5 Panduan Singkat Untuk Kamu yang Sedang Bersiap Wawancara Kerja

Jika kamu sedang menghitung hari menuju wawancara kerja, beberapa petunjuk di bawah ini dapat kamu jadikan bekal. Bukan hanya wawancara kerja, panduan singkat ini juga dapat diterapkan untuk wawancara perekrutan yang lain, beasiswa misalnya. Panduan ini memang bukan yang terbaik, tetapi jika diamalkan dengan baik semoga kamu dapat meninggalkan kesan yang baik pada interviewer.

Inilah 5 hal yang sebaiknya kamu lakukan untuk menghadapi wawancara kerja.

 

Pelajari calon tempat kerjamu

Observasi
binaryoptionalliance.com

Seorang bijak berkata gagal merencanakan berarti merencanakan gagal. Kamu pasti akan ditanyai tentang perusahaan yang kamu daftar. Oleh karena itu, pelajari seluk-beluk calon tempatmu bekerja. Update selalu wawasanmu tentang keuntungan yang diperoleh perusahaan tersebut, produk paling baru yang mereka keluarkan. Dengan demikian, kamu akan percaya diri ketika bercakap-cakap dengan interviewer.

Latih jawabanmu

latihan menjawab pertanyaan
reefs.com

Meskipun tidak ada format resmi untuk wawancara kerja, setidaknya ada beberapa pertanyaan yang pasti akan ditanyakan oleh interviewer. Kamu harus mempersiapkan diri untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang umum tentang kelebihan dirimu, serta mengapa kamu layak untuk diterima kerja di perusahaan yang kamu daftar. Berlatihlah di depan kaca, seakan-akan kamu sedang berhadapan dengan para interviewer.

Jaga penampilan

Jaga penampilan
southsoundmag.com

Apalah artinya penampilan luar. Faktanya, penampilan seseorang berpengaruh terdapat kesan orang lain kepadanya. Perhatikan paduan warna dan model baju, sepatu, hingga aksesoris yang kamu kenakan ketika hendak memenuhi panggilan wawancara kerja.

Bersikap tenang

Tenangkan diri
vividlife.me

Persiapan yang matang merupakan kunci agar emosimu tetap terkendali. Perkirakan jarak rumah dengan tempat wawancara agar tidak terjadi keterlambatan, termasuk perhitungkan adanya kemungkinan macet di jalan. Ingatlah untuk berbicara dengan suara yang jelas dan interviewer juga manusia, bisa jadi ia juga mengalami gugup. Bukan kamu seorang yang merasa grogi.

Ajukan pertanyaan

mengajukan pertanyaan, apa?
internships.com.au

Kamu harus memiliki pertanyaan untuk interviewer sebagai tanda bahwa kamu punya minat terhadap posisi yang kamu lamar. Setidaknya siapkan 5 pertanyaan. Sebagian pertanyaan tentang gambaran pekerjaan yang akan kamu hadapi, sebagian lagi tentang perusahaan yang kamu lamar.

Semoga berhasil!

Tinggalkan komentar