12 Kota Terbersih di Berbagai Penjuru Dunia, Adakah Salah Satunya dari Indonesia?

Kebersihan suatu kota dan tempat tinggal memang memiliki pengaruh terhadap kesehatan tiap penduduknya.

Bahkan sebuah studi menunjukkan bahwa kebersihan suatu dapat diperhitungkan dengan beberapa faktor, salah satunya adalah manajemen daur ulang limbah.

Dampak positif dari kota yang bersih tidak hanya terasa bagi kesehatan warganya saja. Sekaligus sebagai potensi menarik datangnya wisatawan ke kota tersebut.

Nah, berdasarkan beberapa faktor-faktor tersebut, terpilihlah sebanyak 12 kota paling bersih di dunia. Penasaran kota apa saja yang terdaftar? Berikut liputannya.

Calgary, Kanada

Calgary, Kanada
kiss959.com

Selama kurun waktu tujuh tahun terakhir, Calgary memang layak dinobatkan sebagai salah satu kota terbersih di dunia. Calgary dihuni sekitar lebih dari 1 juta penduduk di tiap tahunnya.

Meskipun begitu, pemerintah Calgary mempunyai kebijakan cerdas agar kotanya tetap rapi dan bersih. Salah satunya adalah 5 prinsip dasar yang dilakukan agar lingkungan selalu terlihat bersih dan rapi.

Kelima prinsip itu yakni tentang pengelolaan sistem limbah yang berkualitas, ketersediaan air minum dan air bersih, sitem daur ulang dan pembuangan limbah, polusi udara dan kemacetan lalu lintas.

Dengan adanya sistem tersebut, Calgary berusaha menyebarkan sebuah kesadaran akan pentingnya pelestarian lingkungan.

Ifrane, Maroko

Ifrane, Maroko
brilio.net

Berbagai fasilitas perumahan dan infrastruktur yang ada di kota Ifrane dibangun oleh Prancis di sekitar tahun 1920. Pemandangan indah di kota ini seakan menambah daya tarik para fotografer profesional di dunia.

Ifrane menjadi kota terbersih di dunia disamping banyaknya turis yang datang demi menikmati tempat-tempat luar biasa yang ada di kota tersebut.

Kobe, Jepang

Kobe, Jepang
smokwawelski.net

Selama bertahun-tahun Jepang telah berhasil menempati daftar 10 negara terbersih di dunia. Kobe menjadi kota terbersih di Jepang sekaligus menempati peringkat ke tujuh dalam kota terbersih di dunia.

Berbagai langkah telah ditempuh agar masyarakat memiliki kesadaran tinggi dalam melindungi lingkungan alamnya. Salah satunya adalah dengan mengkampanyekan secara teratur tentang cara menyelamatkan kesehatan lingkungan dalam upaya mengurangi polusi.

Disisi lain, kota Kobe juga mempunyai sebuah sistem manajemen pembuangan limbah paling efisien.

Honolulu, Hawaii

uvaclubs.virginia.edu
uvaclubs.virginia.edu

Hawaii merupakan sebuah negara bagian Amerika Serika yang berhasil ditemukan ooleh James Cook pada tahun 1778. Negara ini terdiri dari beberapa penduduk asli yang berasal dari suku Polynesia.

Selain menyediakan berbagai tempat wisata, Honolulu juga merupakan sebuah kota yang banyak ditanami beberapa tumbuhan hijau.

Tak ketinggalan pula beberapa bunga-bunga indah dan pemandangan spektakuler membuat Honolulu menjadi kota terindah dan terbersih di dunia.

Wellington, Selandia Baru

Wellington, New Zealand
wikimedia.org

Selain menjadi ibu kota Selandia Baru, kota Wellington juga merupakan salah satu tempat daerah urban kedua yang paling besar di Selandia Baru. kota Wellington terletak di bagian ujung barat daya Pulau Utara atau North Island.

Sebenarnya kota ini bukanlah sebiah tempat wisata, akan tetapi alasan para wisatawan yang datang ke Wellington ini hanyalah untuk menghirup dan merasakan susasan lingkungan yang sangat bersih.

Meskipun jumlah penduduknya sangat banyak, namun tingkat kesadaran penduduk akan kebersihan lingkungan kota ini sangat tinggi.

Adelaide, Australia

Adelaide, Australia
taylorheartstravel.com

Untuk tingkat kebersihan tinggi dalam segala aspek, jangan heran jika Adelaide lah ahlinya. Kota ini dikelilingi oleh Teluk St. Vincent dan pegunungan tinggi yang paling indah di bagian selatan Australia.

Di kota Adelaide, kamu tidak perlu heran dengan banyaknya taman yang ada. Karena memang taman-taman tersebut sengaja dibangun secara berdekatan, dan pastinya ada sebuah larangan untuk tidak membuang sampah di taman-taman itu.

Bahkan mobil yang memberikan asap polusi pun sangat dilarang untuk digunakan. Dengan pendidikan yang berada setingkat lebih maju, diharapkan para penduduk di Adelaide mempunyai kesadaran tinggi terhadap cara mereka dama menjaga kota agar senantiasa bersih.

Luxemburg

Luxemburg
miriadna.com

Pada tahun 2015, Luxemburg berhasil menjadi kota terbersih ketiga sedunia di kawasan Eropa Barat. Berbagai istana dan hutan di kota seringkali disebut oleh masyarakat sebagai “The Green Heart of Europe” atau dalam bahasa Indonesia berarti “Jantung Hijau Eropa”.

Pemerintah kota Luxemburg membuat suatu kebijakan dalam mengatasi permasalahan polusi di daerahnya. Salah satunya adalah dengan menetaplan peraturan pajak tahunan bagi kendaraan pribadi berdasarkan jumlah karbon dioksida yang terpancar dari kendaraan tersebut.

Vienna, Austria

Vienna, Austria
wonderfulengineering.com

Karena lingkungannya yang sangat bersih dan terbebas dari polusi, Vienna memang layak untuk masuk dalam kategori kota terbersih sedunia. Kota yang menjadi ibukota Austria ini mempunyai suatu sistem paling efisien dalam menghasilkan energi yang berasal dari limbah.

Untuk mengurangi polusi dari kendaraan pribadi, pemerintah Vienna telah menyiapkan sejumlah sistem trasportasi yang dapat terkontrol dengan sangat baik di setiap sektornya.

Kepedulian yang tinggi terhadap lingkungan harus tetap ada dalam setiap penduduknya agar kota ini selalu menjadi kota terbersih di dunia.

Singapura

Singapura
bosfajar.wordpress.com

Siapa sih yang ngga kenal Singapura ? Usut punya usut, ternyata Singapura memilki sejumlah kota-kota maju di Asia.

Meskipun luasnya sekitar 275 mil persegi, namun jangan salah jika kota ini tetap terlihat bersih di setiap ruas-ruas jalannya. Layaknya melewati jalan berkarpet, lingkungannya selalu terlihat rapi dan bersih.

Singapura memiliki pedoman yang kuat dalam menjaga kebersihan dan lingkungan. Salah satunya adalah larangan untuk tidak menebang pohon atau mencabut tanaman tanpa seizin pemerintah Singapura.

Saking ketatnya, meludah sembarangan pun dianggap sebagai salah satu pelanggaran paling berat bagi para pelakunya.

Curitibia, Brasil

Curitiba, Brasil
famouswonders.com

Curitibia merupakan sebuah kota yang memiliki luas 166 mil persegi di Brasil. Pemerintah Curitibia selalu berusaha menjadi yang terbaik dalam menjaga kebersihan dan kerapian jalanan umum di area kota mereka.

Bahkan penduduknya pun tak segan-segan untuk selalu mengkampanyekan tidak membuang sampah atau apapun secara sembarangan.

Brisbane, Australia

Brisbane
royalcaribbean.com

Brisbane merupakan kota kecil terindah di Australia. Wilayahnya kini membentang luas hingga 2300 mil persegi. Kota yang sudah ada pada abad ke – 18 ini memiliki beberapa taman, kebun, museum dan pusat perbelanjaan paling bersih di dunia.

Tak heran jika para wisatawan mancanegara yang hendak berkunjung merasa puas dan senang jika menikmati suasana kota Brisbane di Australia ini.

Helsinki, Finlandia

Helsinki, Finlandia
travelblog.ticktab.com

Kota Helsinki memiliki berbagai fasilitas ruang istirahat umum paling bersih di dunia, baik itu di pusat perbelanjaan, departemen store dan beberapa area lainnya.

Kota yang berpenduduk 562.570 juta jiwa ini memiliki struktur bangunan yang tersusun rapi beserta pemandangan indah jika dilihat dari lantai atas gedung tinggi.

Pastinya hal tersebut akan menjadi faktor utama mengapa para wisatawan dari berbagai negara sangat betah berkunjung ke kota Helsinki.

Bahkan pemerintah Helsinki pun siap mengeluarkan banyak anggaran agar kota ini selalu sehat dan bersih demi menjaga kenyamanan para penduduknya.

Tinggalkan komentar