3 Macam Rambut yang Harus Diperhatikan

Sejak lahir di dunia manusia normal sudah ditumbuhi rambut dan bulu. Pada hari ketujuh setelah lahir di dunia, rambut bayi disunnahkan dipotong dan bersedekah emas atau perak seberat rambut yang dipotong. Rambut menjadi bagian penting manusia, rambut adalah mahkota keindahan. Biaya perawatan rambut mahal tak menjadi masalah asalkan terlihat menawan.

3 Macam Rambut yang Harus Diperhatikan

Rambut dan bulu yang tumbuh wajib diperhatikan agar tidak mengganggu kesehatan dan tidak rusak. Ada 3 macam rambut dan bulu yang harus diperhatikan, apakah rambut tersebut dibiarkan tumbuh atau dihilangkan.

1. Rambut yang diperintahkan dihilangkan

Penghilangan rambut dimaksudkan untuk menjaga kebersihan, yang mempengaruhi kesehatan dan kejiwaan seseorang. Yang wajib dicukur adalah bulu kemaluan dan kumis, sedangkan bulu ketiak disunnahkan dicabut. Minimal dalam rentang 40 hari rambut-rambut tersebut dihilangkan.

2. Rambut yang dilarang dihilangkan

Rambut yang dilarang dihilangkan adalah yang tumbuh di pipi dan di bawah dagu atau sering disebut jenggot pada laki-laki. Sejak laki-laki pertama kali ada di dunia sampai hari ini, semuanya memiliki jenggot. 25 nabi yang dikenal umat Islam juga memelihara jenggot. Maka sesuatu yang lucu ketika orang beragama Islam tidak menyukai jenggot, karena jenggot menjadikan diri lebih dekat dengan Ilahi.

3. Rambut selain kedua di atas

Rambut yang tumbuh di tubuh manusia selain yang disebut di atas boleh dihilangkan atau dipelihara, karena tidak ada perintah atau larangan mengenai hal ini. Bulu yang tumbuh di tangan, kaki, atau di punggung maupun dada boleh dihilangkan atau dibiarkan saja. Bila terasa mengganggu boleh dihilangkan dengan cara dicukur atau dicabut.

Pengetahuan tentang rambut ini berguna supaya terhindar dari dosa dan tetap menjaga fitrah. Rambut yang diperintahkan dihilangkan tapi kenyataannya dibiarkan terus tumbuh, serta rambut yang seharusnya dipelihara tapi malah dihilangkan, maka pelakunya akan mendapatkan dosa.

Tinggalkan komentar