6 Cara Merawat Buku Agar Tetap Terlihat Baru

Kata orang bijak buku adalah jendela ilmu, dengan memiliki banyak buku, maka akan semakin banyak ilmu yang kita tahu. Namun terkadang kita tidak tahu bagaimana cara merawat buku tersebut. Padahal bila rusak kita akan menjadi malas membacanya. Nah, ada beberapa tips nih agar buku kita terawat dan selalu tampak baru.

 

Disampul dan Dibersihkan

beritadaerah.co.id
beritadaerah.co.id

Carilah sampul yang tebal dan tidak lengket untuk sampul buku kamu, usahakan pakai plastik bening agar coover bukunya terlihat. Jangan terlalu ketat ketika menyampul karena nanti bisa membuat bagian cover buku terlipat. Jika buku ingin tetap terlihat bersih, maka jangan biarkan buku terlalu lama untuk tidak tersentuh. Bersihkan buku secara berkala.

Jangan dilipat

knliterary.com
knliterary.com

Jangan melipat buku sebagai batas baca, karena dapat merusak kertas, maka gunakan pembatas buku jika ingin menandai saat dimana kamu sedang membaca buku tersebut.

Disusun Berdiiri, Tidak ditumpuk

yourhillside.com
yourhillside.com

Sangat perlu diperhatikan, buku harus disimpan dengan cara disusun berdiri. Karena jika sering menumkkan buku sebenarnya bisa merusak jilid dan covernya.

Tidak Menekuk Sampul

schaduwlichtje.deviantart.com
schaduwlichtje.deviantart.com

Salah satu kebiasan kita adalah pasti suka menekuk-nekuk buka, apalagi ketika sedang asik bermain bersama teman. Karena jika menekuk sampul tanpa sadar dapat merusak sampul dan jilidan buku, sehingga akan mudah terlepas.

Tidak Mencorat – coret Buku

andiktaufiq.wordpress.com
andiktaufiq.wordpress.com

Usahakan sebisamungkin dalam menggunakan buku, tidak mencorat-c0ret buku, meski hanya dengan menggunakan pensil. Bila hendak memberi catatan, gunakanlah sticky notes atau sedia catatan selagi membaca untuk mengikat makna.

Diberi Kamper

huffingtonpost.com
huffingtonpost.com

Tips lainnya yaitu memberikan kapur barus atau bubuk cengkeh pada rak buku agar buku tetap terjaga dengan baik dan tirhindar dari serangan rayap

Untuk kita mulailah sedini mungkun untuk tetap menjaga barang koleksi apapun, terutama buku yang kita gunakan atau baca saat ini. Biasakan untuk tidak meletakan buku di bagian paling bawah lemari. Cari atau pilihlah tempat yang memungkinkan buku agar tetap terlihat lebih nyaman dan mudah dijangkau.

Tinggalkan komentar