Menu Makanan 4 Sehat 5 Sempurna

Makan merupakan suatu kegiatan untuk memenuhi kebutuhan kita. Kalau nggak makan, tubuh akan kekurangan zat gizi lalu menjadi lemah dan gampang terserang penyakit.

Nah, makan itu juga nggak boleh sembarangan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Jadi, jangan cuma asal kenyang aja kalau makan. Aspek nutrisi dan kebutuhan gizi kita juga harus diperhatikan. Kalau kamu memiliki badan yang gemuk, berarti perlu mengurangi asupan makanan. Sebaliknya, kalau badan kamu kurus, asupan makanan kamu harus ditambah.

Ada cara untuk mengatur pola makanan kita, biasa dikenal dengan empat sehat lima sempurna. Buat kamu yang tumbuh di tahun 90-an pasti tau banget nih. Nah, lalu apa aja sih empat sehat lima sempurna itu?

 

Makanan Pokok

wikipedia.org
wikipedia.org

Makanan utama yang paling banyak porsinya di empat sehat lima sempurna adalah makanan berkarbohidrat. Makanan yang berfungsi sebagai sumber tenaga bagi kita.

Contoh makanan pokok adalah nasi, jagung, gandum, kentang, oat, sagu dan umbi-umbian. Nah, kalau di Indonesia, yang menjadi makanan pokok adalah nasi. Walaupun ada beberapa daerah yang masih makan selain nasi. Contohnya di daerah timur Indonesia yang masih memakan sagu sebagai makanan pokoknya.

Lauk-Pauk

Dada Ayam
bigoven.com

Nah, makanan selanjutnya yang ada di empat sehat lima sempurna adalah lauk. Kamu pasti makan pakai lauk kan? Kalau lauknya enak, pasti porsi makan kamu akan bertambah, lebih banyak dari pada sebelumnya.

Lauk merupakan makanan yang fungsinya untuk memenuhi kebutuhan protein. Nah, protein ini berfungsi sebagai zat pembangun. Contoh lauk-pauk adalah tahu, tempe, telur, ikan, ayam, daging dan teman-temannya.

Sayur-Mayur

Sayur Mayur
obatsakit2011.blogspot.com

Makan sayur itu sangat baik untuk kesehatan pencernaan. Maka dari itu, sayur mayur masuk dalam empat sehat lima sempurna. Makan sayur ini akan memenuhi kebutuhan kita akan serat.

Sayur ini ada banyak banget macamnya, bahkan dengan satu bahan saja dapat dibuat menjadi berbagai macam menu. Nah, contohnya seperti bayam, kangkung, sawi, terong, tomat, kacang panjang dan masih banyak laig yang lainnya.

Buah-buahan

Buah-buahan segar
sunpride.co.id

Nah, kalau buah-buahan ini mirip-mirip dengan sayur. Kebanyakan orang menggunakan buah sebagai pencuci mulit. Padahal, makan buah itu baiknya malah sebelum makan berat, kira-kira satu sampai setengah jam sebelum makan.

Fungsi mengonsumsi buah-buahan adalah untuk memenuhi kebutuhan vitamin tubuh. Contoh buah-buhan juga ada banyak banget misalnya seperti jambu biji, dondong, salak, apel, durian, delima, markisa, manggis dan masih banyak lagi lainnya.

Susu

Manfaat Susu Kambing Etawa
hswstatic.com

Nah, ini adalah menu terakhir dari empat sehat lima sempurna. Susu merupakan penyempurna dari keempat menu sebelumnya. Jadi kalau misalnya kamu nggak minum susu juga nggak apa-apa sih.

Selain susu itu harganya cukup mahal, ada beberapa orang yang alergi kalau minum susu. Jadi, susu hanya digunakan sebagai pelengkap makanan kita saja. Tidak harus ada setiap hari, tapi kalau ada juga nggak masalah.

Tinggalkan komentar