12 Hal yang Bisa Tingkatkan Metabolisme Tubuh

Meningkatkan metabolisme tubuh berarti meningkatkan pembakaran kalori dalam tubuh kita. Jika metabolisme tubuh baik, maka Anda akan memiliki energi, lebih fit, dan berat badan yang terkontrol. Hal ini terkait dengan berbagai macam proses yang terjadi dalam tubuh untuk mengubah makanan dan zat lain menjadi energi atau produk metabolik penting lainnyah.

Metabolisme merupakan fungsi penting yang memungkinkan tubuh untuk menggunakan makanan dan sumber daya lain untuk bisa bekerja, memperbaiki kerusakan, menyembuhkan, dan membersihkan racun dari dalam tubuh. Metabolisme membantu pencernaan dalam menyerap nutrisi. Hal ini paling dipengaruhi oleh nutrisi, hidrasi dan aktivitas fisik. Bagaimana untuk meningkatkan metabolisme? Ini ulasannya

 

Setiap pagi, jangan lupa sarapan sebelum beraktivitas

Sarapan
fashionist.gr
Tidak baik jika kamu meninggalkan sarapan. Orang yang tidak sarapan  4,5 kali lebih berisiko kelebihan berat badan. Orang yang sarapan tubuhnya akan tetap fit sepanjang hari. Perhatikan juga menu sarapanmu, yaitu makanan yang rendah lemak dan tinggi serat. Jika tidak sempat membuat sarapan, kamu bisa makan oatmeal, yogurt atau susu rendah lemak.

Perbanyak konsumsi air karena ia  adalah komposisi utama tubuh manusia

Konsumsi air dapat meningkatkan metabolisme tubuh
panduanhidupsehat.com

Metabolisme tubuh menurun bisa terjadi karena sel-sel di dalam tubuh mengalami dehidrasi sehingga cairan yang dibutuhkan untuk menyerap makanan berkurang. Untuk mencegah dehidrasi, perbanyak minum air agar proses penyerapan makanan berjalan maksimal.

Atur pola makan agar tubuh tidak mengalami kebingungan

Pola makan teratur dapat meningkatkan metabolisme tubuh
redbookmag.com

Makanan yang diserap tubuh akan membentuk enzim yang berguna bagi peningkatan metabolisme tubuh. Kebiasaan makan yang tidak teratur akan membuat tubuh bingung sehingga memperlambat metabolisme.

Sayur dan buah baik untuk pembakaran lemak dalam tubuh yang dibutuhkan untuk metabolisme

Sayur dan buah berserat akan membantu proses pembakaran lemak yang dibutuhkan untuk peningkatan metabolisme
accesslocal.tv
Serat akan membantu tubuh membakar lemak hingga 30 persen. Selain itu, orang yang makan banyak serat memiliki kemungkinan lebih sedikit mengalami kegemukan. Makanan berserat misalnya buah, sayuran dan biji-bijian.

 

Tubuh juga perlu kalsium untuk peningkatan metabolisme

Produk susu yang mengandung kalsium dapat meningkatkan metabolisme tubuh
wiejce.pl

Kalsium diperlukan tubuh untuk melepas hormon yang merangsang sistem metabolisme menjadi lebih cepat.

Karbohidrat kompleks lebih banyak memberi banyak energi daripada karbohidrat simpleks

Beras merah sumber karbohidrat simpleks yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh
thesuitcasechef.com

karbohidrat kompleks seperti nasi putih, roti, dan kue kering memberikan energi pada tubuh, tetapi tidak bertahan lama. Selain itu makanan tersebut dapat menaikkan kadar gula darah dalam tubuh. Adapun karbohidrat simpleks seperti nasi merah, gandum, dan ubi jalar akan memberikan energi secara berkala pada tubuh karena lebih lambat dicerna dalam tubuh daripada karbohidrat kompleks.

Protein juga baik untuk metabolisme tubuh

Ikan yang mengandung banyak protein dapat meningkatkan metabolisme tubuh
siol.net
Protein bisa membantu membakar kalori hingga sebanyak 35 persen. Makan daging atau ikan bebas lemak bisa menjadi pilihan untuk meningkatkan metabolisme tubuh.

Sebaiknya jangan malas olahraga

Olahraga untuk meningkatkan metabolisme tubuh
trainbodyandmind.com
Buang jauh rasa malasmu dan segera bangun untuk olahraga pagi. Olah raga akan memacu jantung agar lebih cepat memompa darah, sehingga peredaran darah menjadi lebih cepat, yang otomatis juga akan mempercepat metabolime tubuh.

 

Cobalah minum teh herbal tanpa susu, tanpa gula

Teh herbal dapat meningkatkan metabolisme tubuh
says.com

Teh herbal seperti teh hijau dipercaya dapat mempercepat sistem metabolisme tubuh. Konsumsi teh herbal yang tanpa susu dan tanpa gula ini akan sekaligus menjaga sistem percenaan.

Jahe yang memiliki banyak khasiat juga bisa dijadikan minuman untuk meningkatkan metabolisme

Air jahe dapat meningkatkan metabolisme tubuh
clubedocabide.com.br

Jahe dikenal luas sebagai rempah-rempah yang baik untuk sistem pencernaan. Jika pencernaan baik, makanan akan mudah diserap oleh tubuh sehingga meningkatkan sistem metabolisme tubuh.

Cokelat yang manis juga baik untuk metabolisme tubuh.

Cokelat dapat meningkatkan metabolisme tubuh
frenchbroadchocolates.com

Makanan-makanan manis biasanya memang mengandung energi bagi tubuh. Termasuk cokelat,  merupakan salah satu makanan yang dapat meningkatkan metabolisme. Namun tetap jaga konsumsinya agar tidak berlebihan.

Ingat selalu, tubuhmu juga butuh istirahat

huffingtonpost.com

Setidaknya kamu butuh 6-8 jam tidur agar metabolisme tubuh terjaga. Selain itu, tubuh yang kekurangan tidur akan lebih cepat merasa lapar.

Tinggalkan komentar