5 Novel Terlaris yang Paling Menginspirasi di Indonesia

Novel merupakan miniatur dari cerita-cerita dalam kehidupan. Genre novel kian beragam dari tahun ke tahun. Penulis-penulis baru pun semakin banyak bermunculan.

Sejalan dengan itu, persaingan pun semakin ketat. Hanya penulis novel yang punya keunikan lah yang mampu mempertahankan karyanya di tengah masyarakat.

Sementara penulis baru yang kebanyakan hanya muncul sekejap dengan karya biasa-biasa saja. Mereka lekas tenggelam karena karyanya cenderung mengikuti tren.

Namun, di sisi lain, beberapa penulis berhasil menyandang gelar penulis papan atas karena karyanya yang unik dan berbeda. Katakan saja, Dee Lestari dan Andrea Hirata.

Novel-novel karya mereka memiliki bahasa, alur cerita dan penokohan yang kuat. Kemampuan imajinasi yang tinggi membuat cerita dalam novel menyihir pembacanya.

Bahkan kini, novelnya telah diangkat ke layar lebar dan menginspirasi banyak orang. Novel tersebut tidak hanya sekedar menjual kisah romantis, sedih dan cinta.

Tetapi, di dalamnya juga ada pesan-pesan inspiratif dan membangun. Tidak heran, hingga sekarang novel-novel tersebut masih digemari pembaca Indonesia.

Inilah novel-novel karya penulis papan atas yang meledak di pasaran dan menginspirasi pembaca di Indonesia. Check it!

Laskar Pelangi

nacashe.com

Andrea Hirata menjadi penulis novel bertema pendidikan pertama yang karyanya membius hampir separuh lebih rakyat Indonesia. Novel tersebut berjudul Laskar Pelangi.

Novel Laskar Pelangi berkisah tentang 10 anak dari keluarga miskin di daratan Belitung yang mempunyai mimpi besar. Mereka bertekad mengejarnya meskipun harus sekolah dengan segala keterbatasan.

Bahkan letak sekolahnya sangat jauh dari tempat tinggalnya. Pada akhirnya, mereka pun menyebut dirinya Laskar Pelangi.

Novel yang menjadi mega best seller ini seakan menampar hati pembacanya dengan gambaran pendidikan di pelosok Indonesia yang masih tertinggal.

Ketika diangkat ke layar lebar, pemutaran film Laskar Pelangi pun menyedot jutaaan penonton dan mampu mengundang simpati Bapak Presiden Indonesia untuk menontonnya.

Prestasi luar biasa pun didapatkan Andrea Hirata dengan diterbitkannya novel Laskar Pelangi di luar negeri.

Sejumlah 20 negara telah menerjemahkan dan menerbitkan novel ini dalam bahasanya masing-masing.

Perahu Kertas

readthenovel.wordpress.com

Novel bergenre romansa cinta selalu menjadi konsumsi yang laris manis bagi pembaca di Indonesia. Namun, novel demikian akan lekas terbenam jka tidak memiliki keunikan dan pesan inspirasi.

Dee Lestari adalah penulis yang berhasil mengemas kisah cinta menjadi sebuah cerita inspiratif yang abadi di hati pecinta novel Indonesia. Gaya bertutur yang sarat makna dan kuatnya karakter tokoh menjadi keunikan novel ini.

Perahu Kertas mengisahkan perjalanan impian dan cinta tokoh Kugy dan Keenan. Kugy dengan mimpinya menjadi penulis dongeng dan Keenan yang bercita-cita menjadi pelukis.

Keduanya digambarkan dengan karakter yang sangat kuat dengan konflik masing-masing. Dee Lestari sukses membuat pembaca ikut terhanyut dalam alur cerita Perahu Kertas.

Novel Perahu Kertas kemudian diangkat menjadi film layar lebar dan sukses menyedot jutaan penonton. Banyak anak muda yang terinspirasi mengejar mimpinya setelah membaca novel ini.

Novel 5 cm

siswa-blog.blogspot.com

Para pendaki gunung pasti tidak asing dengan novel ini. Novel 5 cm ditulis oleh penulis newbie, Donny Dhirgantoro. Secara mendadak, namanya melambung ke deretan penulis papan atas berkat novel 5 cm.

Pesan persahabatan, perjuangan mengejar cita-cita dan penokohan yang kuat menjadikan novel ini disukai pembaca. Terlebih lagi novel 5 cm banyak menceritakan tentang keindahan alam Indonesia.

Novel 5 cm sudah diangkat menjadi film layar lebar dan menebar inspirasi di hati penontonnya. Bahkan katanya, setelah film 5 cm keluar banyak orang yang ingin mendaki Gunung Mahameru.

Hafalan Solat Delisa

alphin23.wordpress.com

Tere Liye menjadi penulis papan atas yang hingga sekarang selalu eksis mengeluarkan karya-karya baru. Novel Hafalan Solat Delisa merupakan novel karyanya yang berpredikat mega best seller.

Novel ini menceritakan tentang seorang gadis cilik bernama Delisa yang hafalan bacaan sholatnya luar biasa. Sampai pada akhirnya, bencana Tsunami memporak-porandakan desanya saat Delisa sedang menghafal bacaan sholat.

Delisa pun selamat, sedangkan seluruh keluarganya meninggal, kecuali sang ayah. Sayangnya, kaki kanan Delisa harus diamputasi.

Bencana besar itu tidak lantas mengurangi keceriaan Delisa. Dia tetap optimis dan bersemangat.

Novel Hafalan Solat Delisa telah menghipnotis mata dan hati jutaan penonton saat diangkat ke layar lebar. Tere Liye dengan kekhasan gaya bertuturnya berhasil membius simpati pembaca Indonesia.

Surat Kecil Untuk Tuhan

gudangkuonlinewordpressgudangkuonline.wordpress.com

Ingat film Surat Kecil Untuk Tuhan? Film tersebut diadopsi dari Novel Surat Kecil Untuk Tuhan karya Agnes Danovar.

Agnes Danovar melejit menjadi penulis papan atas karena novel ini mampu menyentuh hati pembacannya. Di samping itu, Agnes Danovar juga terkenal dari blognya yang menjadi blog nomor satu di Indonesia.

Novel tersebut menceritakan kisah nyata seorang gadis remaja bernama Gita Sessa Wanda Cantika atau Keke yang mengidap kanker jaringan lunak. Keke adalah artis cilik era 1998.

Meski divonis kanker, Keke tidak menyerah dan tetap berjuang untuk hidup walaupun hidupnya diprediksi 5 hari lagi.

Demikianlah deretan novel terlaris yang paling menginspirasi di Indonesia. Bagi yang belum pernah baca, buruan beli novel atau tonton filmnya.

Tinggalkan komentar