6 Rumah Unik yang Perlu Kamu Tahu

Indonesia dikenal dengan keanekaragaman suku dan budaya. Walaupun dijajah selama hampir 3,5 abad oleh belanda, budaya daerah di Indonesia tidak pernah luntur. Suku dan budaya indonesia dari zaman dahulu sampai sekarang masih tetap eksis.

Salah satu bentuk keanekaragaman budaya indonesia adalah adanya rumah adat yang berbeda tiap suku dan budaya. Selain rumah adat juga terdapat rumah rumah modern hasil karya dari tangan tangan kreatif orang Indonesia.

Berikut ini beberapa rumah rumah unik yang ada di Indonesia.

 

Rumah Domes

panoramio.com
panoramio.com

Di Provinsi Daerah Istimewa Jogjakarta terdapat perkampungan unik yang bernama perkampungan Domes New Nglepen. Perkampungan ini memiliki rumah khas yang mirip dengan rumah yang berada di kutub utara atau yang lebih dikenal dengan iglo. Perkampungan ini memiliki rumah rumah putih berbentuk kubah. Rumah rumah ini tertata rapi seperti halnya perumahan elit. Selain unik, rumah rumah ini memang dibangun agar tahan gempa. Karena bentuknya yang unik, warga sekitar menjuluki rumah ini dengan sebutan rumah Teletubbies.

Rumah Pohon

isigood.com
isigood.com

Papua terkenal dengan berbagai suku pedalaman yang masih eksis di era modern ini. Suku Korowai yang merupakan suku asli Papua membangun rumah meraka di atas pohon. Masyarakat suku Korowai dijuluki dengan “orang pohon” karena selalu membangun rumahnya di atas pepohonan. Beberapa rumah mereka bahkan ada yang berada di ketinggian 50 meter dipermukaan tanah.

Goa Gala

blogspot.com
blogspot.com

Seorang pertapa bernama Made Byasa membuat sebuah gua sebagai tempat tinggalnya. Gua ini dibuat hanya dengan menggunakan peralatan sederhana. Goa ini digali dari batuan kapur yang menjadi ciri khas daerah Nusa Lembongan, Bali. Seperti halnya rumah pada umumnya, goa ini memiliki ruang tamu, kamar tidur, kamar mandi, sumur dan dapur.

Istana Wong Sintinx

blogspot.com
blogspot.com

Siapa yang tidak mengenal Ki Joko Bodo, paranormal fenomenal ini memiliki sebuah rumah unik sebagai tempat tinggalnya. Rumah itu terletak di daerah Jakarta Timur. Ketika kamu berkunjung ke rumah ini, kamu akan melihat sebuah plang nama yang amat mencolok bertuliskan Istana Wong Sintinx yang jika diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia artinya adalah Istana Orang Gila. Rumah ini memiliki simbol simbol yang membuat suasana rumah semakin terasa mengerikan. Rumah ini memiliki simbol simbol berupa burung hantu dan ular naga di bagian atas rumah.

Rumah Botol

ytimg.com
ytimg.com

Rumah botol ini terbuat dari 30.000 botol bekas minuman berenergu yang didesain sangat menarik. Botol botol tersebut berdiri diatas tanah seluas 373 meter persegi. Rumah Botol terletak di kawasan Cigadung Selatan, Bandung. Rumah ini mendapatkan penghargaan dari Green Design Award pada tahun 2009. Rumah botol sangat berjasa untuk penghematan energi dan pemanfaatan limbah. Botol botol kaca ini membuat sinar matahari mudah masuk ke rumah sehingga dapat menghemat penggunaan lampu pada siang hari.

Rumah Gurita

blogspot.com
blogspot.com

Bandung kembali terbukti sebagai salah satu kota dengan penduduk yang memiliki kreatifitas tinggi. Rumah Gurita terlihat sangat mencolok diantara rumah rumah lain. Seekor Gurita raksasa nampak sedang nemplok diatas rumah ini. Tentunya ini bukan Gurita asli, patung Gurita ini difungsikan sebagai pelindung ruang makan dari sinar matahari pada siang hari.

Tinggalkan komentar