4 Makanan Khas Jawa Tengah yang Terkenal Kelezatannya

Membicarakan tentang makanan pasti tidak akan ada hentinya. Makanan merupakan bagian pokok dan penting dalam kehidupan sehari-hari manusia. Di saat sekarang ini makanan dapat menjadi sebuah destinasi wisata yang dapat dimanfaatkan dan dikelola dengan baik. Beragam jenis makanan dapat dibentuk beraneka macam untuk menarik minat konsumen.

Namun tak hanya bentuk dan rupa yang menarik, tetapi rasa pun tetapa menjadi kualitas nomor satu dalam hal makanan. Di Indonesia sangat beragam jenis makanan, dari makanan tradisional sampai jenis makanan modern. Kali ini saya akan membahas mengenai apa sih makanan-makanan khas kuliner Jawa Tengah.

Dijawa Tengah sendiri banyak sekali makanan khasnya, bahkan hampir disetiap kota mempunyai kuliner uniknya sendiri-sendiri. Saya akan membahas beberapa makanan saja yang terkenal sebagai kuliner khas Jawa Tengah.

Tempe Mendoan

tempe-mendoan
resepkecilku.net

Tempe mendoan ini berasal dari kota Banyumas. Mendoan terbuat dari bahan dasar tempe yang dicampur dengan tepung dan bumbu khas lalu digoreng hingga kering. Tempe ini cukup lebar dan biasa disajikan dengan ditemani sambal hitam ataupun cabe rawit segar.

Telur Asin

telur-asin
pondokcerita-gesangsari.blogspot.com

Ini merupakan kuliner khas kota Brebes. Hampir di sepanjang jalan pantura di daerah Brebes banyak dijumpai sentra penjualan telur asin. Selain rasanya yang gurih dan enak, telur ini juga memiliki kandungan gizi seperti protein dan vitamin.

Brekecek

brekecek
aparwit.blogspot.com

Jenis makanan yang mempunyai nama yang sedikit unik dan aneh. Makanan ini dibuat dari bahan utama ikan pathak atau ikan jahan dan diberi bumbu rasa rica-rica. Ada yang kering ada juga yang diberi kuah. Makanan ini adalah kuliner khas derah Cilacap.

Sroto Purbalingga

sroto-purbalingga
kompasiana.com

Iya dari namanya pasti sudah diketahui kalau makanan ini pasti jenis makanan yang berasal dari Purbalingga. Sroto atau soto adalah makanan yang banyak dijumpai diIndonesia, bahkan disetiap kota mempunyai ciri khas soto daerahnya masing-masing.

Yang unik dan berbeda dari soto ini dengan soto daerah lain adalah taburan kacang dan krupuk putih diatasnya. Sroto Purbalingga ini juga mempunyai nama lain yang yaitu Sroto Kriyik, karena jika dimakan akan berbunyi kriyik-kriyik dari krupuk dan kacangnya.

Itulah sedikit pembahasan mengenai makanan khas Jawa Tengah, semoga dapat membantu kamu yang jika ingin belibur kesana mencicipi makanan tersebut.

Tinggalkan komentar