4 Cara Menghilangkan Jerawat pada Bayi

Jerawat adalah suatu penyakit berupa bintik-bintik atau benjolan yang terdapat pada wajah. Biasanya penyakit ini terdapat pada remaja atau mereka yang mulai menginjak dewasa. Namun, jerawat juga bisa menyerang bayi loh. Mungkin sebagian dari kamu bertanya, ko bisa ya jerawat terdapat pada bayi? Ternyata, hal ini terjadi karena pengaruh perubahan hormon pada sang ibu selama proses kehamilan. Jerawat pada bayi sendiri biasanya muncul pada dagu, dahi dan pipi. Adapun bentuk dari jerawat pada bayi bisa berupa bintik-bintik kecil kemerahan, biasanya muncul setelah berumur 3-4 minggu sesudah kelahiran.

Jika terjadi jerawat pada bayi, jangan panik. Kamu bisa mempelajari cara merawat bayi yang baru lahir. Saat jerawat itu sendiri ada, kamu hanya perlu melakukan beberapa cara ini untuk bisa mengatasi jerawat pada bayi.

 

Bersihkan Wajah Bayi

bambinaku.com
bambinaku.com

Hal pertama yang bisa kamu lakukan untuk melakukan penanganan jerawat pada bayi adalah dengan cara membersihkan mukanya terlebih dahulu. Gunakanlah air hangat untuk membersihkannya sebanyak 2-3 kali sehari. Dengan hal sederhana ini jerawat pada bayi bisa hilang dengan sendirinya, namun dengan catatan kamu harus selalu rutin membersihkan wajahnya.

Perhatikan Kebersihan

beranekawarna.blogspot.com
beranekawarna.blogspot.com

Perhatikanlah kebersihan kulit dan tubuh bayi itu sendiri, jangan sampai bayi terkena bakteri atau biang keringat. Saat selesai mandi, kamu bisa membersihkannya menggunakan handuk lembut yang hangat. Pada bagian yang berjerawat, kamu harus perlahan membersihkannya. Hal ini dilakukan agar kulit tidak mengalami iritasi serta lecet.

Hindari Memencet Jerawat Bayi

buahhati.co.id
buahhati.co.id

Kalau ada jerawat pada muka, biasanya tangan kita gatal untuk memencetnya, termasuk mungkin jerawat yang ada pada bayi kita . Jangan sesekali kamu memencetnya, sebab hal ini bisa menyebabkan iritasi atau luka permanen pada kulit bayi. Selain itu, keadaan pun bisa semakin parah karena kuman dan bakteri yang ada pada tangan ikut menempel pada wajah bayi karena bersentuhan dengan tangan kamu.

Hindari Penggunaan Lotion

katalogibu.com
katalogibu.com

Maksud hati ingin bisa menyembuhkan jerawat pada bayi, yang ada ternyata semakin parah. Hal ini biasanya terjadi karena penggunaan lotion yang berlebihan. Usahakan penggunaan lotion untuk mengatasi jerawat pada bayi itu harus mendapat izin dulu dari dokter. Sebab, pada lotion itu terdapat banyak sekali bahan kimia didalamnya. Jika penggunaannya tidak sesuai dengan takaran atau dosis yang ditentukan, tentu ini malah akan semakin membuat jerawatnya semakin parah.

Tinggalkan komentar