4 Langkah Untuk Manajemen Waktu yang Lebih Baik

Bagi anak sekolahan, dari kelas ke pertandingan basket hingga berbagai les tambahan. Bagi anak kuliahan, dari kampus ke seminar hingga berbagai macam aksi. Bagi orang kantoran, dari urusan rumah ke tugas lembur hingga berbagai deadline kerja. Rasanya sulit untuk dapat tidur tepat waktu.

Saat hari-hari begitu penuh dari jadwal yang satu ke jadwal yang lain, maka tidak heran jika tingkat stres meningkat. Berikut adalah beberapa langkah untuk mengelola waktu secara bijak.

 

Menyelesaikan pekerjaan yang benar dengan baik

Mengerjakan pekerjaan yang benar untuk menyelesaikannya dengan baik
cwsi.net.br

Lebih dari pekerjaan selesai, tetapi juga pekerjaan yang benar dan selesai dengan baik serta bagaimana perasaan kita ketika menyelesaikannya. Seringkali kita menyelesaikan sebuah pekerjaan dalam ketergesaan, atau pekerjaan yang sesuai mood saja, atau pekerjaan yang ringan, cepat dan mudah, hanya agar kita dapat berkata ‘aku telah mengerjakan sesuatu’. Hal ini hanya akan memberikan kepuasan palsu kepada diri kita.

Buat prioritas untuk menentukan pekerjaan mana yang didahulukan

Di antara sekian banyak pekerjaan, mana yang paling mendesak dan penting dikerjakan saat ini?
dumblittleman.com

Diri kita sendiri yang tahu tentang pekerjaan mana saja yang penting bagi kita. Tentunya dengan tidak mengabaikan kepentingan orang lain, jika pekerjaan itu melibatkan banyak orang. Adanya prioritas akan mencegah kita bertindak buru-buru yang justru akan membuat pekerjaan kita tidak selesai dengan baik. Tentukan berdasarkan pekerjaan mana saja yang mendesak dan penting untuk dikerjakan saat ini.

Catat jadwal-jadwal yang pasti ke dalam buku agenda

Catat jadwal rutin
huffingtonpost.com

Tentunya, kita memiliki beberapa jadwal rutin dalam sehari hingga seminggu, mulai dari jadwal rapat, janji, atau proyek kerja. Ketika tiba-tiba ada jadwal dadakan, kita bisa menentukan sikap. Apakah menerima atau menolaknya, tergantung seberapa penting jadwal rutin kita.

Tentukan waktu yang pasti dalam menyusun jadwal

Berapa lama waktu yang kamu butuhkan untuk mengerjakan masing-masing pekerjaan?
lifehack.org

Bukan hanya menulis jadwal pekerjaan, tetapi juga penting untuk mengalokasikan waktu pengerjaannya. Melalui cara ini kita akan mengontrol jadwal sesuai waktu yang kita kehendaki, bukan kita yang disetir oleh jadwal. Kita juga akan mencegah diri dari sifat perfeksionis karena ada batasan waktu untuk setiap pekerjaan.

Tinggalkan komentar