12 Foto Menyedihkan Akibat dari Polusi, Apa Kamu Masih Tega Buang Sampah Sembarangan?

Membuang sampah sembarangan adalah perilaku yang tidak baik. Jika di tempat umum, seharusnya sampah dibuang pada tempat yang telah disediakan untuk kemudian diangkut oleh petugas ke tempat pembuangan akhir.

Saat di rumah juga sama, buanglah sampah ke tempat sampah untuk kemudian diolah menjadi pupuk atau diambil oleh petugas kebersihan komplek perumahan.

Yang penting, selalu pastikan kamu tidak membuang sampah secara sembarang. Contoh membuang sampah yang sembarangan seperti membuang sampah ke sungai, pinggir jalan, ke laut atau tempat publik lainnya.

Selain jorok, sampah yang dibuang sembarangan tersebut akan menimbulkan banyak akibat buruk. Lihat saja di Jakarta, salah satu penyebab banjir adalah karena banyaknya sampah di sungai. Apalagi kira-kira dampak dari perilaku membuang sampah secara sembarangan? Yuk kita lihat melalui 12 foto berikut.

 

Sampah di Lautan

populationspeakout.org
populationspeakout.org

Lihatlah betapa banyak sampah yang ada di dalam ombak besar ini. Sampah-sampah ini biasanya berasal dari sisa bungkus makanan yang dibuang para pengunjung pantai.

Jika kamu pernah naik kapal, kamu juga akan menemukan banyak sampah di tengah lautan. Para awak kapal juga begitu mudahnya membuang sampah sisa penumpang ke laut.

Pembetukan Tubuh Kura-kura Tidak Sempurna Akibat Sampah

boredpanda.com
boredpanda.com

Lihatlah tubuh kura-kura ini, apa kamu tidak merasa kasihan? Pembentukan tubuh binatang ini menjadi tidak sempurna karena terjepit sampah plastik.

Sampah ini sepertinya telah menghimpit tubuh si kura-kura sejak ukuran tubuhnya masih sangat kecil. Jangan buang sampah sembarangan, khususnya sampah plastik karena senyawa plastik tidak akan terurai.

Kura-kura Ini Juga Mengalami Hal yang Sama

boredpanda.com
boredpanda.com

Kura-kura ini juga mengalami hal yang sama, tubuhnya terjepit sampah yang dibuang manusia secara sembarangan. Akibatnya seumur hidup si kura-kura akan hidup dengan tubuh yang tidak sempurna.

Burung Ternanam di Tumpahan Minyak

www.inspirationgreen.com
www.inspirationgreen.com

Seekor burung jatuh dan terbenam di dalam tumpahan minyak yang sudah berbentuk lumpur. Dulu mungkin ini adalah habitat mereka. Namun karena perilaku manusia yang membuang sampah secara sembarangan ke tempat ini, burung-burung ini menjadi korban.

Sampah yang Menumpuk di Sungai

boredpanda.com

Sampah yang dibuang ke sungai akan membuat arus sungai tidak berjalan sempurna dan bisa menyebabkan banjir. Sampah yang bertumpuk di sungai juga akan menyebabkan biota sungai tidak sehat bahkan mati. Jika penduduk sekitar memanfaatkan sungai sebagai sumber air, tentu air tersebut menjadi tidak berkualitas.

Burung Mati Karena Memakan Sampah Plastik

populationspeakout.org
populationspeakout.org

Lihatlah bangkai burung albatross ini. Tanpa sadar burung ini makan makanan yang bercampur dengan sampah plastik. Akibatnya sistem pencernaannya terganggu dan burung ini mati.

Air Menjadi Tidak Bersih

avaxnews.net
avaxnews.net

Anak kecil ini minum dari sumber air yang dikotori banyak sampah. Mari menjaga biota air untuk kita dan anak-anak kita dengan membuang sampah pada tempatnya.

Singa Laut Kesakitan

boredpanda.com
boredpanda.com

Singa laut ini harus menahan rasa sakit karena sesuatu yang menjepit bagian lehernya. Jadi janganlah membuang sampah sembarangan sehingga hewan-hewan menjadi korban.

Habitat Pinguin Menjadi Kotor

jonhrusa.wordpress.com
jonhrusa.wordpress.com

Pembuangan sisa proses produksi berupa minyak mengakibatkan habitat pinguin kotor. Hal ini tentu tidak baik terhadap perkembangan hidup pinguin dan populasinya.

Burung Menjadi Tidak Sehat

boredpanda.com
boredpanda.com

Burung yang sakit karena air di sini mengandung minyak.

Ikan-ikan Banyak yang Mati

avaxnews.net
avaxnews.net

Seorang pria mencoba mengambil ikan-ikan yang sudah mati dari sebuah danau di Cina. Ikan-ikan ini mati  karena ada oknum yang membuang sampah sembarangan ke danau ini.

Akibat Pembuangan Minyak

avaxnews.net
avaxnews.net

Seorang pria sedang membersihkan tumpahan minyak di Dalian Port, Liouning, Cina.

Mari menerapkan pola hidup sehat dengan membuang sampah pada tempatnya. Buang sampah ke tong sampah terdekat. Jangan membuang sampah dari rumah ke sungai, laut, danau dan lainnya. Mari mulai dari diri sendiri dan dari saat ini juga. Ok?

Oh iya, berbagai barang bekas yang ada di rumah bisa kamu jadiin benda-benda yang lebih bermanfaat, contohnya pot bunga. Kalau kamu tidak punya ide membuatnya, lihat aja di postingan ini, kamu akan melihat foto-foto pot bunga dari  barang bekas.

Have fun ya di satujam.com

2 pemikiran pada “12 Foto Menyedihkan Akibat dari Polusi, Apa Kamu Masih Tega Buang Sampah Sembarangan?”

Tinggalkan komentar