12 Tempat Asik Wisata Kuliner Arek Surabaya

WISATA KULINER KHAS SURABAYA – Kota terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta ini mempunyai deretan kuliner khas yang tidak mudah dijumpai di kota-kota lainnya. Tidak aneh jika kota ini menjadi salah satu tujuan favorit para wisatawan hingga pebisnis.

Jika kamu sedang berada di Surabaya, jangan lewatkan untuk mencicipi makanan-makanan khasnya.

Kamu bisa mencoba beberapa tempat di bawah ini. Biasanya, arek-arek Surabaya juga sering ke tempat-tempat ini. Selain mengisi perut, mereka juga menikmati hiburan di sana. Nah, sempatkan dirimu mampir ke 12 tempat wisata kuliner di Surabaya ini.

 

Nasi Campur Tambak Bayan

Nasi Campur
id.openrice.com

Nasinya terlihat punel dengan beberapa jenis lauk-pauk seperti telur, soun, tahu, daging sapi yang dimasak kecap dan beberapa potong empal. Jika ingin mencicipinya pergi saja ke jalan Pasar Besar Wetan No. 7, Surabaya dan cari Depot Nasi Campur Pojok Tambak Bayan.

Biasanya warung ini buka pukul 04.30 – 17.00. Harga seporsi nasi campur empal Rp 29.000,-. Adapun harga seporsi nasi campur biasa Rp 20.000.

Selain di Depot Tambak Bayan yang ada di Jl. Pasar Besar Wetan, kamu juga bisa menemukan nasi campur tambak bayan di Jl. Raya Darmo Permai I, Ruko Gateway Waru (dekat Makro Waru) dan Galaxy Mall II Food Court.

Nasi Krawu Sufayah

Nasi Krawu
marimangan.com

Nasi Krawu adalah makanan khas Gresik yang kini juga bisa kamu temui di Surabaya. Nasi ini memiliki ciri nasinya pulen dan disajikan dengan daun pisang.

Lauknya dapat berupa sayatan daging sapi, semur daging, jeroan sapi, sambal terasi, dan serundeng. Jika ingin mencicipinya di Surabaya kamu bisa menuju ke Nasi Krawu Sufayah, Jalan Manyar Kertoarjo dekat Bonnet.

Nasi Empal Pengampon

Nasi Empal
foodspotting.com

Nasi Empal adalah nasi putih disajikan dengan lauk empal suwir, tumis kacang panjang, kering tempe serta dilengkapi lalapan timun, daun kemangi, dan sambal yang pedas.

Rasa daging empalnya manis dan gurih sama dengan sambalnya yang agak sedikit manis. Kamu bisa menemukan nasi emal di Jl. Pengampon II No. 3, Surabaya Pusat yang buka setiap hari pukul 09.00 – 21.00 WIB. Harganya di bawah Rp.30.000.

Rawon Pak Pangat

Rawon Pak Pangat
transsurabaya.com

Rawon Pak Pangat ini terletak di Ruko Lotus jalan Ketintang Baru Selatan 1/15, lokasinya dekat dengan Masjid Agung Surabaya, pusat perbelanjaan Royal Plaza, City of Tomorrow, Carrefour, kantor SAMSAT Surabaya Selatan, Gedung Graha Pena (Jawa Pos) dll.

Warung yang setiap hari mulai melayani pelanggannya sejak pukul 6 pagi hingga 9 malam, ini merupakan cabang dari Rawon Pak Pangat yang ada di Darmo Trade Center (DTC) Wonokromo, Surabaya. Ciri khas dari nasi rawon Pak Pangat terletak pada suwiran empalnya.

Nasi rawon disajikan dengan 3 varian berbeda yang bisa kita pilih, ada nasi rawon suwir, nasi rawon krengsengan dan nasi rawon campur. Harganya juga cukup terjangkau, rata-rata menunya dibandrol dengan harga sekitar Rp 8.000.

 

Lontong Balap Pak Gendut

Lontong Balap
kuliner.blogspot.com

Lontong Balap merupakan perpaduan antara lontong, tauge, lento, kuah dan bumbu petis. Salah satu tempat populer yang yang menjualnya adalah Lontong Balap Garuda Pak Gendut yang terletak di Jalan Prof. Dr. Moestopo (sebelumnya di Jalan Kranggan). Kamu juga bisa memesan sate kerang dan es kelapa muda sebagai teman bersantap.

Rujak Cingur Ahmad Jaiz

Rujak Cingur
sendokterbang.blogspot.com

Kuliner khas Surabaya berbahan cingur atau hidung sapi ini mudah ditemui di banyak tempat makan, namun sebaiknya kamu datang ke Jalan Ahmad Jaiz No. 40.

Harganya memang lebih mahal dari harga rujak cingur pada umumnya, namun kelezatannya sepadan dengan harganya. Nyonya Giok Tjoe (82 tahun) yang merupakan pemilik rumah makan ini, masih mengulek sendiri bumbu rujak cingurnya.

Sate Klopo Ondomohen

Sate Klopo
intisari-online.com

Sate Klopo adalah sate yang dibaluri parutan kelapa saat dibakar. Jika kamu belum pernah mencicipinya, datang saja ke Sate Klopo Ondomohen Ny. Asih yang terletak di Jalan Walikota Mustajab 36.

Pilihan satenya bermacam-macam antara lain daging ayam, sapi, jeroan, udang dan sumsum. Sate disajikan dengan saus kacang, irisan bawang, cabe dan sepiring nasi atau lontong yang ditaburi serundeng atau abon kelapa parut.

Soto Lamongan Cak Har

Soto Lamongan
trinitar.com

Berbeda dengan soto Lamongan pada umumnya, kuah soto di tempak Cak Har menggunakan santan sehingga lebih kental dan gurih serta taburan koyanya menambah nikmat rasanya.

Soto Lamongan Cak Har terletak di Jalan Ir. H. Soekarno. Banyak pengunjung yang meminta balungan atau tulang ayam di tempat ini. Mereka suka menyesap tulang yang sudah lunak ini. Balungan ini diberikan secara gratis selama persediaan masih ada.

 

Kepiting Cak Gundul 1992

Kepiting Cak Gundul
kusukasuka.com

Tempat yang satu ini ini menyajikan hidangan berbahan seafood. Menu populer di sini adalah kepiting asam manis dan kepiting bumbu kare. Selain kepiting, kamu bisa menikmati sajian dari seafood lain seperti udang, cumi-cumi, ikan dan kerang. Kepiting Cak Gundul 1992 ada di Jalan Kupang Indah.

G-Walk

G-Walk
dewey.petra.ac.id

G-Walk mengusung slogan ‘The Singapore of Surabaya’. G-Walk memang dibangun menyerupai Clarke Quay yang merupakan pusat hiburan sekaligus kuliner populer di Singapura. G-Walk ditata dengan apik di lingkungan yang hijau dan bersih di tengah lokasi hunian elite, Citra Raya, Surabaya Barat.

Tempat wisata kuliner berkonsep food court ini hanya buka pada malam hari. Pertunjukan musik seringkali digelar di sini, misalnya Jazzy Nite yang rutin diadakan pada malam Sabtu.

Nasi Bebek Cak Yudi

Nasi Bebek Cak Yudi
kusuka.com

Nasi Bebek di tempat Cak Yudi yang berada di kawasan Tanjung Perak, Surabaya tepatnya di Jalan Tanjung Torowitan No. 39. Warung  ini berdiri sejak tahun 1982.

Sajian bebeknya empuk, gurih dan tanpa bau amis. Selain itu, warung ini juga khas dengan sambl pencit atau sambal mangga muda. Jika kamu hendak ke sana sebaiknya datang lebih awal.

Zangrandi Ice Cream

Zangrandi Ice Cream
panduanwisata.id

Kamu bukan orang asli Surabaya yang kepanasan di sana? Sebaiknya datang saja ke Zangrandi Ice Cream di Jalan Yos Sudarso. Kedai es krim yang telah berdiri sejak tahun 1933 punya menu populer Noddle Ice Cream. Es krim ini bentuknya mirip dengan mie dan disajikan bersama taburan kacang, pasta cokelat dan buah cherry segar.

Ada cara lain bagi Anda yang ingin menikmati semua rasa es krim dalam satu tempat, pilih saja paket Love Deal. Paket ini menyajikan lima rasa es krim mulai dari cokelat, stroberi, rasberry, mocca sampai coconut dalam satu wadah berbentuk hati.

Tinggalkan komentar