6 Hal yang Bisa Bikin Kecerdasanmu Bertambah

Ternyata kecerdasan bukan cuma karena faktor bawaan lahir. Akan tetapi, kecerdasan ini juga bisa kita tingkatin dengan melakukan berbagai kegiatan atau aktivitas tertentu. Karena itu, sebenernya gak ada kata “orang bodoh” di dunia ini. Yang ada si malas dan si rajin.

Banyak orang berusaha mati-matian biar bisa jadi orang yang pinter dan cerdas. Cuma tau gak sih? Kalo sebenarnya buat jadi cerdas itu gak susah. Cukup ngelakuin 6 Tips sederhana ini, maka kamu juga bisa jadi cerdas.

Jangan Sia-siakan Waktu Senggang

how-to-build-a-facebook-photography-pageXL
http://ongoingpro.com/

Apa sih yang kamu lakuin tiap kali ada waktu senggang? Menurut penelitian, kebanyakan gunain waktu luangnya di media sosial. Entah itu chatting atau stalking. Kalo aja kamu gunain waktu singkatmu itu buat baca berita, ikutan Online Course, ngisi TTS atau ngelakuin hal lain yang bisa ngasah otakmu. Jangan sampai otakmu berhenti berpikir. Biar otakmu gak jadi kaku dan diam.

Menulis Apa yang Kita Dapat

Writer
http://hollykays.com/

Enggak semua orang punya kebiasaan ini. Biasanya ketika seminar atau rapat, kebanyakan orang cuma bisa nyimak apa yang dibicarakan tanpa menuliskannya. Nah, kebiasaan ini yang gak baik buat kecerdasan kamu. Boleh aja kamu nyimak, tapi apakah kamu bisa jamin bahwa kamu bakal ingat poin penting itu selamanya? Nah makanya, jangan lupa buat nulis apa aja yang nempel di otak pas acara-acar tertentu. Selain untuk melatih otak, menulis poin penting bisa bikin daya ingatmu bertambah. Siapa tau aja tulisan kamu bisa ngehasilin duit nanti. Iya gak?

Permainan Edukatif

mRl1E
http://i.stack.imgur.com/

Banyak orang yang suka sama permainan. Tapi kebanyakan orang lebih milih permainan yang enggak edukatif. Games emang baik buat otak. Tapi permainan apa dulu? Coba kamu pilih lagi permainan yang bisa kamu jadiin buat ajang ngasah otak seperti catur, rubik, scrabbles dan lainnya.

Gabung Sama Orang-orang Intelek

4534462270_e3d788b3e6
c1.staticflickr.com

Teman atau lingkungan juga ternyata memiliki peranan besar. Pernah gak kamu denger pepatah yang bunyinya “kalo kita berteman dengan tukang parfum, maka otomatis kita akan kecipratan wanginya”. Nah sama juga halnya dengan ini. Kalo kamu pengen banget ngasah otak biar bisa tambah cerdas, maka usahakan buat temenan sama orang-orang yang intelek dan suka berdiskusi. Otomatis otak kamu bakalan dipaksa buat berpikir lebih dalam. Selain itu, mereka juga bisa ngajarin kamu tentang sesuatu yang gak kamu ngerti. Kan enak, daripada mahal-mahal ke kursus. Mendingan kita belajar ke temen.

Perbanyak Baca Buku

the_open_book_by_editor02-d5bn0kh
http://img00.deviantart.net/

Ini salah satu poin yang paling penting. “BACA BUKU”, jangan pernah anggep hal ini sepele Guys. Dengan ngebaca buku, otak kamu bakal lebih terbuka. Kamu bisa tahu asal-usul negara lain, kisah-kisah orang hebat tanpa harus berpergian ke luar negeri. Selain itu, baca buku juga bikin kosa katamu bertambah. Jadi kamu bisa lebih ngerti tentang persoalan dunia *Baca:Gak kudet*

Mengajarkan Ilmu yang di Dapat

book-pages-bokeh-lights-photo-mood-hd-wallpaper
http://www.magic4walls.com/

Satu cara lagi yang bisa bikin kamu gak lupa sama ilmu yang di dapat, kamu bisa ngajarin ilmu itu sama orang lain. Dengan mengulang dan nyampein apa yang kamu pahamin tentang sesuatu, maka otomatis artinya kamu sedang belajar kembali. Ibarat baca buku, walaupun kamu udah tamat dan tau isi bukunya tapi kamu nyoba buat baca ulang biar ingatanmu lebih tajam. Selain itu kamu juga jadi bermanfaat bagi orang lain.

Tinggalkan komentar