5 Manfaat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan

Siapa yang tak kenal buah asem yang satu ini, buah jeruk nipis yang memiliki nama latin dari Citrus aurantifolia memang terkenal degnan rasanya yang asam, karena dengan bentuknya yang mungil dan rasa yang khas agak kecut membuat siapa saja yang memakannya akan memberikan raut jelek pada mukanya :).

Dan ternyata dibalik kemungilannya buah ini tersimpan banyak manfaat yang tercatat sebanyak 26 khasiat terdapat dalam buah yang asam ini, salah satu khasiatnya adalah berhubungan dengan perawatan kulit pada wajah. Namun kita hanya akan membahas beberapa poin saja dari banyaknya khasiat yang terkandung pada buah jeruk nipis ini.

Lau yang menjadi pertanyaan kenapa jeruk nipis berkhasiat pada kulit wajah? Pasti sudah banyak kita ketahui, pada dasarnya jeruk nipis memiliki kandungan antioksidan tingg dan vitamin C, juga berbagai macam asam buah yang memiliki kandungan gula alami yang sangat bermanfaat pada kulit wajah.

 

Membantu Dalam Pengangkatan Sel Kulit Mati

Membantu Dalam Pengangkatan Sel Kulit Mati
kuherbal.com

Diketahui dalam buah jeruk nipis ini ada kandungan AHA (alpha hydroxy acids) yang mengangkat sel-sel kulit mati yang ada pada wajah. Hal ini telah di buktikan dari berbagai macam penelitian. Bagi yang masih memiliki kulit bersih, dapat membuat pori-pori lebih bebas untuk bernafas, menjaga elastisitas pada kulit dan mampu mendorong sebuah pembentukan kulit yang baru agar terlihat lebih sehat. Maka dari itu, suapaya lebih maksimal, gunakan air perasan jeruk nipis murni yang akan di oleskan pada kulit wajah dengan bantuan kapas.

Membantu Membersihkan Komedo

Membantu Membersihkan Komedo
minyakesensial.com

Tidak sedikit dari kita yang kesulitan dalam membersihkan komedo, hampir sering di jumpai setiap orang dan umumnya terjadi pada banyak orang dan itu terasa sangat sulit untuk dihilangkan, karena selalu timbul, lagi dan lagi.

Padahal jika kita tahu, buah kecil jeruk nipis ini mampu membersihkan atau mengurangi komedo bahkan bisa menghilangkan komedo dari wajah-wajah yang rawan akan jerawat. Sebuah resep tradisional yang jelas terbukti dan dapat mengatasi dengan menggosokan perasan hasil air jeruk nipis pada seluruh wajah, terutama terdapat komedo setiap malamnya. Rutinkan cara ini setiap malam agar hasilnya pun secara maksimal akan berubah menjadi lebih baik.

  • Membuat Wajah Lebih Sehat dan BersinarKandungan pada jeruk nipis ini bisa membuat terangkatnya komedo dan sel-sel kulit mati, sehingga kulit yang tadinya terlihat kusam gelap bisa terlihat segar kembali. Pada saat mulai pengangkatannya sel-sel kulit mati ini akan membuat atau menjadikan sel-sel kulit menumbuhkan kulit baru yang secara otomatis membuat kulit menjadi lebih segar (fresh).

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan
sehatfresh.com

Pada jeruk nipis ini terkandung minyak terbang linalool dan limonen, flavonoid, seperti hespredine, ponciri, narignin dan rhoifolin. Namun untuk kandungan buahnya yang masak yaitu N-methyltyramine dan synephrine, selain asam sitrat, fosfor, kalsium, besi dan vitamin A, B1, dan C. Diketahu untuk kandungan asam sitratnya mempau mencegah kekambuhan pada pasien sebagai pasca operasi untuk batu ginjal.

Diantara banyaknya gejala kesehatan yang bisa dicegah sekaligus disembuhkan oleh manfaat jeruk nipis ini adalah sebagai berikut :

  1. Ambeien
    Untuk mencegah penyakit ambeien ini kamu tinggal menyisikkan 10 gr akar pohon jeruk nipis untuk dicuci bersih, setelah itu direbus dengan air 1 liter selama 1/2 jam, lalu saring. Setelah selsai airnya siminum hangat-hangat, lakukan cara ini selama 3 kali dalam sehari.
  2. Amandel
    Siapkan kulit 3 jeruk nipis yang telah dicuci, dipotong-potong, lalu direbus dengan 2 gelas air hingga airnya tersisa 3/4, setelah itu saring. Nah itu tersebut dipakai untuk berkumur-kumur, lakukan 3-4 kali sehari.
  3. Anyang-anyangan
    Siapkan 2 jeruk nipis yang telah dicuci, diperas lalu diberi sedikit gula batu secukupnya dan 1 gelas air panas yang telah disiapkan. Aduklah dalam keadaan hangat-hangat lalu minum, lakukan cara ini sehari sekali.
  4. Batuk
    Untuk batuk kamu hanya sediakan satu jeruk nipis yang telah dicuci dan diperas lalu dicampurkan dengan 1 sendok makan madu dan sedikit garam, aduk hingga rata dan saring. Airnya bisa Diminum 2-3 kali sehari. Atau perasan jeruk nipis ditambah sepotong gula batu lalu diaduk hingga rata, diminum 1 kali sehari sampai sembuh.
  5. Batuk disertai Influenza
    Untuk penyakit ini kamu hanya perlu memotong sebuah jeruk nipis masak dan mengandung air yang cukup banyak, lalu peraslah. Seduh air perasannya dengan 60 cc air panas. Tambahkan 1/2 sendok teh air kapur sirih sambil diaduk hingga merata. Minum ramuan ini 2 kali sehari 2 sendok makan.

Tinggalkan komentar