3 Tips Jitu Foto yang Tercipta dari Imajinasi Fotografer

Jaman ini, fotografi terus menampakan jati dirinya, sebuah perkembangan yang cukup pesat. Bisa kita lihat hampir seluruh lapisan masyarakat mengenal dan berinteraksi ria dengan dunia fotografi, tak terkecuali dari potret memotret ini hampir sudah menembus batas usia, gender, bahkan tingkat ekonomi masyarakat umum. Fenomena ini berkembang pesat saat teknologi kamera smart phone semakin marak bermunculan.

Namun pada artikel ini tidak akan membahas hal-hal tersebut, pada artikel ini akan membahas hal yang jauh lebih mendasar dari ketiga hal tersebut yaitu membangun dan melatih daya imajinasi dan sensitifitas “rasa” dalam melihat sebuah objek foto.

Seorang fotografer berusaha mencipta sebuah gambar dalam imajinasinya sebelum menekan tombol shutter pada kamera, hal ini akan menghasilkan originalitas rasa dalam foto tersebut.

Fotografer juga akan mampu menyampaikan kepada penikmat foto hal apa yang akan disampaikan dalam foto tersebut baik pesan moral, keindahan atau sebuah cerita lain dalam foto tersebut.

Dalam ilmu fotografi yang mendasar, ada 3 hal yang wajib kita dipelajari  diantaranya sebagai berikut.

 

Segitiga Exposure

Wahyuaurora.com
Wahyuaurora.com

Segitiga Exposure meliputi Iso, Aperture dan Shutter Speed untuk mengatur pecahayaan dari berbagai Angle.

Angle

reuters.com
reuters.com

Angle atau dalam pengertiannya adalah “sudut pengambilan gambar”. Dimana seorang fotografer dituntunt untuk bisa mengambil potret dari sudut pandang yang menjadikan momen dengan sebagi nilai tambahnya.

Jika ingin mencobanya, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan sebelum mengambil foto sebuah objek yaitu :

  • Pertama amatilah objek yang akan difoto, termasuk apa yang indah/unik/bagus dari objek foto tersebut
  • Lalu mulai pilih hal yang indah/unik/bagus tesebut sebagai objek utama
  • Ingat, selalu berfikir apa yang akan disampaikan dalam foto tersebut
  • Setelah itu mulai eksekusi dengan tenang dan tidak terburu-buru
  • Jika sudah coba kamu lihat hasilnya di layar kamera, apakah sudah sesuai dengan apa yang ada diharapkan?
  • Jika belum, lakukan kembali atau ulangi lagi sampai mendekati apa yang ada dalam imajinasimu.

Komposisi

reuters.com
reuters.com

Komposisi merupakan suatu kesatuan dari beberapa teknik pengambilan foto yang menyesuaikan letak ruangan, sehingga pada pengambilan gambar sesuai dengan apa yang kita harapkan.

Sebagai contoh adalah foto di atas ingin menunjukan keindahan langit dan bentuk jembatan yang indah, maka terciptalah foto tersebut, di mana pola/kurva jembatan mengantarkan mata orang yang melihat foto kepada keindahan langit.

Fotografi adalah seni bukan sesuatu yang eksak, sehingga tidak ada kata benar dan salah, tapi suka atau tidak suka, sehingga penilaian atas sebuah hasil foto akan sangat beragam. Dalam masa latihan jangan sungkan untuk berdiskusi dan meminta masukan dari keluarga, teman dekat atau sesama pecinta dunia fotografi, dengan demikian kemampuan menghasilkan foto yang indah akan terus berkembang, jangan takut hasil foto dinilai kurang bagus, karena proses belajar tak pernah berakhir, tetap semangat dan tetap menghasilkan keindahan dalam sebuah foto.

 

Satu pemikiran pada “3 Tips Jitu Foto yang Tercipta dari Imajinasi Fotografer”

  1. Ternyata untuk menjadi fotografer yang professional harus mamahami tips dasar diatas. Namun bagi mereka yang sekedar mengkoleksi apa yang ditemui untuk didokumentasikan, cukup menggunakan ponsel khususnya android. Terimakasih atas ulasan terbaiknya, semoga dapat membantu kami para pecinta fotografi 🙂

Tinggalkan komentar