6 Tips Jitu Mengatasi Kritikan

Manusia tidak ada yang sempurna, setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan. Ketika kesalahan itu dibuat, pasti akan menimbulkan reaksi orang orang sekitar untuk menkritik. Namun kadang kritikan orang lain sangat sulit diterima dan menjadi sangat menyakitkan hati. Seperti peribahasa “gajah di pelupuk mata tak tampak, semut di seberang lautan nampak” mudah sekali mencari kesalahan orang lain daripada kesalahan diri sendiri.

Trus bagaimana cara menghadapi kritikan? Bagaimana cara menghadapi komentar komentar pedas dari orang lain. Berikut ini adalah 6 cara tips jitu menghadapi kritikan yang bisa buat kamu tetap semangat.

Mendengarkan Secara Saksama

blogspot.com
blogspot.com

Biarkan orang lain memberimu kritikan atau saran. Dengarkan dengan saksama, jangan potong pembicaraan walaupun kamu tidak setuju. Berusahalah fokus mendengar isi kritikan dari orang lain. Cari tahu yang disampaikan orang lain itu fakta atau hanya opini.  Jika kritik tersebut akurat kamu harus bertanggung jawab atas kesalahan yang kamu perbuat sehingga kamu bisa memperbaiki diri. Cari makna dari kritikan yang kamu terima, jika cuma iri saja abaikan, namun jika kritikan tersebut untuk menguji mental kamu maka kamu harus segera memperbaiki diri.

Berusaha tidak defensif

wordpress.com
wordpress.com

Terlepas benar atau salah krtikan yang diarahkan kepadamu, kamu harus tetap bersikap tenang. Terima dulu segala kritikan, Berikan alasan yang jelas dan masuk akal atas kritikan yang kamu dapat. Jangan memaksakan alasan yang tidak masuk akal untuk membela diri kamu sendiri padahal nyatanya kamu memang melakukan kesalahan. Jangan membalas kritikan dengan hal yang tidak mengeenakkan, hal itu bisa membuat reputasimu menjadi buruk.

Hindari Terlalu Diambil Hati

qtations.com
qtations.com

Saat orang lain melakukan koreksi terhadap pekerjaan yang kamu lakukan, pastikan kamu tidak melebih lebihkan kritikannya. Jangan terlalu diambil hati, kalo emosi kamu tinggi kamu bakalan susah berfikir jernih dan bisa membuat menjadi masalah semakin runyam.

Diri Sendiri Tempatnya Salah dan Perlu Memperbaiki Diri

unsealed4x4.com.au
unsealed4x4.com.au

Saat kamu berfikir untuk terus belajar, kamu akan tahu bahwa melakukan kesalahan dalam bekerja adalah sangat mungkin terjadi dan merupakan hal yang lumrah. Buka diri kamu terhadap semua kesalahan karena di situ kamu tahu bahwa ada cara yang lebih baik dalam mengerjakan suatu pekerjaan. Dengan selalu membuka diri, kamu akan menjadi pribadi yang terus berkembang dan menjadi lebih baik di bidang yang kamu tekuni.

Beri Waktu Untuk Menyerap Kritikan

lifehack.org
lifehack.org

Kamu tidak harus menanggapi suatu kritikan saat itu juga. Apalagi kamu tanpa berpikir langsung melakukan pembelaan diri yang tidak masuk akal. Perbuatan itu malah bisa merugikan diri kamu sendiri. Kamu akan mendapatkan reputasi buruk dan tidak mau menerima saran dan kritikan buat kamu sendiri. Oleh sebab itu tampung semua saran dan kritikan yang ditujukan kepadamu. Semua keputusan untuk memperbaiki diri ada ditanganmu namun semua masukkan untuk perbaikan ada di tangan orang lain. Maka terbukalah untuk menerima kritikan dan saran orang lain dan tentukan sikapmu secara objektif.

Memperbaiki Diri

boomerstt.com
boomerstt.com

Tahap akhir dari kritik dan saran adalah aksi yang kamu berikan. Setelah menampung segala bentuk pendapat orang lain, kamu harus menimbang ulang, dan akhirnya waktumu untuk memutuskan. Kamu harus tunjukan bahwa kamu terus berkembang menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Tinggalkan komentar