5 Ikan Terbesar yang Pernah Ditangkap Oleh Manusia

Laut merupakan tempat yang masih banyak menyimpan misteri yang belum terpecahkan sampai sekarang. Banyak hal yang kurang masuk akal yang telah ditemukan di dalamnya yang mengundang banyak pertanyaan dikalangan masyarakat dan para ilmuwan, salah satunya adalah hewan-hewan yang sering dijumpai yaitu ikan laut.

Banyak sekali jenis dan spesies ikan yang terdapat di dalam laut, mulai dari ukuran ikan yang paling kecil sampai ikan dengan ukuran yang paling besarpun ada. Banyak orang yang sudah pernah menangkap ikan-ikan dengan ukuran yang sangat besar yang belum pernah ditangkap sebelumnya oleh orang lain. Berikut ini merupakan beberapa ikan dengan ukuran yang sangat besar yang pernah ditangkap dan termasuk dalam katagori ikan terbesar di dunia yang pernah ditangkap.

Baca juga 7 Hewan Terbesar di Dunia yang Pernah Ada

 

Cumi-cumi

aslibanget.com

Hewan ini mungkin sudah tidak asing bagi kita, karena ini merupakan hewan yang cukup mudah ditemukan di pasar-pasar ikan yang ada. Rasanya pun cukup nikmat jika disajikan dengan bumbu-bumbu yang tepat. Pada umumnya, cumi-cumi yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat berukuran sekitar 5 cm. Namun, ternyata ada juga cumi-cumi yang memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan cumi-cumi yang biasa dikonsumsi. Jenis cumi-cumi tersebut adalah Architeuthis princeps atau dalam bahasa biasa disebut cumi-cumi raksasa.

Cumi-cumi raksasa mempunyai ukuran yang sangat besar, ukurannya dapat mencapai 15 meter. Sudah ada orang yang pernah menangkap cumi-cumi dengan ukuran yang besar walaupun tidak sebesar yang aslinya di lautan Artik. Cumi-cumi yang berhasil ditangkap memiliku berat kurang lebih 1089 pound atau 490 kg dan dengan panjang 6 meter. Ukuran dari cumi tersebut mengalahkan penangkapan yang sebelumnya di Negara Selandia Baru dengan berat sekitar 992 pounds atau setara dengan 446 kg.

Ikan Todak (Swordfish)

www.totalprosports.com

Ikan todak atau yang biasa disebut dengan ikan pedang merupakan ikan yang mempunyai rahang atas dan memiliki moncong yang memanjang kedepan membentuk seperti sebuah pedang yang pipih dan kuat. Panjang moncong dari ikan todak hampir sepertiga dari panjang tubuhnya sendiri. Panjang ikan todak itu sendiri bisa mencapai 4 meter dan bobot yang dimiliki mencapai 650 kg.

Ikan todak dengan ukuran sebesar itu pernah tertangkap oleh Lou Marron di lepas pantai Ipuioue, Chile. Ikan yang ditangkapnya itu mempunyai berat sebesar 1182 pounds dengan panjang 179,25 inci. Ikan raksasa ini mendarat setelah pertarungan yang memakan waktu 2 jam. Sampai sekarang ikan todak itu dipamerkan di Museum Internasional Game Fish Association Fishing Hall of Fame Miami, Florida.

Atlantic Blue Marlin

aslibanget.com

Atlantic Blue Marlin merupakan salah satu jenis dari ikan marlin yang terdapat di perairan Samudra Atlantik. Atlantic Blue Marlin termasuk dalam ikan dengan ukuran yang terbesar di dunia. Panjang ikan tersebut bisa mencapai sekitar 14 kaki atau 4,3 meter dengan berat mencapai 1803 pounds atau setara dengan 818 kg.

Atlantic Blue Marlin dengan ukuran yang besar pernah tertangkap oleh Paulo Amorin pada tanggal 29 Februari 1992 di daerah pantai Victoria, Brazil. Ikan Atlantic Blue Marlin yang ditangkapnya memiliki bobot seberat 1420 pounds. Paulo berhasil mendaratkan ikan raksasa tersebut setelah pertarungan dengan ikan tersebut selama lebih dari 1 jam.

Atlantic Bluefin Tuna

www.bigmarinefish.com

Atlantic Bluefin Tuna atau jika di dalam bahasa Indonesia disebut dengan tuna sirip biru merupakan spesies ikan dari keluarga scombriade. Atlantic Bluefin Tuna merupakan ikan asli Samudra Atlantik Barat dan Timur. Ikan ini ukurannya dapat mencapai ukuran yang sangat besar, tetapi ikan ini keberadaan sangat terancam karena ikan Atlantic Bluefin Tuna ditangkap dengan secara komersial dan menjadi jenis ikan yang paling banyak diincar oleh para nelayan dan para olahragawan pemancing.

Ikan Atlantic Bluefin Tuna dengan ukuran yang besar pernah tertangkap oleh Ken Fraser yang merupakan pemancing handal di Aulds Cove, Nova pada tanggal 26 Oktober 1979 silam. Atlantic Bluefin Tuna yang ditangkap oleh Ken Fraser ini memiliki bobot yang mencapai sebesar 1496 pounds. Ken Fraser berhasil mengalahkan ikan tersebut setelah pertarungan kerasnya selama 45 menit.

Ikan Marlin

kuliah-ikan.blogspot.com

Satu lagi dari keluarga ikan marlin yang berhasil ditangkap. Penangkap ikan marlin raksasa ini adalah seorang pemilik dermaga, yaitu Kevin Gardner. Ikan yang berhasil dia tangkap memiliki ukuran yang sangat besar itu memiliki bobot mencapai 1320 kg dengan panjang ikan sekitar 6 meter di perairan Samudra Atlantik.

Kevin menceritakan ceritanya tentang perjuangannya untuk mendapatkan ikan marlin dengan ukuran raksasa itu setelah pertarungannya dengan ikan tersebut selama 3 jam. Dia tidak pernah mengira akan mendapatkan ikan dengan ukuran yang sangat besar itu selama dia menggeluti duia memancing selama 25 tahun.

Tinggalkan komentar