7 Hal yang Harus Dilakukan Bila Mobilmu Terendam Banjir

Dimusim hujan sekarang ini, di sebagian kota besar yang ada di indonesia pasti terjadi banjir. Apabila kamu pengendara mobil dan mobilmu terjebak dalam genangan air di jalan, sebaiknya jangan panik. Segera lakukan tindakan berikut ini.

LANGKAH PENYELAMATAN

1. CEPAT LAKUKAN TINDAKAN DARURAT
Bila air mulai merendam mobil hingga melebihi dek lantai mobil, segera lepas kabel aki di terminal plus untuk mencegah sistem kelistrikan mobil rusak.

2. JANGAN MENGAKTIFKAN MESIN
Sebaiknya pindahkan mobil dengan cara didorong dan diderek bila mobilmu otomatis. Tak disarankan menyalakan mesin untuk mencegah kemungkinan masuknya air ke saluran isap mesin dan terjadi water hammerdi mesin sehingga mesin jebol.

LANGKAH PEMULIHAN

1. KERINGKAN
Pertama, lepas semua kabel kelistrikan dan semprot dengan kompresor atau hair dryer. Komponen yang perlu dikeringkan, antara lain, busi, saluran angin, saringan angin, karburator, koil, delco, alternator, dinamo starter, V-belt, dan seluruh rangkaian kabel.

2.GANTI OLI
Kuras oli di mesin, dan untuk mobil matik, termasuk oli transmisi, hingga habis dan bersih. Setelah itu, masukkan oli baru dan kuras lagi. Setelah habis dan bersih, baru isi dengan oli yang spesifikasinya sama dengan oli yang digunakan sebelumnya.

3.KURAS TANGKI BAHAN BAKAR
Meski tangki tertutup rapat, ada kemungkinan air masuk dari bagian lain. Adapun bahan bakar yang tercampur air, selain berpotensi menyebabkan mobil mogok, bisa merusak mesin.

4.KERINGKAN BEBERAPA PANEL
Pertama, cek panel dan kabel lampu untuk memastikan tidak ada lagi sisa-sisa air. Sebab, bila air masih tersisa, kemungkinan terjadinya korslet sangat besar. Kemudian, keringkan dan bersihkan pula wiper, klakson, door trim, karpet dek, serta jok.

5.PERIKSA SISTEM PENGEREMAN
Untuk memastikannya, lepas roda dan buka peranti sistem rem, mulai kampas, cakram, piston kaliper, hingga karet tromol.

6. PANASKAN MESIN
Setelah semua prosesi tersebut kamu lewati, panaskan mesin sekitar 15 menit. Bila mesin masih tersengal-sengal, jangan meneruskan pemanasan. Sebaiknya periksa lagi sistem kelistrikan dan bagian mesin, lalu kembali lakukan pemanasan.

7. CEK SISTEM ELECTRONIC CONTROL UNIT (ECU)
Untuk mendapatkan hasil yang pasti, sebaiknya bawa mobil ke bengkel yang memiliki peralatan pengujian ECU. Peranti ini sangat vital bagi mobil. Sebab, peranti yang kerap disebut komputer mobil itu menentukan performa mobil.

Tinggalkan komentar