11 Pedang Legendaris dari Berbagai Penjuru Dunia

Pedang, senjata tajam dari besi yang dibuat menjadi berbagai bentuk. Umumnya pedang berbentuk panjang dan sedikit melengkung namun ada juga yang pendek dan lurus atau bentuk lainnya. Pedang bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan sehari-hari.

Namun dalam sejarah tercatat penggunaan pedang biasanya dalam peperangan. Nah, kali ini kita ingin ngasih tau pedang-pedang legendaris  dari berbagai negara dan latar belakang sejarahnya. Semoga bermanfaat.

 

Pedang Zulfikar

Zulfikar Sword pedang zulfikar zulfiqar
http://artifactsofistanbul.blogspot.com/

Zulfiqar Sword atau Pedang Zulfikar  adalah pedang yang dulu dimiliki oleh syaidina Ali, salah satu khulafaurrasyidin. Ada yang mengatakan pedang tersebut diberikan Rasulullah SAW kepada Ali saat Perang Uhud.

Pedang Joyeuse

Joyeuse Sword pedang joyeuse
wikimedia.org

Joyeuse sword atau Pedang Joyeuse adalah sebuah pedang yang dimiliki Charlemagne, salah satu penguasa terbesar dalam sejarah dunia dan menjadi Raja kaum Frank Roma pada 768.

Pedang Honjo Masamune

Honjo Masamune Sword pedang masamune
http://imgkid.com/

Pedang Honjo Masamune adalah pedang legendaris yang dibuat oleh pandai pedang Jepang bernama Masamune. Masamune sendiri dianggap sebagai salah satu metallurgist terbesar di dunia.

Pedang Muramasa

muramasa sword pedang muramasa
http://pejuang-sakti.blogspot.com/

Pedang Muramasa dibuat oleh  seorang ahli pembuat pedang bernama Muramasa Senga sekitar abad ke-16 di Jepang. Konon pedang ini katanya haus darah dan mendorong prajurit untuk melakukan pembunuhan dan bunuh diri.

Sword of Mercy

Sword of Mercy pedang pengampunan pedang mercy
www.nzmuseums.co.nz

Sword of Mercy atau Pedang Belaskasih merupakan senjata milik Edward Confessor salah satu raja Anglo-Saxon terakhir Inggris sebelum Penaklukan Norman dari 1066. Sword of Mercy merupakan salah satu dari lima pedang yang digunakan  selama penobatan raja Inggris.

Seven-Branched Sword

Seven-Branched Sword pedang tujuh cabang
wikipedia.org

Seven-branched sword adalah pedang dengan tujuh cabang yang diyakini dibuat oleh Raja Geunchogo dari Baekje di Korea sebagai pemberian kepada Jin Timur. Pedang ini digunakan hanya untuk upacara tertentu, bukan peperangan.

Pedang Napoleon

Napoleon Sword pedang napoleon
swordscollection.blogspot.com

Seperti namanya, pedang Napoleon atau Napoleon Sword adalah pedang yang dimiliki oleh Napoleon Bonaparte, seorang pemimpin militer dan politik Perancis.

Pedang Tizona

Tizona Sword atau pedang tizona
www.liveauctioneers.com

Tizona adalah sebuah pedang yang dimiliki oleh  El Cid, seorang pahlawan Spanyol, untuk melawan bangsa Moor. El Cid juga dikenal sebagai ahli strategi militer dan ahli pedang.  Dua pedang yang terkenal miliknya adalah Colada dan Tizona.

Wallace Sword

Wallace sword pedang wallace
pixshark.com

Pedang  ini dimilik oleh William Wallace, salah seorang ksatria Skotlandia yang hidup 1272-1305. Saat ini pedang ini ditempatkan di di Monumen Nasional di Stirling, Skotlandia.

Curved Saber of San Martin

Pedang Curved Saber of San Martin
wikipedia.org

Pedang ini dimiliki oleh José de San Martín, seorang jenderal Argentina yang terkenal hidup antara tahun 1778-1850. Pedang ini berbentuk melengkung karena menurut José de San Martín pedang melengkung ideal untuk pertempuran. Saat ini pedang legendaris tersebut berada di Museum Sejarah Nasional di Buenos Air.

Pedang Yamashita

Yamashita Sword Pedang Yamashita
www.williammaloney.com

Pedang ini milik Tomoyuki Yamashita, seorang jenderal Angkatan Darat Kekaisaran Jepang selama Perang Dunia II.Pedang ini dibuat oleh pembuat
pedang terkenal, Fujiwara Kanenaga, sekitar 1640-1680 dan gagangnya dibuat ulang awal 1900-an. Saatt ini pedang sejarah perang ini berada West Point Military Museum.

Nah, itu saja beberapa pedang yang bisa kita share ke kamu. Btw, karena lagi ngomongin sejarah, jangan lupa baca juga tentang fakta dan sejarah peninggalan Kerajaan Mataram kuno ya.

Have a nice day.

Tinggalkan komentar