5 Manfaat Tidur Siang Bagi Kesehatan Tubuh Kamu

Tau nggak? Tidur siang itu ternyata bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita lho. Padahal dulu waktu masih kecil, disuruh tidur siang sulitnya minta ampun. Harus kejar-kejaran dulu sampai capek, baru deh ntar tidur sendiri. Kalau sekarang kita malah jarang banget tuh tidur siang, yang ada tidur dari pagi sampai siang waktu liburan. Itu terjadi nggak cuma sekali doang, hampir tiap hari libur gitu tuh kerjaannya.

Tidur siang itu sebenernya nggak usah lama-lama, sekitar setengah jam aja udah cukup tuh. Kalau terlalu lama malah nggak bagus juga, ntar jadi keenakan tidurnya. Pembiasaan tidur siang sangat bagus, apalagi buat kamu yang sekarang sedang bekerja menjadi karyawan atau baru jadi mahasiswa. Banyak manfaat dari kegiatan yang satu ini, selain badan jadi nggak capek, masih ada efek baik lainnya lho.

 

Produktivitas Kerja Meningkat

Produktivitas meningkat
lifehack.org

Tidur pada saat siang hari, akan meningkatkan prduktivitas kerja kamu. Oleh karena itu, buat kamu yang sering mengalami kecapekan baik tenaga maupun pikiran setelah bekerja, disarankan untuk tidur siang agar produktivitas kerja jadi meningkat. Tapi ada satu hal yang perlu diingat, tidurnya jangan melewati waktu istirahat kerja. Bisa-bisa kamu dimarahin sama bos kalau nanti terlambat masuk kerja gara-gara kelamaan tidur siang.

Meningkatkan Daya Ingat

Daya ingat orang tua
healthhub.brighamandwomens.org

Nggak perlu repot-repot minum obat untuk meningkatkan daya ingat. Kamu bisa coba cara yang lebih mudah, yaitu dengan tidur siang. Sebuah Penelitian menyebutkan bahwa tidur siang selama empat puluh lima menit mampu meningkatkan daya ingat. Jadi mulai sekarang kamu biasakan nih tidur siang, biar kemampuan mengingat kamu nggak menurun.

Mengatasi Insomnia

Insomnia, sulit tidur
expertbeacon.com

Tidur siang ternyata mampu mengatasi masalah susah tidur atau bahasa kerennya insomnia. Dari sebuah penelitian didapatkan kesimpulan bahwa tidur siang akan membuat penderita insomnia jadi lebih bugar dalam menjalani hari-harinya. Hal ini dapat terjadi karena total waktu istirahatnya lebih panjang. Jadi, walaupun kita sulit tidur saat malam hari, waktunya akan digantikan ketika tidur siangnya.

Menurunkan Stres

Stres
sallyjoseph.com.au

Kalau kamu sering stres, tidur siang bisa jadi solusi untuk masalah itu. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa hormon penyebab stres akan mengalami penurunan yang signifikan setelah kamu tidur siang. Apa lagi buat kamu yang tidur malamnya kurang nyenyak, tidur siang akan sangat membantu deh. Stres kamu jadi berkurang dan hari-harimu jadi lebih menyenangkan.

Meningkatkan Fungsi Indera dan Kreativitas

kreativitas manusia
medicalxpress.com

Menurut Sara Mednick C., seorang ilmuwan napologist, tidur siang dapat meningkatkan persepsi sensorik sama efektifnya seperti tidur malam. Tidur siang juga dapat meningkatkan kreativitas dengan memberikan berbagai ide baru. Tapi perlu diingat, kreativitas dan ide itu akan muncul ketika wawasan kita juga luas. Walaupun kita sering tidur siang, tapi kalau pengetahuan nggak ditambah ya sama aja. Harus imbang lah, jangan cuma banyakin tidur aja, wawasan juga harus di-update.

Satu pemikiran pada “5 Manfaat Tidur Siang Bagi Kesehatan Tubuh Kamu”

Tinggalkan komentar