13 Bendungan yang Ada di Berbagai Belahan Dunia

Kita sudah sama tahu bahwa bendungan atau dam merupakan konstruksi yang dibangun untuk menahan laju air menjadi waduk, danau, atau tempat rekreasi. Kegunaannya yaitu untuk mengalirkan air ke sebuah Pembangkit Listrik Tenaga Air. Kebanyakan dam juga memiliki bagian yang disebut pintu air untuk membuang air yang tidak diinginkan secara bertahap atau berkelanjutan. Beberapa bendungan dibuat dengan sistem yang menakjubkan, seperti di bawah ini contohnya.

 

The Hoover Dam

The Hoover Dam
buildipedia.com
The Hoover Dam saat malam hari
history.com

Bendungan ini dinamai sesuai nama Presiden Hoover. Letaknya di Black Canyon Sungai Colorado, di perbatasan antara negara bagian Arizona dan Nevada dan telah menjadi landmark Amerika Serikat sejak tahun 1985. Bendungan yang memiliki tinggi  221 m dan tebal 200 m ini mampu menghasilkan listrik lebih dari 2.000 megawatt.

Grande Dixence

Grande Dixence
adevarul.ro
Grande Dixence, view dari atas
roadstersportclub.com

Bendungan Grande Dixence yang ada di Swiss ini tinggirnya 285 m. Fungsinya sebagai pembangkit listrik tenaga air dengan kapasitas terpasang 2.069 MW, yang dapat menghasilkan sekitar 2.000 GWh per tahun. Air yang ada di bendungan ini kebanyakan berasal dari glacier.

The Karun Dam

The Karun 3 Dam
ru.esosedi.org
The Karun 3 Dam - Iran
en.iwpco.ir

The Karun Dam adalah bendungan-bendungan yang membendung aliran sungai Karun di Iran. Setidaknya kini ada 4 bendungan. Adapun Bendungan Karun 3 merupakan bendugan hidroelektrik yang berbentuk melengkung. Fungsinya untuk mencegah banjir dan sumber energi listrik. Bendungan Karun 3 yang terletak di Khuzestan ini memiliki tinggi 205 m.

The Inguri Dam

Inguri Dam - Georgia
gigantesdomundo.blogspot.com
The Inguri Dam - Georgia
kuriositas.com

The Inguri Dam terletak di Georgia, tempat kelahiran Stalin. Georgia yang ini memang bukan Georgia yang ada di Amerika. Bendungan ini kini tidak lagi berfungsi, tetapi ia merupakan bendungan lengkung yang paling sempurna melengkug yang pernah ada.

 

Nagarjuna Sagar Dam

Nagarjuna Sagar Dam - India
civilsolution.wordpress.com
Nagarjuna Sagar Dam - India
apkxda.com

Nagarjuna Sagar dam yang terletak di India ini tingginya 124 m dan panjangnya 1550 m.

Vajont Dam

Vijont Dam - Italy
twocalls.net
Vijont Dam
twocalls.net

Vijont Dam yang terletak 100 km di utara Venice, Italia ini selesai dibangun tahun 1959. Pada tahun 1963, bendungan ini menyebabkan ribuan orang meninggal karena air meluap dahsyat dan terjadi beberapa faktor kesalahan manusia.

Almendra Dam

Almendra Dam
osp.mans.edu.eg
Almendra Dam - Spanyol
wikimapia.org

Almendra Dam berlokasi di Salamaca, Spanyol. Dalam bahasa Spanyol, Almendra berarti berlian.

Itaipu Dam

Itaipu Dam - Brasil
fabbricaambiente.com
Itaipu Dam
famous-places.com

Nama Itaipu diberikan kepada bendungan ini dari sebuah pulau di dekat situs ini. Dalam bahasa Brasil itaipu berarti suara batu. Bendungan ini memliliki panjang 7235 m.

 

Three Gorges Dam

Three Gorges Dam - China
vaffancina.it
Three Gorges Dam
theguardian.com

Three Gorges Dam yang ada di Cina ini membendung sunga Yangtse dan merupakan bendungan yang paling ramah dengan pengunjung.

Merowe Dam

Merowe Dam - Sudan
merowedam.gov.sd
Merowe Dam
panoramio.com

Merowe Dam berlokasi di Sudan. Bendungan ini dibuat sekitar tahun 2004-2009. Sejumlah warga terkena relokasi atas pembangunan bendungan terpanjang di Afrika ini.

Aswan High Dam

Aswan High Dam - Mesir
britannica.com
Aswan High Dam
archeoblog.associazionevolo.it

Aswan High Dam yang ada di Mesir ini membendung sungai Nil agar dapat mencegah terjadinya banjir.

Tarbel Dam

Tarbela Dam - Pakistan
voiceofeast.org
Tarbela Dam
dawn.com

Tarbela Dam membendung sungai Indus di Pakistan. Proyek bangunan ini selesai pada tahun 1974.

 

The Netherlands North Sea Protection Works

The Netherlands North Sea Protection Works - Belanda
amusingplanet.com
delgarm.com

Bendungan yang berlokasi di Belanda ini sangat kompleks. The Netherlands North Sea Protection Works terdiri dari 2 bagian. Pertama, bendungan sepanjang 19 mil yang disebut the Afsluitdijk (for “Closing Dike”), dibangun skitar tahun 1927-1932 untuk kepentingan pertanian. Kedua, sebuah pintu air yang disebut Delta Works dibangun di Laut Utara untuk mencegah terjadinya banjir seperti tahun 1953.

Tinggalkan komentar