6 Ikon Wisata Kota Medan yang Patut Kamu Kunjungi

Medan, kota yang dinobatkan sebagai ibu kota Propinsi Sumatera Utara dan sekaligus menjabat sebagai kota terbesar nomer empat di Indonesia. Sebagaimana kota-kota besar lainnya, di samping menjadi pusat pemerintahan propinsi serta perdagangan, Medan pun kerap dijadikan destinasi wisata bagi masyarakat dalam dan luar negeri.

Kota yang memiliki sejarah menarik ini memiliki banyak tempat-tempat wisata yang sangat rugi apabila kamu ke Medan, tapi nggak ke sini. Diantara banyaknya tempat wisata di Medan, inilah 6 tempat wisata terbaik di Medan yang sangat sayang dilewatkan.

Istana Maimun

anekatempatwisata.com
anekatempatwisata.com

Spot wisata pertama adalah tempat wisata sekaligus tempat belajar sejarah. Istana Maimun berada di jalan Brigjen Katamso, kelurahan Sukaraja. Istana Maimun pertama kali dibangun oleh Sultan Deli, Mahmud Al-Rasyid, pada tahun 1888 dan baru selesai pada tahun 1891.

Meskipun ia dulunya adalah istana, namun sekarang ini Istana Maimun lebih digunakan sebagai tempat belajar sejarah kesultanan di masa lampau. Di dalam Istana Maimun, kita bisa melihat berbagai peninggalan sejarah Kesultanan Deli.

Kantor Pos Medan

flickr.com
flickr.com

Posisi Kantor Pos Medan persis berada di seberang Lapangan Merdeka Medan. Mengapa ia menjadi tujuan wisata? Hal ini dikarenakan ia adalah salah satu bangunan penuh sejarah yang masih berdiri kokoh dan aktif digunakan hingga sekarang.

Sekilas, Kantor Pos Medan akan terlihat seperti sangkar burung raksasa apabila dilihat dari kejauhan. Memang, salah satu keunikan lainnya adalah desain konstruksinya. Apabila kamu berkunjung ke sini, jangan sampai lupa untuk membawa kamera, karena ini memang spot yang sangat cocok buat tempat berfoto, apalagi di malam hari.

Museum Sumatera Utara

photobucket.com

Museum ini merupakan museum terbesar di Sumatera Utara yang mempunyai beragam macam peninggalan budaya dan tentunya sejarah dari Sumatera Utara. Komplek bangunan museum yang berada di atas lahan seluas 10.468 meter persegi ini memiliki dua lantai yang terbagi dalam berbagai ruangan.

Museum Sumatera Utara berlokasi di jalan H.M Jhoni no. 51, Medan. Di dalam museum ini terdapat lebih dari 6.000 koleksi yang terdiri dari peninggalan pra-sejarah, barang-barang peninggalan Hindu-Budha, hewan khas Sumatera dan sebagainya.

Hillpark Sibolangit

1001wisata.com

Hillpark Sibolangit adalah taman bermain terbesar yang ada di kota Medan. Konsep permainan Hillpark tidak jauh berbeda dengan taman bermain lainnya semisal Dufan dan sejenisnya. Di sini, kamu bisa merasakan sensasi wahana roller coaster, kincir raksasa, bioskop 4 dimensi serta berbagai konser dan pertunjukan lainnya.

Selain itu, kondisi taman bermain ini cukup bersih dan memiliki udara yang sejuk. Sayangnya, Hillpark Sibolangit hanya dibuka pada hari Sabtu, Minggu, dan saat hari libur nasional. Taman bermain ini cocok untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga. Anda hanya perlu membayar biaya retribusi 45.000 Rupiah.

Taman Buaya Asam Kumbang

mediapijar.com

Kalau kamu mau mencoba pengalaman liburan yang berbeda dan anti-mainstream, cobalah untuk mengunjungi Taman Buaya Asam Kumbang ini. Taman ini merupakan tempat penangkaran buaya terbesar di Indonesia, yang di dalamnya terdapat sekitar 2.500 ekor buaya dengan berbagai ukuran.

Konon, dahulu tempat penangkaran ini awalnya dikelola sebuah keluarga yang memelihara beberapa jenis buaya di halaman belakang rumah mereka. Tak disangka, ternyata buayanya semakin banyak dan akhirnya diserahkan kepada pemerintah untuk diuru agar lebih terawat.

Merdeka Walk

jayanjayan.com

Setelah seharian lelah berkeliling kota Medan, menjelang petang berkunjunglah ke Merdeka Walk. Merdeka Walk atau sering disebut MW, merupakan tempat wisata malam yang terdapat beragam jenis kuliner serta pertunjukan. Di sini kamu bisa mendapati beragam jenis gerai makanan khas Medan, western food, dan makanan Asia.

Salah satu spot ternyaman di Merdeka Walk adalah Center Piece, yang merupakan lahan dengan banyak pepohonan rindang.

Tinggalkan komentar