena orang tua merasa dia adalah karunia Allah terbaik dan pertama setelah menikah, perasaan senang orang tua cukup kuat dan bertahan. Anak pertama biasanya juga anak yang suka dibangga-banggakan oleh para orang tua.

Anak Pertama adalah Pemimpin Alami

huffingtonpost.com
huffingtonpost.com

Disebut pemimpin alami karena didikan sebagai pemimpin terjadi begitu saja secara alami. Anak pertama biasanya suka dimintai pendapat oleh adik-adiknya, bahkan oleh orang tua. Anak pertama juga menjadi gudang jawaban dari pertanyaan-pertanyaan adik-adiknya. Hal itu secara tidak langsung mendidik si sulung menjadi pemimpin.

Anak Pertama Dilahirkan untuk Belajar

pixabay.com
pixabay.com

Ini mirip-mirip dengan yang kita bahas sebelumnya di nomor 3. Karena dilahirkan sebagai anak pertama, mereka cenderung belajar sendiri atau dari orang tua. Hingga suatu saat orang tua tidak mungkin mengajarkan semua hal. Sang anak pun dituntut untuk belajar dan memecahkan masalah sendiri. Nah kalau si adik, jika ada masalah, nanyanya ke si kakak. Bener nggak? Hehe.

Perfeksionis

huffingtonpost.com
huffingtonpost.com

Untuk poin yang ini mungkin ada yang setuju ada yang nggak ya. Tapi sebagian anak pertama memang perfeksionis. Mereka mau semua hal selesai dengan sempurna. Mereka juga terbisa dengan target-target hidup yang tinggi (sempurna). Namun target-target itu mereka sesuaikan dengan usaha yang perfect juga. 🙂

Sayang Sama Adik-adiknya

pixabay.com
pixabay.com

Iya, anak pertama umumnya sayang sama adik-adiknya. Namun rasa sayang mereka tidak selalu harus terlihat seperti di TV-TV, hehe. Mereka menunjukkan rasa sayang dengan kepedulian. Menanyakan kabar, membantu menyelesaikan masalah adik-adiknya, membantu secara finansial dll. Mereka mungkin sulit sekali bilang “I love you adikku”. Tapi rasa cinta mereka lebih real dari sekedar kata-kata.

Nah, itu tadi beberapa fakta tentang anak pertama. Jika ada yang sesuai atau yang nggak sesuai, tulisin di kolom komentar ya. Dan, jangan lupa di-share dan tag saudara, teman atau kenalan kamu. Mana tau mereka merupakan anak pertama yang tertarik untuk membaca.

Oh iya, kita juga pernah nulis tentang manfaat puasa senin kamis. Ya nggak nyambung sih sama pembahasan kita sekarang. Tapi mana tau kamu pengen baca kan, :p

Tapi jangan lama-lama yang di SatuJam.com, cukup SatuJam aja, hehe.

🙂

17 pemikiran pada “11 Fakta Menarik Tentang Anak Pertama dalam Sebuah Keluarga”

    • Aku anak ketiga dari 8 bersaudara tetapi 2 kakak ku meninggal sebelum aku lahir jadi aku di bilang anak pertama sm kedua orang tuaku :'( enggak tau kenapa semuanya benar yang di tulis di atas itu :3 kecuali no 1,3, dan 10

      Balas
  1. Aku anak sulung, mgkn untuk poin ke 1 & 4 aku kurang setuju. Soalnya itu bertolak belakang bgt sm aku. Mamah prnh blg, dari kecil aku tuh hampir ngga prnh sakit, sakit dsni dlm artian misal tipes, demam, asma, dll. Yg sering sakit2an justru adik aku yg no. 2, kalo aku sih sakitx paling pas jatoh, luka, lecet2, nih bekas lukax msi ada beberapa smpe skrg, mgkn krn aku nakal kali ya..
    Trus utk poin yg ke 4, itu bukan aku bgt. Krn biasax dlm hal appun aku sllu brtindak ssuai keinginanku. Aku jarang mikirin pndapat org, kcuali klo aku dlm posisi bingung. Mungkin prlu prtimbngan. Jd aq kadang nanya tmn dkt aku. Itupun jarang banget.
    Buat poin yg lain Oke lah ya.. cukup realistis 🙂

    Balas
  2. tidak semuanya kok benar
    saya tidak sakit-sakitan
    syukur
    kurang dari 50-60% fakta tsb benar
    menurut q
    beruntung jd anak pertama
    menyenangkan jd adik

    kata orang
    anak pertama adalah anak yang sebenarnya
    anak kedua adalah curi-curi
    wkwkwk siapa yg tau

    Balas
  3. hmmm
    ada beberapa yg sesuai sama kakakku. yaitu sakit sakitan, dimanja alias perhatian lebih, ngebos, terus kreatif.
    sebenernya aku anak ke 2 yah. tapi menurut aku ini mirip sama aku. soalnya apa? aku anak cewek pertama. jadi, ortu, kakak sama adek adekku malah bergantung sama aku semua. anehnya juga dari kecil aku emang nggak pernah ngerasa punya kakak. malah ngrasa jadi kakak

    Balas
  4. saya adalah anak ketiga dari 8 bersaudara ,kedua kakak ku meninggal seblum aku lahir jadi aku dibilang anak pertama sm orang tua ku , entah kenapa aku merasa sebagian besar fakta di atas benar tentang saya kecuali no 1, 3, dan 10 #Fakta

    Balas
  5. Aku anak sulung,,uintuk poin yg pertama kyak nya aku kurang setuju soal nya aku memang gk terlalu sering sakit tpi klo pernah sih iya,,trus poin yg ke 7 ini aku bertentangan karna memang aku dari kecil udah di tinggalin sma ayah aku dan aku hidup cman sma mama ajah dari kecil mkanya untuk perhatian aku kurang kan aku masih punya adik klo perhatian mama aja yg pasti kebanyakan di tujukan ke adik aku,,aku jadi terbiasa melakukan sesuatu halnya dengan sendiri gitoo,,,untuk poin yg lain sih menurut aku semuanya bener dan itu memang fakta,(:
    By Anan
    Di Pekan Baru

    Balas
  6. Fakta disini rasanya akurat banget 100% benar, kenapa? Dri yg pertama penyakitan bener, trs kuat, kreatif, mikirin apa katorg, like a boss*yeahh, yaiyalah buat panutan ade, dpt perhatian lebih dri ortu, nature leadership, secara ga sadar jadi leadership dimanapun berada, dilahirkan untuk belajar, perfeksionis dan sayang sama ade, walaupun suka bgt berantem.

    Balas
  7. Aku juga anak sulung.tp yg no 5 dan 2 saya kurang setuju.kl yg no 1 itu bener bener fakta tentang saya.karna saya sering sakit sakittan,kata mama q sih dulu kecil aq jarang sakit.tp semenjak aq umur 10 11 12 aq sering sakit tifus

    Balas
  8. Bagus banget artikel.nya,, jujur anak pertama pondasi kuat dalam keluarga,, this isi real,,, anak pertama on pengganti orang tua,anak pertama pencari hidup agar adik2.nya tidak salah milih jalan hidup, yahh inti.nya anak pertama emang keras jalan hidup.nya dan aku pikir gak smua bisa jadi anak pertama,, gak perlu bilang I LOVE MY FAMILY tapi I real life to your family

    Balas
  9. Poin yg ada diatas itu hampir semuanya ada pada diri saya, mungkin dengan membaca poin tadi saya akan lebih mengerti artinya tanggung jawab
    terima kasih

    Balas

Tinggalkan komentar