Menanam Dan Budidaya Bunga Kol Banda

Bunga kol banda bukan bunga kol sayur yang sering dijual di lapak sayur di pasar-pasar maupun penjual sayur keliling, lho. Ini bunga, jadi tidak bisa dimakan. Kol banda adalah bunga berbatang kayu dengan warna daun yang unik. Warna daunnya hijau pupus dengan corak seperti ini tentu kol banda akan sangat mencolok dan meenarik mata. Apalagi bila ditanam di pekarangan rumah Anda. Bunga satu ini juga sangat mudah penanamannnya, tidak perlu pemeliharaan yang sulit juga. Sebelum mulai untuk menanamnya, sebaiknya Anda ikuti panduan berikut ini:

Pembibitan

Pembibitan bisa dilakukan dengan cara menanamnya melalui cangkok atau stek batang. Yang penting adalah pemilihan batangnya. Pilih batang yang bagus, berkayu kuat, berukuran pas, dan tidak terserang hama dan penyakit. Selanjutnya lakukan pembibitan baik dengan stek atau cangkok.

Penanaman

Tanam bibit pada media tanam berupa tanah, pasir, dan pupuk kandang/kompos (1:1:1). Tanam sedalam 20-30 cm agar perakaran kuat dan tidak mudah roboh. Timbun dan padatkan tanah disekitar penanaman bibit.

Perawatan

Perawatannya hanya dengan melakukan penyiraman scara berkala saat bunga mulai akan terlihat layu dan kering. Lakukan pemangkasan dan perampalan disertai penyiangan bila perlu. Dan terakhir jangan lupa berikan pupuk berkala setaip dua bulan sekali.


Posted

in

by

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *