12 Tanaman Paling Aneh, Unik, dan Langka yang Pernah Ditemukan

Jika kamu berpikir bahwa bunga Rafflesia Arnoldii merupakan tanaman yang unik dan langka, maka itu benar sekali. Di dunia ini tidak hanya bunga Rafflesia Arnoldii yang terlihat aneh dan langka. Banyak sekali tanaman yang terlihat unik bahkan aneh di dunia ini. Penasaran dengan tanaman tersebut?

 

Tumbuhan Paling Tangguh di Dunia (Welwitschia Mirabilis)

wikipedia.org
wikipedia.org

Dilihat dari bentuknya, tumbuhan ini memang tidak menarik. Bahkan seperti tumbuhan yang hampir mati. Namun itulah yang membuat tumbuhan yang memiliki nama ilmiah Welwitcshia mirabilis ini istimewa. Tumbuhan asli Namibia ini sangat tangguh. Dalam bahasa Namibia tumbuhan yang ternyata enak dimakan ini bernama Onyanga atau bawang padang pasir. Menurut penelitian onyanga dapat bertahan hidup tanpa hujan selama 5 tahun.

Tanaman Karnivora (Dionaea Muscipula)

flickr.com
flickr.com

Tidak hanya hewan karnivora, ternyata tanaman karnivora juga ada loh. Ketika melihat tanaman ini, kita akan bisa langsung menebak kalau tanaman ini memiliki perangkap untuk menangkap mangsa. Ya, tanaman yang memiliki nama ilmiah Dionaea muscipula ini memiliki rambut halus yang ultra sensitif, sehingga ketika ada serangga yang datang, daun yang bergerigi tersebut langsung menutup dan memerangkapnya.

Bunga Terbesar di Dunia (Rafflesia Arnoldii)

www.cristinadelcanto.com
www.cristinadelcanto.com

Bunga yang ditemukan oleh jenderal Inggris saat menjajah Indonesia ini merupakan bunga terbesar di dunia. Ukurannya mencapai 1 meter dan beratnya hingga 12kg. Bunga Rafflesia Arnoldii ini merupakan tumbuhan asli Indonesia.

Tanaman Menari (Desmodium Gyrans)

onewebid.blogspot.com
onewebid.blogspot.com

Banyak sekali nama yang diberikan terhadap tanaman satu ini. Mulai dari dancing grass atau rumput menari, semaphore plant atau tanaman semaphore dan yang lainnya. Namun tanaman yang gerakan daunnya bergerak seperti yang menari atau gerakan semaphore ini memiliki nama ilmiah Desmodium gyrans.

Tanaman Bola Baseball (Euphorbia Obesa)

www.worldofsucculents.com
www.worldofsucculents.com

Tanaman endemik daerah Great Karoo, Afrika Selatan ini memiliki bentuk yang lucu. Karena banyaknya penggemar tanaman yang mengambil dan mengoleksi tanaman ini, membuat populasinya terancam punah. Sehingga tanaman yang mirip dengan bola baseball ini dilindungi pemerintah Afrika Selatan.

Silver Torch Cactus (Cleistocatus straussi)

flickr.com
flickr.com

Nama tumbuhan kaktus ini terlihat keren. Namun bukanlah nama ataupun bentuknya yang membuat kaktus ini aneh. Tapi karena habitatnya yang membuat kaktus yang memiliki nama ilmiah Cleistocatus straussi ini aneh. Ya, biasanya kaktus hidup di daerah yang panas seperti gurun. Namun kaktus yang satu ini lebih menyukai tumbuh di tempat yang dini. Diketahui kaktus ini tumbuh di puncak pegunungan di Argentina dan Bolivia yang memiliki suhu -10 derajar celcius.

Bunga Bangkai (Amorphophallus Titanum)

pixshark.com
pixshark.com

Kebanyakan bunga memiliki bau yang harum, namun tidak dengan bunga yang satu ini. Amorphophallus titanium ini dikenal dengan nama bunga bangkai karena bau yang tidak sedap. Bunga asli Indonesia ini sudah terkenal hingga mancanegara.

Pohon Botol (Baobab)

worldbybike.com
worldbybike.com

Tidak salah jika pohon ini diberi nama pohon botol. Karena di dalam batangnya yang menjulang tinggi dan besar itu menyimpan air hingga 300 liter. Sehingga tidak heran jika pohon ini dapat bertahan hidup hingga 500 tahun. Pohon ini termasuk salah satu pohon aneh di berbagai negara.

Pohon Darah Naga (Dracaena Cinnabari)

mostamazingfactsabout.blogspot.com
mostamazingfactsabout.blogspot.com

Pohon unik yang seperti payung ini mengeluarkan getah yang berwarna merah seperti darah naga di film Harry Potter. Getah tersebut bisa dimanfaatkan untuk pengobatan dan pewarna alami.

Pohon Dinamit (Hura Brasiliensis)

wikipedia.org
wikipedia.org

Pohon asal hutan tropis Amazon ini terlihat mengerikan. Batangnya dipenuhi duri tajam dan getahnya beracun. Penduduk setempat memanfaatkan getah pohon ini untuk meracuni anak panah. Pohon yang memiliki nama ilmiah Hura brasiliensis ini memiliki beberapa julukan seperti pohon neraka, pohon kotak pasir (sandbox tree) dan ada pula yang menamai pohon dinamit. Karena diketahui bahwa buah dari pohon ini ketika matang akan meledak. Dan ledakannya dapat melukai hewan bahkan manusia.

Snowdonia Hawkweed

wikipedia.org
wikipedia.org

Tanaman satu ini mungkin terlihat biasa saja. Namun, inilah tanaman paling langka di dunia. Diketahui bahwa Snowdonia Hawkweed telah punah satu dekade yang lalu. Namun tanaman ini ditemukan tumbuh kembali di sebuah lereng gunung di Wales pada tahun 2002.

Mick Jagger’s Lip (Psychotria elata)

twicsy.com
twicsy.com

Bunga yang bentuknya mirip dengan bibir perempuan penggoda ini hanya dapat tumbuh di hutan hujan tropis tepatnya di Kosta Rika dan Kolumbia. Penyerbukannya dibantu oleh kupu-kupu dan burung yang tertarik karena warna merah menyala bunganya.

Tinggalkan komentar