5 Hal Tentang Google Doodle Ini Mungkin Belum Kamu Ketahui

Kamu sudah tidak asing dengan Google, bukan? Kamu akan bertemu dengan Google saat menelusuri informasi-informasi di internet. Biasanya tampak logo Google di sana. Setiap hari berubah-ubah. Itulah Google Doodle.

Google Doodle adalah logo-logo Google yang dimodifikasi sedemikian rupa yang ditampilkan untuk merayakan hari libur, hari lahir tokoh dunia, atau hari bersejarah pada setiap negara yang mendukung Google. Hal-hal tentang Google Doodle di bawah ini mungkin belum pernah kamu tahu.

 

Google Doodle yang pertama

Larry Page and Sergey Brin
robertcardinphotography.com

Google Doodle pertama dibuat pada tahun 1998 tentang Burning Man Festival. Perancangnya adalah Larry Page dan Sergey Brin. Selanjutnya, Google Doodle dirancang oleh desainer luar yang mereka rekrut, tim karyawannya disebut “Doodlers”.

Tim desainer dibalik corat-coret Google Doodle saat ini

Dennis Hwang
flickr.com

Terdapat sebuah tim desainer yang berada di balik corat-coret yang kamu lihat di mesin penelusuran google.com. Pemimpin utamanya adalah Dennis Hwang yang dibantu oleh Michael Lopez, Ryan Germick, Susie Sahim dan Jennifer Hom.

Google Doodle animasi yang pertama

Google Doodle 2010
gotbetterideaz.com

Google Doodles dulu tidak berupa animasi atau hyperlink. Baru pada tahun 2010-an dunia teknologi mengalami perkembangan yang sangat pesat. Pada bulan Januari 2010, Google Doodle animasi muncul. Saat itu logo Google Doodle dibuat untuk menghormati Isaac Newton, penemu gaya gravitasi.

Kompetisi Doodle 4 Google

Google Doodle 13 November 2009
google.com/doodles

Kompetisi ini merupakan kompetisi desain Google Doodle. Google menyelenggarakan kompetisi ini sebagai dorongan bagi anak-anak dan pelajar untuk menciptakan logo Google Doodle. Tahun 2009, seorang anak 9 tahun dari India bernama Puru Pratap Singh memenangkan kompetisi tersebut. Jika kamu adalah pelajar yang hobi desain, tidak ada salahnya menjajal kemampuan pada kompetisi yang diadakan setiap tahun ini. Tahun 2015, Doodle 4 Google diadakan bulan September.

Google Doodle hari ini

Google Doodle - Ki Hajar dewantara
google.com/doodles

Setiap hari Google memasang logo yang berbeda-beda. Setelah kemarin terpasang Google Doodle hari buruh internasional, hari ini mesin penelusuran google.com memasang logo Google Doodle Ki Hajar Dewantara, tokoh pendidikan Indonesia. Untuk mengenang jasanya, tanggal kelahirannya yaitu 2 Mei ditetapkan sebagai Hari Pendidikan Nasional di Indonesia. Hari ini adalah tahun ke 126 dari tahun kelahirannya. Semangat belajar!

Tinggalkan komentar