3 Menu Sayur Lodeh yang Nikmat untuk Makan Siang

Sayur lodeh merupakan salah satu jenis sayur yang ada di Indonesia. Sayur yang satu ini mempunyai variasi bumbu dan kuah. Kuahnya ada yang berwarna putih, ada juga yang berwarna merah.

Bahan yang digunakan untuk membuat sayur lodeh biasanya adalah labu siam atau jipang, kacang panjang, terong, tempe, cabe dan petai. Untuk kuahnya sayur lodeh menggunakan santan, sehingga menghasilkan rasa yang gurih dan sedap.

Untuk menikmati sayur lodeh ini, paling cocok kalau sama nasi dipadukan dengan ikan tongkol dan telur asin. Makin mantab lagi kalau ditambah sambel sama krupuk.

Ternyata, ada beberapa jenis sayur lodeh yang berbeda di tiap daerahnya. Mungkin nggak begitu beda sih, cuma sedikit ada tambahan bumbu atau bahan yang digunakan saja. Kalau kamu mau tau, ini nih, ada beberapa resep sayur lodeh yang nikmat.

 

Sayur Lodeh Jawa

resepmasakanbaru.com
resepmasakanbaru.com

Sayur lodeh yang satu ini resepnya berasal dari daerah Jawa. Maksudnya Jawa di sini maksudnya bukan pulau Jawa ya, tapi Jogja dan sekitarnya.

Kamu bisa nih bikin lodeh khas Jawa ini, tinggal catet aja resep sama langkahnya. Terus langsung praktek deh bikin sayur lodehnya.

Bahan:

  • 1 buah jagung manis yang sudah dipotong sesuai selera
  • 10 tangkai kacang panjang yang sudah dipotong kira-kira 4 cm
  • 4 buah jagung muda yang sudah dikupas dan diiris tipis
  • 1 buah labu siam (jipang) berukuran sedang yang sudah dipotong kotak
  • 1 buah wortel yang sudah diiris tipis
  • Daun melinjo secukupnya
  • 1 genggam kulit buah melinjo
  • 1 buah terong ungu yang sudah dipotong kotak
  • 1 potong nangka muda yang sudah dipotong kotak
  • 1 tangkai petai (jika suka) yang sudah dikupas kulitnya
  • 1 buah tempe yang sudah dipotong kotak
  • 1 sdt terasi
  • 1 sdm ebi
  • 2 cm lengkuas yang sudah dimemarkan
  • 3 lembar daun salam
  • 200 ml santan
  • Garam secukupnya
  • Gula pasir secukupnya

Bahan yang diiris tipis:

  • 3 siung bawang putih
  • 4 butir bawang merah
  • 3 buah cabai hijau
  • 4 buah cabai merah keriting
  • 8 buah cabai rawit merah

Cara membuat:

  1. Masak air sampai mendidih, kemudian masukan bahan yang diiris.
  2. Tambahkan wortel dan jagung, tunggu sampai wortel berubah warna dan terlihat setengah matang.
  3. Masukkan labu siam, kacang panjang, nangka muda, kulit melinjo, jagung muda, terong dan petai.
  4. Setelah terlihat setengah matang kecilkan api, lalu tuang santan sambil terus diaduk.
  5. Masukkan gula bersama garam, masak sampai mendidih.
  6. Setelah mendidih, masukkan daun melinjo dan masak sebentar, lalu matikan kompor.
  7. Sayur lodeh siap untuk dihidangkan.

Itu dia resep sayur lodeh Jawa, jangan cuma dibaca aja ya, cobain dibuat juga tuh.

Sayur Lodeh Sunda

tukangresep.com
tukangresep.com

Nah, kalau yang ini sayur lodehnya merupakan khas dari Sunda. Bahan-bahan yang dibutuhkan nggak jauh beda kok. Masih praktis, murah dan mudah didapat. Cara membuatnya pun juga nggak sulit, dari pada kepanjangan ngelanturnya, kamu lihat aja ya resepnya.

Bahan:

  • 1 buah terong ungu yang sudah dipotong dadu
  • 1 buah labu siam berukuran besar yang sudah dipotong dadu
  • 150 gram kacang panjang yang sudah dipotong sesuai selera
  • 1 buah jagung manis yang sudah dipotong sesuai selera
  • 200 ml santan
  • Daun melinjo secukupnya
  • Kulit melinjo secukupnya
  • 1 buat tomat yang sudah dipotong sesuai selera
  • 400 ml air
  • 1 sdt gula merah
  • 1 sdt garam

Bumbu yang dihaluskan:

  • 3 siung bawang putih
  • 4 butir bawang merah
  • 2 cm lengkuas
  • 4 butir kemiri
  • 1 sdt gula merah
  • ½ sdt terasi

Cara membuat:

  1. Panaskan minyak secukupnya, lalu masukan semua bumbu yang telah dihaluskan.
  2. Tumis bumbu sampai tercium aroma yang sedap, lalu angkat dan sisihkan.
  3. Didihkan air, lalu masukan sayuran yang sudah dicuci bersih dan dipotong-potong.
  4. Masukkan bumbu yang telah ditumis, lalu tambahkan santan, garam, gula merah dan tomat.
  5. Terus aduk sampai mendidih dan matang.
  6. Sayur lodeh khas Sunda siap disajikan.

Sayur Lodeh Betawi

resep-ids.blogspot.com
resep-ids.blogspot.com

Nah, sekarang resep yang terakhir, berasal dari Betawi. Langsung aja disimak resep dan cara membuatnya.

Bahan:

  • Sayuran lodeh: terong ungu, kacang panjang, oyong, daun melinjo, kulit melinjo, labu siam dan jagung manis secukupnya
  • 150 gr tempe yang sudah dipotong dadu
  • 1 potong lengkuas yang sudah dimemarkan
  • 1 batang serai yang sudah dimemarkan
  • 3 lembar daun jeruk purut
  • 700 ml santan cair
  • 200 ml santan kental dari 1 butir kelapa

Bumbu yang dihaluskan:

  • 3 buah cabe merah
  • 4 siung bawang putih
  • 5 buah bawang merah
  • 1 cm terasi
  • 2 cm kunyit
  • 1 sdt ketumbar
  • 4 butir kemiri yang sudah dibakar
  • Garam secukupnya
  • Gula pasir secukupnya

Cara membuat:

  1. Cuci sampai bersih sayuran yang akan dimasak, lalu potong sesuai selera.
  2. Masak santan cair bersama dengan sayuran yang sudah dipotong dan tempe sampai setengah matang.
  3. Masukkan bumbu yang telah dihaluskan, serai, lengkuas dan daun jeruk purut, lalu masak sampai mendidih.
  4. Tuangkan santan kental, sambil terus diaduk rata sampai semua bahan matang.
  5. Sayur lodeh khas Betawi siap disajikan.

Tinggalkan komentar