22 Makanan yang Sulit Ditinggalkan Oleh Orang Indonesia

Indonesia dikenal sebagai negara yang kaya akan rempah-rempah. Penjajahan yang dilakukan orang-orang Eropa di bumi Indonesia merupakan bukti kekayaan tersebut. Mereka ingin menguasai rempah-rempah Indonesia.

Rempah-rempah yang beraneka macam tersebut telah menginspirasi rakyat Indonesia untuk membuat berbagai macam makanan yang kaya akan bumbu. Makanan-makanan tersebut tetap lestari hingga kini karena rakyat Indonesia memang berat jika harus meninggalkannya. Orang Indonesia tulen, tentu tahu makanan-makanan ini.

 

Sambal

Sambal
fat4free.blogspot.com

Lidah orang Indonesia sangat akrab dengan sambal. Seakan, mereka tidak bisa makan tanpa sambal. Konon, cabai yang merupakan bahan dasar sambal dibawa ke Indonesia oleh orang-orang Belanda. Cabai-cabai tersebut diniatkan sebagai racun bagi orang Indonesia. Seperti bumerang, niat jahat para penjajah berbalik menyerang mereka. Ketika makan sambal yang terbuat dari pedasnya cabai, orang Indonesia tampak kesetanan sehingga orang-orang Belanda yang justru menjadi ketakutan. Sejak saat itu, sambal menjadi makanan pelengkap nasi yang disukai rakyat Indonesia.

Sate

Sate
selusur.com

Sate merupakan makanan khas Indonesia yang berasal dari Madura. Sate yang paling populer adalah sate kambing. Daging kambing yang dipotong dalam ukuran kecil dikumpulkan dalam satu tusuk kemudian dibumbui dengan bumbu yang khas. Selain itu dikenal pula sate ayam.

Bakso

Bakso
bakso.me

Dijamin, semua orang Indonesia menyukai makanan ini. Bakso cocok di lidah siapa saja. Kuahnya gurih, baksonya lembut, lalu ditambah segenggam mie atau bihun. Bakso terbuat dari daging sapi yang dilembutkan dan diberi bumbu kemudian dibentuk dalam bulatan kecil-kecil, namun ada pula bakso yang berukuran jumbo.

Soto

Soto
batikculinary.com

Soto merupakan makanan berkuah yang diracik dari berbagai bumbu. isinya yaitu daging, bihun, dan terkadang ditambah kacang tanah. daging yang digunakan ada dua macam yaitu daging ayam dan sapi atau dikenal dengan soto babat.

Nasi Goreng

Nasi Goreng
dreamingpost.com

Makanan ini disebut nasi goreng karena pembuatannya dengan cara digoreng. Nasi goreng menjadi favorit saat sarapan.

Nasi Uduk

Nasi Uduk
lifestyle.harianterbit.com

Nasi uduk adalah makanan khas Indonesia yang berasal dari Betawi (Jakarta sekarang). Nasi uduk merupakan nasi gurih. Rasa gurihnya didapat dari cara pengolahannya yang melibatkan santan dan bumbu-bumbu lain.

Nasi Padang

Nasi Padang
madangwae.com

Masyarakat Padang yang ada di Pulau Sumatra banyak yang merantau ke pulau lain. Mereka membuka usaha makanan yaitu warung masakan Padang. Kini dapat dijumpai banyak warung-warung Padang di berbagai kota di Indonesia. Ciri khas nasi Padang yaitu kuah pedasnya dan lalapan sayurnya.

Gudeg

Gudeg
jogjafamilyfm.com

Gudeg adalah makanan Indonesia yang berasal dari Yogyakarta. Rasanya manis. Makanan ini terbuat dari buah nangka muda.

Rawon

Rawon
alfaindo.weebly.com

Rawon adalah makanan khas Indonesia yang berasal dari Jawa Timur. Kuahnya hitam pekat dan isinya daging sapi. Makanan di tempat lain di Indonesia yang hampir mirip dengannya yaitu garang asem dari Pekalongan.

Pecel

Pecel
flickr.com

Pecel adalah makanan khas Indonesia yang berasal dari Madiun. Pecel merupakan salad-nya orang Indonesia. Makanan ini terbuat dari campuran sayuran hijau, kecambah, dan sambal kacang. Biasanya pecel disantap bersama tempe atau peyek, keripik tepung isi kacang/kedelai.

Mie Ayam

Mie Ayam
qraved.com

Terutama di kota-kota kecil, gerobak-gerobak mie ayam dapat mudah ditemui di berbagai sudut kota. Dapat dikatakan mie ayam adalah mie ramen-nya Indonesia.

Perkedel

Perkedel
dapuranda.com

Perkedel ini adalah makanan favorit untuk dimasak para ibu di rumah. Makanan ini merupakan lauk pendamping nasi yang berbahan dasar kentang dan telur.

Martabak

Martabak
perusahanku.co

Ukurannya sebelum dipotong yaitu selebar wajan. Ada dua versi martabak. Martabak asin dan manis. Martabak asin adalah yang dikenal dengan nama martabak telur. Adapun martabak manis adalah makanan serupa pancake, sering dikenal dengan martabak mini sebab martabak yang ini ukurannya kecil-kecil.

Sayur Asem

Sayur Asem
resepmasakan.co

Sayur asem. Dinamai demikian karena rasanya asam. Rasa itu didapat dari salah satu bahan pembuatnya, yaitu asam. Sayur ini terasa segar disantap saat siang hari.

Rendang

Rendang
duniainter.net

Rendang adalah makanan khas Indonesia yang berasal dari Padang. Makanan ini kaya bumbu. Rasanya juga tak kalah kaya.

Tahu Gejrot

Tahu Gejrot
beingindonesian.com

Tahu gejrot adalah tahu biasa yang dibumbui sambal berkecap. Yummy!

Otak-Otak

Otak-Otak
beritane.com

Otak-otak bukan berarti makanan ini berbahan dasar otak. Otak-otak yang populer di pasaran yaitu otak-otak ikan. Ikan ditumbuk halus kemudian dikukus dalam balutan daun pisang.

Sop Buntut

Sop Buntut
dapurbuntutpik.com

Orang Indonesia berat menyia-nyiakan sesuatu, termasuk dalam hal makanan. Sop buntut misalnya. Buntut merupakan ekor hewan. Nah, bahkan buntut saja bisa jadi disulap menjadi makanan yang lezat.

Pempek

Pempek
pempekwaktuk.com

Pempek merupakan makanan khas Indonesia yang berasal dari Palembang. Namun kin tidak perlu jauh-jauh pergi ke Palembang jika ingin mencicipinya karena telah banyak kedai pempek yang buka lapak di luar kota Palembang. Jenisnya bermacam-macam. Ada pempek lenjer, ulu bundar, kapal selam dan lain-lain.

Pepes

Pepes
sajianindonesia.blogspot.com

Jenis pepes ada banyak. Ada pepes ikan, tahu, jamur. Semuanya enak.

Gorengan

Gorengan
indonesia.travel

Tempe goreng, tahu isi, ketela goreng, pisang molen, bakwan, dan kawan-kawan. Itulah yang disebut dengan gorengan. Mereka dapat dengan mudah ditemukan di mana saja di jalanan kota-kota di Indonesia. Pedagang kaki lima yang menjajakan gorengan sering berada di pusat-pusat keramaian.

Indomie

Indomie goreng
husnimuarif.wordpress.com

Mie instan yang satu ini bahkan juga dikenal luas hingga ke luar negeri. Varian rasanya ada banyak, namun yang paling populer adalah Indomie goreng. Makanan ini merupakan teman setia bagi para anak-anak kost di tanah rantau, terutama pada tanggal tua.

Tinggalkan komentar