13 Surreal Art yang Akan Membuat Kamu Lebih Dalam Memahami Seni

Seni itu macam-macam, ada seni tari, seni lukis, street art, origami dll. Namun kali ini kita ingin membahas seni yang sedikit berbeda yaitu seni surreal atau surreal art. Seni Surreal atau surreal art adalah salah satu cabang kesenian yang tidak membatasi para seniman dalam berkarya. Iya, surreal art ini memungkinkan pelaku seni untuk membuat apapun, dari bahan apapun, dimanapun, dan berupa bentuk apapun. Itulah kelebihan dari surreal art, imajinasi dan perasaan sang seniman benar-benar tereksplor. Iya, surreal art adalah representasi dari perasaan atau kegundahan sang seniman. Nah, kali ini kita ingin memperlihatkan ke kamu beberapa hasil seni surreal art yang pernah dibuat. Check these¬†out guys ūüôā

 

Kunang-kunang

Seni Surreal Indah
REUTERS/Ivan Alvarado

Surreal art di atas berjudul¬†“Infinity Obsession” atau ebsesi tak terbatas. Karya indah ini dibuat oleh seniman Jepang¬†Yayoi Kusama yang dipamerkan di Kota Santiago, Chili, 9 Maret 2015.

Lukisan 3D

Surreal art 3D seorang wanita
REUTERS/Romeo Ranoco

Seorang wanita sedang berpose di depan lukisan 3D yang dipamerkan di Island Museum, kota Quezon, Metro Manila, 6 Maret 2015

Wajah dan Tangan

Surreal Art Wajah dan Tangan
REUTERS/Marcelo del Pozo

Seorang wanita sedang memotret sebuah surreal art berjudul “Alice” yang berupa tangan dan wajah besar di jendela. ¬†Karya ini dipamerkan di¬†Andalusian Centre of Contemporary Art, Seville, Spanyol bagian selatan, 10 April 2013 lalu.

Benda-benda Tergantung

Surreal Art Barang digantung
REUTERS/Felix Ordonez

Surreal art berupa benda-benda tergantung ini adalah hasil tangan seniman Spanyol bernama Pamen Pereira. Karya ini dipamerkan di Burgios Spanyol 29 Mei 2009 silam.

Telur Raksasa

Surreal Art berupa  Telur Raksasa
REUTERS/Will Burgess

Telur raksasa yang terbuat dari fiberglas dan cat khusus ini diberi judul “Big Chook”. Telur ini dibuat di pantai¬†Tamarama Beach Sydney 22 November 2005

Wajah Tidur

Surreal Art berupa Wajah Penuh Uniik
REUTERS/David Moir

Seniman Australia bernama sculptor Ron Mueck membuat replikas wajah besar berjudul¬†“Mask II”. Karya ini dipamerkan di¬†he Royal Scottish Academy di Edinburgh, 31 Juli 2006 yang lalu. Jangan terkecoh ya, itu yang punya badan security di tempat pamerannya, bukan bagian dari karya seni hehe.

Susunan Kursi

Surreal Art Chairs kursi
REUTERS/Jumana ElHeloueh

Seorang wanita berjalan dibawah karya seni surreal berjudul “chairs” atau kursi-kursi. Iya, karya ini hanya berupa kursi-kursi yang disusun sedemikian rupa. Karya yang dipamerkan saat¬†Abu Dhabi Art di Saadiyat November 2012 silam ini dibuat oleh seniman Jepang bernama¬†Tadashi Kawamata.

Beruang dan Penguin

Karya seni surreal penguin dan beruang gantung diri
REUTERS/Luke MacGregor

Judul surreal art ini adalah “Suicide Penguins”. Karya seni ini bentuk keprihatinan atas penguin dan beruang karena adanya pemanasan global. Karya yang dibuat oleh¬†Vincent J.F. Huang ini digantung di¬†the Millennium Bridge Londoh 13 February 2010 yang lalu.

Sepeda Air

Surreal art simpel sepeda
REUTERS/Michael Kooren

Sepeda-sepeda berwarna pink ini diletakkan sedemikian rupa di atas air menyambut datangnya¬†the Giro d’Italia di¬†Schalkwijk, sebuah kota kecil di Belanda. Surreal art ini dibuat pada 4 Mei 201 lalu.

Serangga Berkepala Manusia

Seni surreal wajah manusia berbentuk serangga
REUTERS/Claudia Daut

Serangga-serangga buatan berkepala manusia sedang memanjat  the Museo de Bellas Artes saat pagelaran di Havana 27 Maret 2009 lalu. Kira-kira apa ya yang ada di kepala seniman yang membuat karya ini?

Bola-bola

Surreal art bola-bola unik lucu
REUTERS/David Gray

Seorang seniman bernama Nike Savvas membuat karya seni surreal berupa bola-bola yang terbuat dari bahan polystyrene dan disusun sedemian rupa. Karya ini dipamerkan di Art Gallery di Sydney, 3 Agustus 2006 yang lalu. Coba tebak ada berapa jumlah bola di karya seni surreal ini? semuanya ada 50.000 bola! Wow!

Meja dan Kursi Raksasa

Seni surreal meja dan kursi raksasa
REUTERS/Cathal McNaughton

Seorang wanita sedang melihat surreal art karya Robert Therrien yang dipamerkan di Belfast Irlandia 23 April 2012 lalu.

Puma dan Kijang

Seni surreal puma dan kijang
REUTERS/Fabrizio Bensch

Dalam karya seni ini, manusia berwajah puma bertindak sebagai dokter gigi sementara yang menjadi pasiennya adalah manusia berwajah kijang. Badan manusia terbuat dari bahan wax dan plastik sementara kepala kedua binatang ini asli lho. Karya ini dibuat oleh Deborah Sengl dan dipamerkan di the art gallery Deschler Berlin 15 April 2008 silam.

Tinggalkan komentar