7 Jenis Ikan Paling Unik di Dunia, Nomer 6 Punya Gigi Seperti Manusia

Di dunia ini terdapat banyak sekali jenis makhluk hidup yang memiliki keunikan masing-masing. Salah satunya adalah hewan yang hidup di laut, yaitu ikan. Pada kesempatan kali ini SatuJam akan membahas tentang 7 ikan paling unik di dunia. Tidak semua bentuk ikan di laut itu sama, contohnya ikan di bawah ini yang memiliki bentuk tubuh yang tidak umum atau bisa disebut unik. Apa sajakah ketujuh ikan paling unik di dunia tersebut? Berikut ulasannya.

Ikan Bermata Empat (Spookfish Eyes)

botinok.co.il
botinok.co.il

Yang pertama ada ikan mata empat, ikan ini termasuk dalam genus anablepidae, yang hidup di muara sungai bagian selatan Mexico hingga bagian selatan Amerika Selatan. Ikan mata empat ini hanya bisa hidup di air tawar dan air payau saja. Dinamakan ikan mata empat karena mereka memiliki mata yang terletak di bagian atas kepala dan terbagi dalam dua bagian, setiap bagian mata memiliki pupilnya sendiri. Sehingga ikan ini dapat melihat bagian di atas permukaan air dan bagian bawah air dalam waktu yang bersamaan. Bagian atas dan bawah yang dipisahkan oleh lapisan jaringan yang tipis ketebalan lensa mata bagian atas dan bawah pun berbeda, semakin ke bawah semakin tipis.

Ikan Kelelawar Bibir Merah (Red Lipped Batfish)

warungkopi.okezone.com
warungkopi.okezone.com

Ikan kelelawar bibir merah adalah nama yang diberikan untuk ikan yang terlihat seperti memakai lipstik ini. Ikan bibir merah hidup di perairan yang berada di Kepulauan Galapagos. Ikan bibir merah tidak terlalu baik dalam berenang, sehingga ikan ini menggunakan sirip yang ada pada dadanya untuk berjalan di dasar laut. Ikan bibir merah dewasa memiliki sirip punggung yang bersatu dengan tulang belakangnya sehingga terlihat menarik bagi mangsanya.

Ikan Hantu (Ping Pong Tree Sponge)

vne-realnosti.ru
vne-realnosti.ru

Ikan hantu atau ping pong tree sponge adalah ikan yang memiliki bentuk wajah yang cukup menyeramkan. Belum ada penjelasan lengkap tentang ikan ini, salah satu kamera milik peneliti menangkap gambar ikan menyeramkan ini sedang berenang di kedalaman ratusan meter. Dinamakan ikan hantu karena bentuk wajahnya mirip dengan burung hantu.

Ikan Kepala Transparan (Barreleye Fish)

www.kpinet.com
www.kpinet.com

Ikan kepala transparan memiliki kepala transparan yang cembung dan berisikan cairan bening. Sehingga bagian pangkal mata dan organ dalam kepala yang lainnya terlihat jelas dari luar. Di belakang pangkal mata terdapat dua gundukan yang berwarna kuning kehijauan, kedua gundukan tersebut berfungsi sebagai mata. Dengan ukuran sirip yang besar ikan kepala transparan dapat membuat dirinya tetap seimbang.

Ikan ini hidup di bawah kedalaman air laut yang tidak terjangkau oleh sinar matahari, sehingga membuatnya terlindung dari pemangsa. Namun ikan kepala transparan dapat melihat walaupun dalam keadaan yang kurang cahaya. Mereka dapat melihat cahaya yang terdapat dari ikan kecil dan ubur-ubur yang merupakan makanan favoritnya. Ikan ini hidup pada kedalaman 600 meter yang kita ketahui memiliki tekanan air yang sangat kuat.

Ikan Terbang (Real Flying Fish)

ent.happyfishing.com
ent.happyfishing.com

Ikan terbang merupakan keluarga dari ikan laut yang terdiri atas sekitar 50 spesies yang dikelompokkan dalam 7 hingga 9 genus. Ikan terbang dapat ditemukan pada semua perairan, terutama pada perairan tropis dan subtropis, yaitu di samudera Atlantik, Pasifik dan Hindia. Ciri khas dari ikan terbang adalah sirip dadanya yang besar, yang memungkinkan ikan ini dapat meluncur terbang secara singkat di atas permukaan air untuk melarikan diri dari pemangsa. Ikan ini dapat meluncur sejauh sekitar 50 meter. Mereka juga dapat menggunakan dorongan pada ujung ekor mereka sehingga dapat mencapai jarak sejauh 400 meter.

Ikan Bergigi Manusia (Fish Teeth)

www.lostateminor.com
www.lostateminor.com

Fish teeth atau ikan bergigi manusia adalah ikan yang memiliki rahang dan susunan gigi mirip seperti gigi manusia. Warna tubuhnya gelap dengan berat sekitar 5 kg dan panjang 50 cm. Frank Yarborough seorang pemancing dari Amerika Serikat adalah orang pertama yang menemukan ikan bergigi manusia ini dan masih menyimpannya dalam akuarium yang diletakkan di rumahnya.

Ikan Bertangan (Fish With Hands)

www.theguardian.com
www.theguardian.com

Ikan bertangan atau fish with hands merupakan salah satu jenis terbaru dari ikan bertangan lainnya. Ikan ini terlihat sangat unik karena tidak berenang dan itulah sebab kenapa ikan ini tinggal di dasar laut. Ikan ini menggunakan tangannya yang seharusnya menjadi sirip untuk berjalan di dasar laut. Lokasi ditemukannya ikan bertangan terdapat di daerah Tasmania, Australia. Ukuran tubuhnya sekitar 15 cm dan kulitnya dilapisi sisik yang kasar (denticle).

Tinggalkan komentar