5 Gambar dan Jenis Seni Rupa Terapan

Seni rupa terapan merupakan seni rupa yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Perbedaan seni rupa terapan dengan seni rupa murni adalah seni rupa terapan lebih menitik beratkan pada nilai fungsi daripada nilai estetika. Oleh karena, itu seni rupa terapan yang dibuat bisa dimanfaatkan sebagai alat bantu bukan sekedar menjadi pajangan atau hiasan saja.

Di Indonesia sendiri banyak sekali jenis seni rupa terapan yang diaplikasikan dalam berbagai bidang seperti rumah, transportasi, pakaian, senjata tradisional dan lain sebagainya. Contoh seni rupa terapan yang ada di nusantara seperti rumah adat, kain batik, peralatan dapur, meja, kursi dan masih banyak lagi yang lainnya. Berikut ini adalah beberapa contoh seni rupa terapan yang ada di Indonesia.

 

Seni Bangunan

Rumah Adat Padang
panoramio.com

Salah satu seni rupa terapan yang ada di Indonesia adalah bangunan rumah adat daerah. Pada rumah adat yang ada di Indonesia memiliki ciri-ciri khusus yang berupa bentuk, ukiran dan juga ornamen yang ada di dalamnya.

Contoh rumah adat hasil dari penerapan seni bangunan adalah Rumah Gadang dari Padang, Rumah Joglo dari Jawa Tengah, Rumah Krong Bade dari Aceh. Selain pada bangunan rumah adat, kamu juga bisa menemukan seni bangunan pada bangunan lain seperti masjid, candi, pura, gereja dan gapura.

Seni Kain

Berbagai Ragam Model Batik Indonesia
batikwilalung.wordpress.com

Seni rupa kain adalah seni rupa yang diterapkan pada kain. Pada kain adat biasanya digunakan untuk upacara atau kegiatan adat daerah. Pada kain ini terdapat corak khusus yang menjadi ciri khas daerah tersebut. Salah satu contoh penerapan seni kain yang ada di Indonesia adalah pada kain batik, kain tenun, dan juga pakaian adat.

Jenis kain batik juga sangat bervariasi tergantung dari mana batik tersebut berasal. Beragam jenis batik yang ada di Indonesia seperti batik Solo, batik Malang, batik Pekalongan, batik Tasik, batik Aceh, batik Cirebon, batik Minangkabau dan masih banyak lagi jenis batik lainnya.

Seni Ilustrasi

Seni Ilustrasi
twimg.com

Seni ilustrasi merupakan seni menggambar yang biasa digunakan untuk memperjelas suatu tulisan/cerita dengan tujuan untuk mempermudah pembaca dalam memahami teks atau tulisan yang dia baca.

Seni ilustrasi sendiri terbagi menjadi beberapa macam diantaranya ilustrasi tumbuh-tumbuhan, ilustrasi binatang, ilustrasi manusia, dan ilustrasi lain yang digunakan untuk bacaan. Dengan menggunakan seni ilustrasi ini, kita akan lebih mudah menyampaikan pesan dari karya seni kepada para penikmatnya.

Seni Kerajinan Tangan

Barang Kerajinan Tangan
http://mojokerto.blog.com/

Seni kerajinan tangan adalah sebuah seni membuat suatu produk dengan menggunakan tangan. Kerajinan seni ini biasanya digunakan untuk membuat alat kebutuhan sehari-hari misalkan asbak, tempat pensil, bunga kertas, dan juga peralatan dapur, aneka hiasan rumah serta kain keset.

Saat ini, seni kerajinan tangan biasa digunakan untuk merubah bahan-bahan bekas menjadi sebuah karya seni bernilai jual tinggi. Tentu untuk membuat kerajinan tangan yang bernilai tinggi diperlukan ketekunan serta kreativitas dalam membuat kerajinan tersebut.

Seni Dekorasi

Seni Dekorasi Ruangan
yudhaflorist.wordpress.com

Seni dekorasi adalah sebuah seni yang digunakan untuk memperindah tampilan suatu ruangan dengan menambahkan berbagai pernak-pernik tertentu. Untuk membuat suatu dekorasi yang bagus diperlukan ketrampilan serta jiwa seni yang kuat.

Penerapan seni dekorasi biasa dilakukan pada saat acara tertentu seperti pesta pernikahan, upacara adat, perayaan kemerdekaan dan juga acara ulang tahun.

Tinggalkan komentar