6 Olahan Daging Sapi yang Menggugah Selera

OLAHAN DAGING SAPI – Daging merupakan salah satu makanan yang memiliki harga yang cukup tinggi. Jadi, nggak semua orang sering makan yang namanya daging ini.

Nah, daging ini bisa diolah jadi bermacam-macam makanan lho. Dari yang direbus, dipanggang, digoreng sampai digiling pun ada. Tinggal pilih aja mana yang sesuai dengan selera kamu.

Olahan daging yang ada di Indonesia ini banyak banget lho. Mending langsung dilihat aja beberapa olahan yang berbahan dasar daging yang ada di Indonesia.

Rendang

duniainter.net
duniainter.net

Rendang merupakan salah satu makanan yang berasal dari Padang dan sudah mendunia lho. Nah, rendang adalah masakan yang berbahan dasar daging, memiliki cita rasa pedas. Bumbu yang digunakan untuk membuat rendang sangat beragam, sehingga rasa yang dihasilkan menjadi khas.

Memasak rendang membutuhkan waktu yang nggak sebentar lho. Butuh berjam-jam sampai rendang yang dihasilkan menjadi kering dan berwarna hitam pekat.

Rendang ini jika disimpan dalam suhu ruang dapat bertahan selama berminggu-minggu lho, Jadi, kamu bisa nih bawa rendang sebagai oleh-oleh ketika pergi ke Padang.

Ada juga yang namanya kalio, yaitu rendang yang dimasak dalam waktu singkat sehingga santannya belum mengering. Warnanya nggak hitam pekat, tapi coklat terang agak keemasan.

Bakso

caramembuat123.blogspot.com
caramembuat123.blogspot.com

Bakso ini salah satu makanan yang populer lho di masyarakat Indonesia. Nah, bakso adalah makanan berbahan dasar daging yang berbentuk bola. Kalau bahasa Inggris-nya tuh meat ball atau bola daging.

Selain daging giling, bahan lain yang digunakan untuk membuat bakso adalah tepung tapioka, dan juga bumbu-bumbu lainnya. Nah, kalau sudah matang biasanya bakso diberi pelengkap berupa mie kuning, bihun, taoge, tahu dan seledri. Ada juga yang menambahkan dengan telur dan juga bakso kering.

Sekarang, bakso nggak cuma berbahan dasar daging sapi aja lho. Ada juga bakso yang memakai ikan, ayam, jamur bahkan sayuran sebagai bahan dasarnya. Sehingga kita bisa memilih variasi bakso mana yang kita suka.

Sate Lilit

resepmasakann.info
resepmasakann.info

Sate ternyata nggak cuma ditusuk-tusuk aja lho, ada juga yang dililit, namanya sate lilit. Sate lilit ini merupakan salah satu makanan yang berasal dari Bali. Sate lilit ini nggak ditusuk tapi dililit, jadi daging cincang yang dibumbui kemudian dililitkan ke batang sereh.

Bukan cuma bentuknya aja yang berbeda dari sate pada umumnya, tapi rasanya pun juga enak. Penggemarnya juga nggak cuma dari Bali aja lho, dari berbagai pelosok negeri hingga luar negeri pun ada yang suka sama makanan khas Bali ini.

Nah, dari pada penasaran, mending langsung aja cobain gimana rasa dari makanan ini. Kalau perlu langsung datang ke Bali untuk nyobain sate lilit asli dari tempat asalnya.

Dendeng

id.wikipedia.org
id.wikipedia.org

Pernah denger dendeng nggak? Itu lho makanan berbahan dasar daging yang dipotong tipis-tipis terus lemaknya dihilangkan dan dibumbui kemudian dikeringkan.

Nah, dibuat dendeng ini biar dagingnya itu lebih awet atau tahan lama. Kok bisa lebih awet? Lebih awet karena dendeng ini sifatnya kering dan diberi bumbu yang salah satu fungsinya sebagai penghambat tumbuhnya mikrobia dalam dendeng. Jadi, kamu nggak perlu menyimpan dendeng di dalam lemari es, cukup simpan dalam wadah tertutup di suhu ruang saja.

Steak

thebutchersmarkets.com
thebutchersmarkets.com

Nah, kalau steak ini merupakan makanan yang bukan berasal dari Indonesia. Walaupun makanan ini bukan berasal dari Indonesia, tapi cukup populer juga lho di negeri ini. Terutama untuk kalangan menengah ke atas. Bukan karena rasanya aneh, tapi karena harganya yang cukup tinggi, sehingga kalangan menengah ke bawah jarang menikmati makanan yang satu ini.

Steak biasanya terbuat dari daging sapi, walaupun ada juga yang membuatnya menggunakan daging ayam atau bahan lainnya. Steak daging sapi kebanyakan di potong tegak lurus dengan serat otot yang akan menambah kelegitan daging.

Memasak steak pun tidak terlalu sulit dan nggak perlu bumbu yang banyak. Cukup beri garam dan juga lada, kemudian panggang di atas bara api, bisa juga digoreng.

Patty

redrobinpa.com
redrobinpa.com

Kalau kamu pernah nonton SpongeBob pasti tau makanan yang bernama krabby patty. Nah, krabby patty merupakan makanan yang bentuknya hamburger.

Ngomongin hamburger nih ya, di tengah hamburger itu ada satu komponen yang bahan dasarnya daging, namanya patty. Nah, patty ini dibuat dengan bahan dasar daging sapi cincang yang kemudian diberi bumbu. Setelah dicampur bersama bahan lainnya, kemudian patty dibentuk bulat pipih.

Nah, biasanya setelah jadi, patty akan disimpan dalam freezer dulu. Ketika akan dimasak, baru deh patty dikeluarkan dan ditunggu sampai es-nya mencair.

Tinggalkan komentar