18 Lokasi Di Film Animasi Disney Yang Ada di Dunia Nyata

Dunia di dalam film-film animasi Disney, walaupun hanya sekedar fiktif, tapi menyimpan keindahan yang sangat menawan. Tapi, tahukah anda, kalau banyak dari tempat-tempat di dalam dunia tersebut terinspirasi oleh beberapa tempat di dunia nyata? Yuk, mari kita bahas satu per satu.

Neuschwanstein Castle, Bavaria Jerman – Sleeping Beauty

sleeping beauty castle
istana dalam film sleeping beauty (keepo.me)
Neuschwanstein Castle
Kastil Neuschwanstein di Jerman

Dibangun di atas bukit berbatu oleh Ludwig II sebagai penghormatan untuk Richard Wagner, seorang komposer terkenal, kastil indah ini menjadi inspirasi Disney dalam film animasinya — Sleeping Beauty. Kastil ini terlihat semakin indah ketika di musim dingin, di mana pohon-pohon disekelilingnya diselimuti salju yang putih

Alsace, Paris – Beauty and The Beast

beauty and the beast
jalanan sebuah desa di beauty and the beast (keepo.me)
alsace perancis
alun-alun di alsace, perbatasan prancis dan jerman (keepo.me)

Jika anda menonton film animasi Beauty and The Beast buatan disney, anda akan diajak untuk menelusuri sebuah sebuah desa yang cantik di dalamnya. Tempat tersebut terinspirasi dari desa nyata di Prancis bernama Alsace. Desa ini bertempat di perbatasan Jerman dan Prancis, yang membuat adanya percampuran 2 kultur di dalamnya.

Mont Saint-Michel, Normandy, Perancis – Tangled

tangled city
kerajaan corona di tangled (keepo.me)
mont saint-michel
mont saint-michel di perancis (keepo.me)

Kastil ini unik — bertempat di atas sebuah pulau, kastil ini akan terputus dari daratan secara berkala karena adanya kondisi pasang surut air yang mengelilinginya. Justru karena kondisi itulah yang membuat kastil ini terlihat indah, dan menjadi daya tarik banyak wisatawan dan insipirasi bagi disney dalam pembuatan kerajaan Corona di Tangled.

Angel Falls, Venezuela – Up

up
Angel falls di up (keepo.me)
angel falls
angel falls di dunia nyata (keepo.me)

Jika anda pernah menonton film Up buatan disney, pasti ingat dong kenapa kakek memasang ratusan balon di atas rumahnya. Si kakek ingin pergi ke tempat impiannya, sebuah puncak gunung datar dengan air terjun di ujungnya. Ternyata, tempat ini juga ada di dunia nyata. Berada di Venezuela, Angel Falls adalah air terjun tertinggi di dunia dengan tinggi 979 meter.

Taj Mahal, Agra, India – Aladdin

aladdin castle

taj mahal
Bersetting di sebuah tempat di timur tengah, Aladdin memiliki berbagai tempat dan daerah dengan desain arsitektur bergaya arab dan timur tengah. Terutama pada istana raja, di mana putri Jasmine tinggal. Jika anda perhatikan, pasti anda akan teringat pada sebuah bangunan di India. Ya, Taj Mahal. Istana dengan desain timur tengah ini dibagun oleh Kaisar Shah Jahan untuk istri tercintanya pada tahun 1632.

Machu Pichu, Cusco, Peru – The Emperor’s New Groove

The Emperor New Groove
The Emperor’s New Groove (keepo.me)
Machu Pichu
Machu Pichu di Peru (keepo.me)

Di dalam film film The Emperor’s New Groove, terdapat sebuah desa bernama Pacha, yang terinspirasi dari situs kuno di Peru — Machu Pichu. Kenapa memilih tempat ini? Machu pichu adalah tempat kuno yang sangat misterius yang berada pada ketinggian 2.430 dpl di atas pengunungan Peru, membuatnya terlihat sangat mengagumkan.

Forbidden City, Beijing Cina – Mulan

mulan
istana kaisar di mulan (keepo.me)
forbidden city
forbidden city di beijing, cina (keepo.me)

Sempat menjadi tempat terlarang karena menjadi rumah kaisar dari dinasti Ming dan Qing, kini Forbidden City menjadi destinasi wisata mancanegara yang sangat populer, dan menjadi inspirasi Disney untuk rumah kaisar di film animasi Mulan.

Notre Dame Cathedral, Paris Perancis – The Hunchback of Notre Dame

The Hunchback of Notre Dame
The Hunchback of Notre Dame (keepo.me)
Notre Dame Cathedral
Notre Dame Cathedral, Paris Perancis (keepo.me)

Dari nama filmnya sendiri, sudah jelas kalau Disney terinspirasi oleh sebuah bangunan di Paris, Notre Dame Cathedral. Dibangun selama hampir 200 tahun, katedral ini adalah salah satu bangunan bergaya gothic terkenal di dunia.

Chateau de Chillon, Lake Geneva, Swiss – The Little Mermaid

mermaid
kastil di the little mermaid (keepo.me)
Chateau de Chillon
Chateau de Chillom (keepo.me)

Walaupun film disney yang satu ini bercerita tentang putri duyung, yang tentunya hidup di bawah laut, The Little Mermaid juga memiliki setting di daratan. Salah satunya kastil tempat pangeran Eric tinggal, yang terinspirasi dari kastil di dunia nyata bernama Chateau de Chillon di danau Geneva, Perbatasan Swiss – Jerman.

Grand Central Terminal, New York City, Amerika Serikat – Wreck it Ralph

wreck it ralph station
Stasiun di Wreck it Ralph (disney.wikia.com)
Grand Central Terminal
Grand Central Terminal, New York (pursuitist.com)

Wreck it Ralph adalah salah satu film disney yang mengambil tema yang unik — video game. Film ini menceritakan seorang tokoh bernama Ralph, yang berperan menjadi penjahat di game Wreck it Ralph, bersama tokoh-tokoh game lainnya. Di film ini diperlihatkan sebuah stasiun di mana para tokoh-tokoh game tersebut berangkat dan pulang dari game tempat mereka bekerja. Desain stasiun tersebut jelas-jelas terinspirasi dari stasiun kereta di dunia nyata, Grand Central Terminal New York, yang memiliki desain arsitektur yang sangat mirip.

Chateau De Chambord, Loir-Et-Cher, Perancis – Beauty and the Beast

Kastil Beauty and The Beast
Istana miliki Beast (keepo.me)
Chateau de Chambord
Istana Chateau De Chambord (keepo.me)

Istana indah nan menjulang tinggi mirik Beast, salah satu tokoh utama di fim Disney ini tentu sangatlah indah. Istana di film Beauty and the Beast ini terinspirasi dari Chateau de Chambrod di Loir-Et-Cher, Perancis yang dibangun pada tahun 1547 oleh Raja Francis I. Meskipun berupa istana, sang raja menggunakannya sebagai “pondok berburu”.

Gereja St. Olaf, Balestran, Norwegia – Frozen

Gereja St. Olaf
Elsa di dalam gereja (filmdice.wordpress.com)
St. olaf
Gereja St. Olaf (boredpanda.com)

Inspirasi yang didapat oleh Disney dari keindahan arsitektur Gereja St. Olaf tersirat pada beberapa tempat yang ada di film bersalju Disney Frozen. Dilihat dari nama gerejanya sendiri, kamu pasti tahu kan siapa dia di film ini?

Louisiana Bayou, Amerika Serikat – The Princess and the Frog

The Princess and the Frog
Hutan rawa di The Princess and the Frog (emgn.com)
Louisiana Bayou
Louisiana Bayou, Amerika Serikat (wikipedia.org)

Jika kamu telah menonton film ini, pasti ingat tempat berawa di mana sang putri dan kodok bertemu. Rawa tersebut benar-benar menggambarkan rawa terkenal di Amerika Serikat, Louisiana Bayou. Tempat ini terkenal dengan terdapat banyaknya buaya rawa, ikan lele, dan binatang-binatang perairan lainnya. Walaupun begitu tempat ini tetap ramai akan wisatawan, dan dijadikan tempat pariwisata.

Istana Eilean Donan, Skotlandia – Brave

brave castle
istana di Brave
eilean donan castle
istana Eilean Donan di Skotlandia

Film bertema budaya skotlandia, pastinya settingnya harus ala skotlandia juga, dong. Disney pun berpikir demikian pada film buatannya keluaran tahun 2012, Brave. Istana yang terlihat dalam film ini dibuat berdasarkan istana nyata di Skotlandia, bernama Eilean Donan.

U-drop Inn, Shamrock, Texas Amerika Serikat – Cars

Ramones Cars
Ramones House of Body Art di film Cars (pixarcars.wikia.com)
U-drop inn
U-drop inn di Texas (panoramio.com)

Salah satu tema unik lainnya yang terdapat di film-film Disney, adalah mobil. Cars, menceritakan dunia di mana mobil bisa berbicara dan hidup layaknya manusia. Di salah satu lokasi di dalam filmnya, Radiator Springs, terdapat beberapa bangunan ikonik yang terinspirasi dari bangunan ikonik (juga) di dunia nyata. Salah satunya rumah cat milik Ramones, yang dibuat berdasarkan penginapan U-drop inn di Texas, Amerika Serikat.

Angkor Wat, Kamboja – Atlantis: The Lost Empire

Atlantis the Lost Empire
Pemandangan Atlantis di film ini (fanpop.com)
Angkor Wat
Pemandangan Kuil di Angkor Wat, Kamboja (vietnamdhtravel.com)

Membuat film berdasarkan kisah yang masih menjadi misteri bukanlah hal yang mudah. Disney harus membuat setting lokasi yang benar-benar menggambarkan seperti apa itu Atlantis, walaupun Atlantis itu sendiri belum ditemukan di dunia nyata. Alhasil, disney memilih sebagian tampilan Angkor Wat untuk desain kota Atlantis di dalam film mereka.

Hotel De Glace, Quebec, Kanada – Frozen

Elsa's Castle
Istana es tempat Elsa berada (animatedfilmreviews.filminspector.com)
Hotel De Glace
Tempat tidur dari es di salah satu kamar Hotel De Glace (secondglobe.com)

Frozen adalah salah satu film disney yang berhasil menarik jutaan perhatian pemirsa pecinta animasi. Siapa sangka, istana terbuat dari es tempat Elsa tinggal juga ada lho di dunia nyata. Kamu bisa mengunjungi Hotel De Glace di kota Quebec, Kanada.

Istana Sevogia, Spanyol – Snow White

Istana Snow White
Sebuah istana di film Snow White (poohadventures.wikia.com)
Istana Segovia
Istana Segovia di Spanyol. Mirip, ya? (thousandwonders.net)

Snow White menjadi salah satu film Disney pertama yang sukses di layar lebar. Mengingat jika istana-istana di film-film disney sangatlah ikonik, pasti ada inspirasi dibaliknya. Sebuah istana di spanyol, bernama Istana Segovia, menjadi inspirasi disney untuk desain arsitektur istana di Snow White.

Satu pemikiran pada “18 Lokasi Di Film Animasi Disney Yang Ada di Dunia Nyata”

Tinggalkan komentar