5 Cara Alternatif Agar Belajar Bahasa Inggrismu Lebih Efektif dan Menyenangkan

Status bahasa Inggris kini telah dijadikan sebagai bahasa kedua atau bahasa ketiga setelah bahasa daerah terkadang membuat kita agak kesulitan untuk menguasainya dengan baik. Meskipun sejak duduk di bangku SD kita telah akrab dengan bahasa asing ini.

Sayangnya, berbagai halang rintang selalu saja ada ketika kita ingin bercakap-cakap dalam bahasa Inggris secara luwes. Listening merupakan salah satu tantangan utama kita dalam mendengar pengucapan kalimat bahasa Inggris.

Jadi, buat kamu yang memang benar-benar ingin serius memperbaiki pengucapan dan kosakata bahasa Inggrismu. Sekarang ngga usah bigung lagi menentukan gimana caranya meningkatkan skill listening-mu. Cukup simak beberapa poin tips dibawah ini.

 

Kuasai Pengucapan dan Ejaan Alfabet Bahasa Inggris

Pronounciation
atlantablackstar.com

Sebelum menuju ke tahap listening seperti menonton film atau mendengar lagu, pastikan kamu memiliki kemampuan ejaan dan pengucapan alfabet yang bagus dan benar.

Hal ini dikarenakan adanya perbedaan cara pengucapan atau pengejaan antara bahasa Inggris dengan bahasa Indonesia. Semisal huruf “A” yang dibaca “E” dalam bahasa Inggris. Sehingga kata “Ant” diucapkan menjadi “Ent“.

Ajaklah Temanmu Mengobrol Berbahasa Inggris Setiap hari

Conversation Bahasa Inggris
marketingspeakerauthor.com

Sedari kecil kita memang terbiasa menggunakan bahasa Indonesia di dalam kehidupan sehari-hari. Hingga akhirnya bahasa Inggris pun menjadi hal yang cukup aneh untuk kalian pelajari.

Seiring waktu yang terus berputar, kini timbullah kebiasaan atau peraturan baru berupa “One Day in English”.¬†Sayangnya, setelah sekian lama berjalan peraturan ini justru dinilai kurang maksimal.

Alasannya adalah karena dalam satu hari selama seminggu sulit rasanya jika kita berupaya untuk membentuk kebiasaan berbahasa Inggris yang kuat.

Hal ini juga semakin diperparah dengan keadaan kita yang sudah terbiasa ngorol dengan bahasa Indonesia, otomatis kita juga akan kesulitan jika berganti ke bahasa Inggris meskipun itu hanya untuk sehari saja.

Intinya, penting sekali untuk menekankan pada dirimu sendiri agar terbiasa melakukan percakapan bahasa Inggris dengan teman-temanmu yang telah mahir.

Bukan maksud hari ingin sok bahasa Inggris, tetapi kamu memang sedang benar-benar berusaha dalam meningkatkan kemampuan bahasa Inggrismu.

Mendengar Lagu-lagu Slow Terlebih Dahulu Secara Rutin

Mendengarkan Musik
theguardian.com

Mendengarkan lagu bahasa Inggris merupakan salah satu cara dalam belajar alternatif yang menyenangkan.

Pada sesi ini, usahakan untuk memilih atau menyesuaikan beberapa jenis lagu dengan kemampuan bahasa Inggrismu agar penuturan setiap liriknya dapat kamu tangkap secara baik.

Kalau toh memang masih belum mampu menangkap sebagian pengucapan lirik beritme cepat seperti musik rap, cobalah untuk memulai dari musik-musik slow terlebih dahulu seperti folk atau ballad mellow.

Tempo rendah ditambah dengan instrumen musik sederhana tentu akan membuatmu menjadi lebih fokus dalam mendengarkan dan menangkap setiap penuturan liriknya. Biasanya, lagu-lagu slow seperti ini memiliki artikulasi kata yang puitis dan mendalam.

Berlanjut ke tahap berikutnya, dimana pada posisi ini kamu sudah merasa jika kemampuanmu dalam menangkap setiap pengucapan lirik bahasa Inggris terasa lebih baik dari sebelumnya.

Sehingga kamu bisa lanjut ke beberapa genre musik beritme sedang seperti pop, jazz dan country. Meskipun beritme sedang, namun kata dalam lirik aliran tersebut dinilai lebih sederhana ketimbang ballad dan folk.

Beralih ke tahap terakhir, disaat lagu-lagu beritme slow dan sedang sudah terlalu bosan dan mudah untuk didengar.

Di tahapan ini kamu boleh untuk mencoba beragam lagu bertempo cepat beserta alunan instrumen yang bising seperti rock, hip hop sampai rap.

Yang pasti, kamu akan lebih tertantang ketika menangkap secuil kalimat dalam lirik lagu tersebut jika masih belum terbiasa.

Nonton Filem Sambil Menyimak Subtitle Bahasa Inggris

Subtitle Bahasa Inggris
multipelife.com

Jangan pernah memaksakan diri untuk menonton beragam film atau video dari Youtube tanpa subtitle. Jikalau memang masih belum mahir, kamu bisa mengaktifkan atau memilih subtitle berbahasa Inggris.

Sehingga metode pembelajaran seperti ini dapat membantumu agar dapat mengetahui setiap pengejaan kata yang benar.

Menonton Acara Komedi Bahasa Inggris

Stand Up Comedy
photos.mlive.com

Mungkin selama ini kamu berpikir bahwa acara komedi hakikatnya tidak terlalu berbeda dengan acara film pada umumnya. Komedi memiliki sajian yang berbeda dan lebih luas dari film.

Untuk bisa memahami sebuah lawakan, tidak untuk kita hanya mendengarkan apa saja yang disampaikan oleh sang komika.

Akan tetapi, perlu digali terlebih dahulu apa saja latar belakang atau budaya masyarakatnya.

Semisal acara komedi Daily Show dan Colbert Nation, kedua acara tersebut menyajikan berita yang diiringi dengan kritik lawakan seputar Amerika Serikat.

Bisa juga kamu menonton acara komedi ringan milik Amerika pula yakni Stand Up Comedy.

Tinggalkan komentar