25 Negara dengan Tingkat Pembunuhan Tertinggi di Dunia

Negara yang diinginkan setiap orang adalah negara yang maju, aman dan damai, namun fakta yang terjadi justru sebaliknya, hal yang tidak diinginkan ini telah terjadi di negara-negara yang ada dalam daftar ini. Terdapat banyak data statistik yang membuktikan keamanan di berbagai belahan dunia menurun setiap tahun dan yang paling menakutkan adalah data statistik tingkat pembunuhan internasional yang dibuat oleh badan PBB untuk narkoba dan kejahatan serius lain. Data ini berdasarkan jumlah kasus pembunuhan per 100.000 penduduk per tahun. Inilah 25 negara dengan tingkat pembunuhan tertinggi di dunia dalam beberapa tahun terakhir.

 

Panama

list25.com
list25.com

Panama terletak di tanah genting yang menghubungkan antara Amerika Utara dan Selatan, Panama hanyalah salah satu dari banyak negara yang berada di Amerika Tengah. Menurut data statistik, jumlah pembunuhan yang terjadi di dalam negeri telah mengalami penurunan namun tingkat kriminalitas di negara ini masih sangat tinggi dan sering melibatkan kekerasan dan kontak senjata. Hal inilah yang menyebabkan Panama adalah salah negara dengan tingkat kriminalitas dan pembunuhan tertinggi di dunia.

Botswana

list25.com
list25.com

Botswana merupakan sebuah negara yang terkurung daratan di Afrika Selatan, Botswana memiliki kecenderungan yang berlawanan dengan Panama. Di negara ini, banyak pembunuhan yang terjadi setiap tahun. Pada tahun 2009, tingkat pembunuhan di negara ini adalah sekitar 14000, pada tahun 2012, sebanyak 18400 kasus yang terjadi di Batswana. Selain tentang kasus pembunuhan yang sering dilakukan di negara ini, penduduk setempat juga terjakit virus HIV AIDS.

Equatorial Guinea

list25.com
list25.com

Dengan populasi lebih dari 600 ribu penduduk, Guinea Ekuatorial adalah negara di benua Afrika yang memiliki data statistik kriminalitas tertinggi selanjutnya. Terdapat cukup banyak geng-geng narkoba, perambokan bersenjata ditambah dengan penanganan polisi yang buruk merupakan salah satu alasan utama mengapa pembunuhan serta kejahatan lainnya sangat umum terjadi di negara ini.

Nigeria

list25.com
list25.com

Nigeria adalah negara dengan sekitar 174 juta penduduk yang terpadat di benua Afrika, Nigeria terkenal dengan tingkat kejahatan dan kekerasan yang tinggi, jadi tidak mengherankan bahwa ini muncul dalam daftar negara dengan tingkat pembunuhan tertinggi di dunia. Sekitar 2 dari 10 orang di Nigeria menjadi korban pembunuhan setiap tahunnya. Selain itu, praktek kekerasan, pemerkosaan, kekerasan dalam rumah tangga atau bahkan perbudakan adalah hal-hal umum di negara kulit hitam ini.

Dominika

list25.com
list25.com

Dominika dihuni oleh hampir 70 ribu penduduk tetap, Dominika adalah salah satu negara terkecil di dunia namun ketika berbicara tentang tingkat pembunuhan, negara tujuan wisata Karibia yang populer ini tidak kalah dengan negara-negara lain yang jauh lebih besar. Bahkan wisatawan sering mengalami perampokan atau perilaku agresif lainnya. Penduduk setempat sering bersenjatakan parang tapi senjata tersebut digunakan untuk memotong tanaman dan tidak untuk membunuh orang.

Mexico

list25.com
list25.com

Dengan luas total wilayah hampir 2 juta kilometer persegi (lebih dari 760.000 mil persegi) Mexico merupakan negara terbesar kelima di Amerika, Meksiko terkenal karena masalah yang sangat besar dengan perdagangan narkoba dan kriminalitas terkait yang terkait dengan tinggkat pembunuhan yang tinggi. Mereka adalah penjahat yang sangat brutal, pembunuhan sering dilakukan hanya untuk mengintimidasi geng narkoba lain.

Saint Lucia

list25.com
list25.com

Saint Lucia adalah negara dengan populasi penduduk sekitar 175.000 orang, Saint Lucia adalah negara lain Karibia kecil yang, selain dari keindahan alam yang menakjubkan dan pantai yang luar biasa, juga dikenal dengan tingkat pembunuhan yang sangat tinggi dan jumlahnya masih terus berkembang. Pada tahun 2007 tercatat ada sekitar 27 pembunuhan yang dilaporkan di negara ini, kemudian hanya empat tahun setelah itu, jumlahnya meningkat hampir dua kali lipat lebih banyak.

Republik Dominika

list25.com
list25.com

Republik Dominika adalah negara Karibia terbesar kedua yang merupakan rumah bagi hampir 10 juta orang yang sering mengalami ketakutan akan keselamatan mereka. Pembunuhan di negara ini sering dikaitkan dengan perdagangan narkoba sejak Republik Dominika berfungsi sebagai stasiun transit untuk obat dari Kolombia ke benua Eropa dan Amerika Serikat. Negara ini juga banyak mendapat kecaman karena memberikan hukuman yang ringan bagi para penjahat yang tertangkap.

Rwanda

list25.com
list25.com

Rwanda merupakan negara yang terletak di antara Afrika Tengah dan Afrika Timur. Rwanda telah mengalami salah satu genosida yang paling mengerikan dan menakutkan dalam sejarah manusia, di negara ini membunuh orang merupakan hal yang umum. Namun tingginya angka pembunuhan bukan satu-satunya masalah yang terjadi di Rwanda, masih banyak jenis kejahatan dan kekerasan seperti pemerkosaan atau perampokan yang dilakukan di negara ini.

Brazil

list25.com
list25.com

Dengan populasi lebih dari 200 juta, Brasil adalah salah satu negara terbesar dan paling padat penduduknya, negara ini juga ada dalam daftar kriminal tertinggi di dunia. Jumlah penduduk yang besar juga berdampak pada tingkat pembunuhan yang tinggi pula. Pada tahun 2012 saja, hampir 65 ribu orang tewas di negara tersebut. Perdagangan narkoba dan alkohol adalah salah satu penyebab utama tingginya tingkat pembunuhan yang terjadi di negara ini.

Saint Vincent dan Grenadines

list25.com
list25.com

Menempati area seluas hampir 390 kilometer persegi (150 mil persegi), Saint Vincent dan Grenadines adalah salah satu dari negara Karibia kecil dengan tingkat pembunuhan yang sangat tinggi. Statistik menunjukkan bahwa pembunuhan, perkosaan, perampokan, penyerangan diperburuk dan pencurian juga kejahatan cukup umum dilakukan di Saint Vincent dan Grenadines.

Republik Democratik Kongo

list25.com
list25.com

Terletak di Afrika Tengah, Republik Demokratik Kongo adalah negara yang sangat kaya akan sumber daya alam, tetapi ketidakstabilan politik, perang saudara, kurangnya infrastruktur dan korupsi yang meluas telah menciptakan tempat berkembang biak bagi kriminalitas besar dengan tingkat pembunuhan yang sangat tinggi.

Trinidad dan Tobago

list25.com
list25.com

Trinidad dan Tobago adalah negara terkaya ketiga per kapita di Amerika setelah Amerika Serikat dan Kanada, hal itu membuat negara ini diakui sebagai negara berpenghasilan tinggi. Namun negara Karibia ini telah masuk dalam daftar negara-negara dengan tingkat pembunuhan tertinggi di dunia. Dalam beberapa tahun terakhir, rata-rata, lebih dari 28 dari 100 ribu orang telah dibunuh setiap tahunnya.

Bahamas

list25.com
list25.com

Sebuah negara mantan mahkota koloni Inggris, Bahama adalah sebuah negara pulau yang terdiri dari lebih dari 700 pulau di Samudra Atlantik. Meskipun negara yang relatif kaya dengan ekonomi berbasis pada pariwisata dan keuangan, Bahama telah menjadi negara yang sama dengan negara-negara di Karibia. Pada tahun 2013, 120 orang tewas di negara itu, yang memberikan kontribusi terhadap tingkat pembunuhan rata-rata hampir 30.

Colombia

list25.com
list25.com

Terletak di barat laut Amerika Selatan, Kolombia terkenal dengan produksi obat dan perdagangan. Ini, ditambah dengan masyarakat yang sangat terpisah, dibagi antara keluarga kaya keturunan Spanyol dan mayoritas Kolombia miskin, telah menyebabkan banyak warga lokal terlibat tidak hanya dalam pembunuhan tetapi juga penculikan, perampokan, penyerangan dan diperburuk dengan kejahatan lainnya.

Afrika Selatan

list25.com
list25.com

Afrika Selatan merupakan negara dengan julukan “The Rainbow Nation”. Afrika Selatan adalah rumah bagi sekitar 54 juta orang. Negara ini memiliki tingkat pembunuhan yang sangat tinggi, penyerangan, perkosaan dan kejahatan lainnya. Statistik yang diterbitkan oleh polisi setempat menunjukkan bahwa sekitar 50 orang di Afrika Selatan, dibunuh setiap hari. Ini adalah jumlah yang mengkhawatirkan. Namun tingkat pembunuhan tersebut berangsur-angsur menurun.

Saint Kitts dan Nevis

list25.com
list25.com

Terletak di Hindia Barat, Saint Kitts dan Nevis adalah negara berdaulat terkecil di Amerika. Dengan populasi penduduk 50.000 orang yang tinggal di negara kecil ini, ada sejumlah besar orang-orang yang tidak keberatan untuk membunuh orang lain. Dengan tingkat rata-rata 33,6 pembunuhan per 100.000 orang, Saint Kitts dan Nevis menempati peringkat ke-9.

Kerajaan Swaziland

list25.com
list25.com

Sebagian besar wilayahnya dikelilingi oleh Afrika Selatan, Swaziland, dengan populasi lebih dari 1 juta, adalah salah satu negara terkecil di Afrika. Namun angka yang berkaitan dengan terjadinya pembunuhan masih jauh dari kecil di Swaziland. Bukan hanya kriminalitas besar tapi juga kemiskinan dan penyakit seperti HIV AIDS dan TBC yang ekstrim, harapan hidup rata-rata masyarakat setempat diperkirakan hanya 50 tahun.

Lesotho

list25.com
list25.com

Lesotho adalah negara lain Afrika kecil yang terletak di Afrika Selatan. Terlepas dari lokasi dan ukuran,  tingkat pembunuhan di negara ini tidak terkendali. Hampir setengah dari penduduk negara ini hidup di bawah garis kemiskinan yang ikut bertanggung jawab atas kriminalitas yang sangat besar dan tingkat pembunuhan per tahunnya.

Jamaika

list25.com
list25.com

Menempati area seluas 11.000 kilometer persegi (4.250 mil persegi), Jamaika merupakan negara lain dari Karibia. Selama bertahun-tahun, negara ini telah terkenal karena memiliki salah satu tingkat pembunuhan tertinggi, statistik terbaru oleh badan PBB untuk Narkoba dan Kejahatan telah mengkonfirmasi bahwa, pembunuhan, kejahatan dan kekerasan sangat sering terjadi di kota-kota besar seperti Kingston, ibukota Jamaika.

Guatemala

list25.com
list25.com

Dengan populasi hampir 16 juta penduduk, Guatemala adalah negara terpadat di Amerika Tengah. Dengan rata-rata sekitar 100 pembunuhan yang dilakukan setiap bulan, Guatemala menempati peringkat sebagai negara dengan tingkat pembunuhan tertinggi ke-5 di dunia. Pada tahun 1990-an, misalnya, kota Escuintla memiliki tingkat tahunan dari 165 pembunuhan per 100.000 orang.

El Salvador

list25.com
list25.com

El Salvador adalah negara Amerika Tengah dan rumah bagi sekitar 6,3 juta orang. Tingkat pembunuhan yang sangat tinggi di negara ini ditandai dengan kejahatan geng-terkait kejadian yang signifikan dan kenakalan remaja. Pada tahun 2004, misalnya, sebanyak 60% dari pembunuhan yang dilakukan di Salvador dilakukan oleh geng lokal yang bersaing untuk perebutan kekuasaan dan wilayah.

Belize

list25.com
list25.com

Dengan luas 22.800 kilometer persegi (8.800 mil persegi) dan populasi sekitar 340.000 orang, Belize adalah negara paling padat penduduknya di Amerika Tengah. Meskipun memiliki keindahan alam yang menakjubkan, negara ini masih jauh dari tempat yang baik untuk hidup. 45 pembunuhan per 100.000 orang membuat Belize menjadi salah satu negara paling berbahaya di dunia. Pembunuhan sangat sering terjadi di kawasan kota Belize di mana, pada tahun 2007, setengah dari semua pembunuhan terjadi di tahun tersebut.

Venezuela

list25.com
list25.com

Terletak di pantai utara Amerika Selatan, Venezuela dikenal sebagai salah satu eksportir minyak utama tetapi juga sebagai negara dengan tingkat pembunuhan yang sanagt tinggi. Tahun lalu, hanya 19% penduduk setempat yang merasa aman ketika berjalan sendirian di malam hari. Setiap tahun, lebih dari 50 orang dari 100.000 tewas di Venezuela dan nomor telah terus berkembang selama dekade terakhir.

Honduras

list25.com
list25.com

Honduras merupakan rumah bagi sekitar 8,25 juta orang dan memiliki tingkat pembunuhan tertinggi dari semua negara di dunia. Tingkat rata-rata pembunuhan di negara ini tidak tertandingi, dari 90,4 pembunuhan per 100.000 orang, berarti bahwa di negara ini hampir setiap 1 dari 1000 orang terbunuh. Wisatawan sering menjadi sasaran sebagai korban berbagai kejahatan dan kekerasan.

Tinggalkan komentar