25 Fakta Unik Tentang Mars, Sepupu Misterius Bumi

Mars atau disebut juga planet merah, merupakan planet terakhir yang berkenaan dengan bumi, dan harapan terbesar kita untuk mempertahankan kehidupan di luar planet kita sendiri. Sejak astronom Mesir pertama kali menemukan Mars di angkasa, manusia telah terpesona oleh planet terdekat  ini.

Pada waktu lebih dari 100 tahun yang lalu, kami bahkan percaya kehidupan yang cerdas seperti kita sendiri hidup di permukaan kawah planet tersebut. Meskipun kita sering mendengar planet ini cukup mirip dengan Bumi, namun itu juga sama sekali berbeda.

Perbedaan-perbedaan ini akan memberikan beberapa tantangan yang berat untuk pendaratan misi manusia di sana dan mempertahankan hidup, tantangan yang akan kita diangkat di antara fakta-fakta di Mars.

Apakah kamu selalu sangat tertarik dengan angkasa dan planet-planet atau kamu hanya mencari untuk belajar lebih banyak tentang planet terdekat kedua kita ini, daftar ini adalah yang kamu butuhkan untuk mendapatkan datanya dengan lebih cepat.

Dari bagaimana planet ini mendapat nama menjadi badai debu yang menakutkan untuk pertanyaan “Apakah benar-benar ada mahluk hidup di Mars?”, Kami telah menggali ke dalam sejarah planet merah ini untuk memberikan kamu tentang 25 Fakta Unik Tentang Mars, Sepupu Misterius Bumi.

Mars: Sepupu Bumi

list25.com
list25.com

Bantalan miring mirip dengan Bumi – Mars memiliki 25 ° kemiringan sementara planet kita memiliki 23,5 ° kemiringan – Mars juga mengalami hal yang sama yaitu empat musim, meskipun pada mars lebih ekstrim.

Musim Mars

list25.com
list25.com

Musim pada planet merah ini jauh lebih lama dari pada di Bumi. Karena orbitnya berbentuk bulat panjang, semi dan musim panas lebih panjang di belahan bumi utara sementara gugur dan musim dingin lebih panjang di selatan. Mereka juga lebih intens dengan musim panas yang lebih panas dan musim dingin yang lebih dingin.

Kita bisa bernafas di Mars?

list25.com
list25.com

Meskipun planet merah sering disebut sebagai potensi kedua bumi, kita tidak akan bisa bernapas di atmosfer yang terdiri dari 96% karbon dioksida dan kurang dari 0,2% oksigen. 21% oksigen bumi yang tepat tentang kebutuhan kita.

Para ilmuwan saat ini sedang menguji mikroba yang dapat dikirim lebih cepat dari manusia untuk mulai mengubah dan menciptakan oksigen di planet ini.

Asumsi pertama kehidupan di Mars

list25.com
list25.com

Di perempat terakhir abad ke-19, astronom pada umumnya percaya mahluk cerdas tinggal di Mars. Astronom Italia Giovanni Schiaparelli melihat garis yang relatif lurus di permukaan Mars yang ia dan astronom lainnya dari pada saat percaya itu saluran irigasi dibangun oleh makhluk cerdas.

Seperti teleskop dikembangkan pada awal abad ke-20, asumsi ini terbukti salah – meskipun sebelum tidak melahirkan banyak fiksi ilmiah tentang planet merah ini, termasuk Marvin the Martian.

Bagaimana Mendapatkan Nama Mars

detik.com
detik.com

Permukaan Mars ini kaya akan zat besi, memberikan warna kemerahan. Komposisi campuran tersebut telah menyebabkan budaya yang jauh kembali sebagai Mesir menamainya setelah warna.

Mesir menamakannya Desher nya (“yang merah”), Cina menamakannya “bintang api”, dan orang-orang Romawi menamakannya Mars, setelah dewa perang mereka (setara dengan Ares dalam mitologi Yunani).

Sebuah lembah ukuran Amerika Utara

list25.com
list25.com

Sebuah sistem yang sangat besar dari lembah, the Valles Marineris membentang 2.600 mil (4.200 km) di permukaan Mars dan sampai dengan 4,3 mil (7 km) yang mendalam. Menempatkannya di Bumi dan ke konteks, Valles Marineris akan terentang dari New York ke San Francisco dan beberapa lainnya.

Rotasi Mars mengelilingi Matahari

list25.com
list25.com

Setahun Mars secara signifikan lebih dari satu tahun Bumi (waktu yang dibutuhkan untuk membuat satu rotasi matahari). Di Bumi, kita memiliki 365 hari sedangkan Mars memiliki 687 hari.

Hari di Mars

list25.com
list25.com

Hari di Mars juga lebih lama, tapi hanya sedikit. Satu hari Bumi adalah 23 jam dan 56 menit sementara satu hari Mars adalah 24 jam dan 40 menit. Ketika kita mendarat di Mars, itu akan menjadi peralihan lebih mudah dari pada bila kita pergi ke Jupiter (10 jam sehari) atau Venus (2802 jam sehari).

Atmosfer Mars

list25.com
list25.com

Atmosfer di Mars ini 100 kali lebih padat dari pada di Bumi, membuat kendaraan angkasa mendarat di permukaannya sulit karena atmosfer tidak akan membantu lebih banyak saat memperlambat turunnya mereka seperti halnya di planet biru kita.

Meskipun kurangnya kepadatan, masih cukup padat untuk memungkinkan cuaca dan angin.

Suhu Mars

list25.com
list25.com

Pengalaman Mars fluktuasi suhu jauh lebih besar dari planet kita sendiri. Sedangkan terdingin itu telah mendapat di permukaan bumi adalah -126 ° F (-88 ° C) dan terpanas 136 ° F (58 ° C), Mars berfluktuasi antara -284 ° F (-140 ° C) dan 86 ° F (30 ° C).

Suhu rata-rata di masing-masing 57 ° F (14 ° C) di Bumi dan -81 ° F (-63 ° C) di Mars. Itulah sebuah planet yang dingin!

Badai Debu intens/Kuat

list25.com
list25.com

Badai debu di Mars adalah salah satu dari paling ganas di tata surya dan bahkan yang terbesar. Badai debu dapat menyelimuti seluruh planet dan berlangsung selama berbulan-bulan.

The Curiosity Rover

list25.com
list25.com

Salah satu tujuan utama dari NASA dikenal Curiosity Rover, saat ini berada di permukaan Mars, telah merencanakan untuk kunjungan manusia untuk planet ini. Tujuan lain untuk memahami iklim dan geologi planet ini dan menentukan apakah kehidupan pernah ada di Mars.

Gunung Tertinggi di Tata Surya

list25.com
list25.com

Gunung tertinggi di dalam tata surya, Olympus Mons, adalah gunung berapi perisai, mirip dengan yang di Hawaii dan banyak pulau-pulau Pasifik. Gunung ini berdiri di 13,2 mil (21 km) di atas permukaan laut di permukaan Mars.

Tiga kali lebih tinggi dari Gunung Everest, luas permukaan Olympus Mons sama dengan seluruh negara bagian AS dari Arizona.

Penjelajahan Pesawat Luar Angkasa Pertama ke Mars

list25.com
list25.com

Pesawat ruang angkasa pertama yang dikirim untuk mengeksplorasi Mars adalah Uni Soviet “Mars 1” pada tahun 1962. Dalam perjalanan, pengendali misi kehilangan kontak dengan kendaraan. Pesawat ruang angkasa Amerika pertama yang mencapai Mars Mariner 4 tahun 1964 yang dikirim kembali gambar pertama dari planet merah.

Air di Mars

list25.com
list25.com

Para astronom telah tahu selama bertahun-tahun bahwa air ada di Mars, terkunci di lapisan es di kutubnya. Namun, mereka baru saja menemukan garis-garis gelap di planet yang akan menunjukkan air yang mengalir. Suhu (# 16) Mars berarti air akan menjadi sangat asin agar tetap dalam bentuk cair.

Luas Tanah Mars

list25.com
list25.com

Meskipun jauh lebih kecil dari Bumi, sekitar setengah dari diameter bumi dan sepersepuluh dari massa. Mars memiliki luas lahan yang sama dengan yang di Bumi karena jumlah yang banyakl dari planet kita air. Ini hanya akan berlaku untuk kondisi saat Mars sejak lautan di Mars telah kering dan hingga beku.

Phobos, Bulan Mars yang Lebih Besar

list25.com
list25.com

Phobos, yang lebih besar dari dua bulan di Mars, orbit planet begitu cepat itu akan diatur dua kali (di timur) dan naik sekali (di barat) setiap hari.

Deimos, Bulan Mars yang Lebih Kecil

list25.com
list25.com

Deimos, bulan yang lebih kecil, sangat kecil sehingga astronot Mars akan melihatnya sebagai bulan purnama hampir sama terang seperti yang kita lihat Venus di langit malam kita. Para ilmuwan tidak yakin apakah kedua bulan ini asteroid yang ditangkap atau bulan benar.

Ukuran Mars

list25.com
list25.com

Volume Mars jauh lebih kecil dari Bumi. Lebih dari enam secara keseluruhan Mars akan mampu mengemas ke Bumi kita.

Gravitasi Mars

list25.com
list25.com

Lebih rendah gaya gravitasi di Mars berarti kamu akan dapat naik sekitar jauh lebih mudah dari pada di Bumi. Fiturnya 62,5% kurang gravitasi berarti £ 100 di Bumi yang setara dengan sekitar £ 38 di Mars.

Apakah Ada Kehidupan di Mars?

list25.com
list25.com

Bukti pendukung yang paling terkenal untuk kehidupan di Mars mengacu pada percobaan NASA pada tahun 1996 pada bebatuan di Mars yang mendarat di Bumi. Di dalamnya, para ilmuwan menemukan molekul organik yang rumit dan struktur fosil yang menyerupai mikroba yang biasa kita kenal.

Meskipun temuan ini masih kontroversial, ilmuwan saat ini umumnya percaya bahwa kehidupan memang ada di beberapa titik di Mars (dan mungkin bahkan masih ada saat ini).

Satu-satunya Planet Es yang Tertutup Lainnya

list25.com
list25.com

Selain planet kita sendiri, Mars adalah satu-satunya planet di dalam tata surya yang memiliki lapisan es di kutub. Lapisan es selatan terbuat dari es kering dan kabarnya menyerupai salju yang baru jatuh.

Mars Grand Canyon

list25.com
list25.com

Setara dengan Mars dari Grand Canyon, yang Noctis Labyrinthus (“labirin malam”) adalah daerah yang sangat bervariasi diisi dengan lembah yang curam berdinding dan lembah yang miring.

Terjebak di antara dua sangat fluktuatif, daerah techtonically-aktif dari planet ini, daerah yang  telah dibentuk oleh stres yang panas dan air selama jutaan tahun.

Bulan Mars di Jalan Kehancuran

list25.com
list25.com

Pemukiman manusia di Mars bisa terancam oleh Phobos bulan Mars, untungnya tidak untuk puluhan juta tahun sekalipun. Setiap orbitnya, Phobos ditarik lebih dekat ke Mars oleh gravitasi planet. (Ini spiral ke dalam pada 6 kaki (1,8 m) setiap 100 tahun)

Banyak ribuan tahun di masa depan, bulan kemungkinan akan menabrak Mars atau memecah di atas permukaan planet, menciptakan sebuah cincin.

Manusia Pertama di Mars

list25.com
list25.com

Dalam suatu pidato tahun 2010 di Kennedy Space Center, Presiden AS Barack Obama menyerukan Amerika untuk mendaratkan misi berawak ke Mars pada pertengahan 2030 ini, Menjadikannya tempat yang paling ambisius untuk rencana penjelajahan oleh negara manapun dalam sejarah.

Tinggalkan komentar