5 Hal yang Perlu Kamu Tahu Tentang Manajemen Keuangan Bulanan

Hari-hari ini harga-harga semakin melambung tinggi. Banyak orang yang mengeluh betapa susah hidup mereka sekarang karena hampir tidak sanggup membeli barang keperluan sehari-hari. Jika dibiarkan tentu hal ini akan menyiksa hidup.

Setiap bulan selalu ada pengeluaran dan pemasukan. Kamu perlu mengatur uang masuk dan uang keluar tersebut. Setidaknya, ketahui hal berikut ini dalam mengatur keuangan bulanan.

 

Pelajari kebiasaan belanja

Daftar belanja
blog.turbotax.intuit.com

Terdengar biasa mungkin. Tetapi ini penting. Apakah kamu tahu berapa uang yang kamu keluarkan untuk makan dalam sehari, seminggu? Apakah kamu tahu berapa uang yang kamu keluarkan untuk membeli barang baru? Terkadang, kamu merasa tidak banyak membeli barang tetapi uang begtu cepat menghilang, dari dalam dompet. Kamu tidak sadar ke mana perginya uang-uangmu.

Sebaiknya pertimbangkan mana yang penting, kurang penting, dan tidak penting untuk dibeli. Dengan demikian, uangmu akan habis untuk sesuatu yang memang berguna, bukan kesia-siaan.

Hindarkan diri dari hutang, terutama hutang kartu kredit

Kartu kredit
cloudpro.co.uk

Hutang akan membuatmu seperti memikul beban di pundak ke mana-mana. Sebelum hutang lunas, selamanya beban itu akan berada di pundakmu. Terlebih jika kamu menggunakan kartu kredit.

Hutang kartu kredit merupakan hutang paling buruk yang pernah ada di dunia. Sebab, hutang ini berbunga. Hutangmu yang sedikit bisa jadi semakin membesar jika tidak segera dilunasi.

Siapkan dana darurat

Menabung
time.com

Sakit sering datang tiba-tiba. Musibah juga tidak ada yang tahu kapan datangnya. Simpanan dana darurat akan membantumu mengatasi masalah pelik ketika dalam masa-masa sulit.

Gunakan dana tunjangan, jika ada

Pegawai
businessplanvideo.com

Pegawai perusahaan atau negara biasanya mendapatkan dana tunjangan. Dana ini ibarat uang simpananmu, sekaligus hak yang pantas kamu terima. Kamu bisa menggunakannya jika sedang membutuhkan.

Tidak perlu takut ‘berinvestasi’

kotak-amal
setenangpagihari.blogspot.com

Investasi saham di perusahaan, boleh. Akan lebih baik lagi jika kamu menginvestasikan uang ke kotak amal. Artinya, sisihkan uangmu untuk orang-orang di luar sana yang kurang mampu. ‘Berinvestasi’ untuk dunia yang akan datang, bukan hanya dunia yang sekarang kamu huni. Hal ini akan membuatmu lebih menghargai uang yang sekarang kamu miliki.

Tinggalkan komentar