7 Tips Memilih Makanan Untuk Diet

MAKANAN UNTUK DIET – Diet adalah salah satu cara untuk menurunkan berat badan secara ideal. Namun kebanyakan orang salah dalam memilih makanan untuk dietnya sehingga yang dihasilkan tidak sesuai dengan harapan. Untuk kamu yang sedang proses diet cobalah untuk mengikuti tips yang ada pada artikel ini. Karena memilih makanan untuk diet sangatlah penting.

 

Pilihlah Pengganti Makanan Pokok yang Rendah Kalori

http://resiliencefitness.com/
http://resiliencefitness.com/

Dalam menjalani program diet, menentukan jumlah kalori tentunya menjadi perhatian khusus. Dalam beraktivitas kamu akan memerlukan karbohidrat, semakin banyak aktivitas yang kamu lakukan maka semakin banyak pula karbohidrat yang kamu butuhkan. Dari karbohidrat inilah akan diubah menjadi energi oleh tubuh.

Maka dari itu untuk kamu yang sedang menjalani proses diet tidak perlu khwatir, ada beberapa makanan yang memiliki karbohidrat yang tinggi namun rendah kalori, sehingga membuat kamu tetap beraktivitas seperti biasa. Contoh dari makanan yang memiliki kandungan karbohidrat tinggi namun rendah kalori adalah umbi-umbian, oat meal dan beras merah.

Hindari Makanan Dengan Kandungan Kalori yang Tinggi

thedish.plated.com
thedish.plated.com

Jika kamu sedang diet hindari makanan yang mengandung kalori yang tinggi karena akan menyebabkan terjadinya penumpukan lemak yang tidak sehat bagi tubuh. Mengonsumsi makanan dengan kalori yang tinggi juga beresiko mengundang penyakit yang berbahaya.

Buah dan Makanan olahan yang banyak mengandung kalori

Buah-buahan

buah-buahan yang banyak mengandung kalori
ahlinyaobatherbal.com

Meski memiliki kadar nutrisi, vitamin dan mineral banyak dan bagus untuk tubuh, Tetapi ternyata buah-buahan menjadi penyumbang asupan kalori yang tinggi pula.

Tercatat banyak jenis buah yang harus anda perhatikan dalam mengkonsumsinya supaya kalori yang masuk dalam tubuh tidak terlalu banyak. Diantara buah-buahan tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Pisang

Pisang memiliki banyak nutrisi yang baik bagi tubuh manusia seperti kalsium, potasium, fosfor dan zat besi. Namun, ternyata dari sekian banyak nutrisi/vitamin, juga memiliki banyak kalori, satu buah pisang mengandung kalori sebesar 89 Kkl, per 100 gram.

  1. Apel

Buah ini adalah buah yang menyegarkan dan kaya akan mineral serta vitamin yang diperlukan tubuh, bahkan juga di konsumsi untuk diet sehat, Namun demikian, ternyata apel jug mempunyai kandungan kalori yang cukup banyak yaitu sebesar 52 Kkl, per 100 gram

  1. Blueberry

Blueberry adalah buah tumbuhan yang berasal dari Amerika Utara, tumbuhan ini juga tumbuh di Belahan Selatan Australia, Selandia Baru dan negara-negara Amerika Selatan.

Mengenai kandungan kalori dari buah ini yakni 83 % dari buah yang manis dan enak ini merupakan lemak. Hal ini disebabkan kandungan gula yang terdapat dalam buah ini sangat tinggi.

Sehingga berimbas pada kandungan kalori yang ada dalam buah ini yakni sebesar 38 Kkl, per 100 gram.

Makanan olahan

makanan olahan yang banyak mengandung lemak/kalori
nalisadaily.com

Produk olahan ini mengacu kepada berbagai produk makanan yang merupakan olahan, baik diolah dalam pabrik atau diolah dalam rumah sehari-hari kita konsumsi.

Ternyata banyak diantara produk-produk olahan ini yang mengandung kalori tinggi, Yaitu seperti berikut :

  1. Minyak Lemak Hewani

Minyak, merupakan penyumbang terbesar kalori dari sebuah makanan olahan yang biasa kita makan sehari-hari. Hampir semua makanan membutuhkan minyak yang berasal dari lemak hewani untuk dijadikan sebagai bahan keperluan memasak.

Dari beberapa penelitian mengungkap kan bahwa 100 gram minyak lemak hewani mengandung 902 kalori.

  1. Minyak Sayur

Minyak sayur adalah minyak yang berasal dari lemak nabati. Se sehat apapun itu, tetap saja namanya minyak. Minyak adalah bahan masakan yang memiliki kandungan lemak tinggi, dan minyak sayur ini memiliki kalori sebesar 884 kalori per 100 gram nya.

  1. Keripik Kentang

Jika anda sering mengkonsumsi keripik kentang, pernahkah anda melihat tabel nilai gizi yang terdapat di belakang kemasan? Keripik kentang dapat menghasilkan lebih dari 160 kalori hanya dalam beberapa buah saja. Hal tersebut dikarenakan proses pembuatan nya adalah digoreng, yang membuat makanan enak ini kaya akan kalori.

  1. Dressing Salad

Pernahkah anda mengkonsumsi salad? Dan apa saja dressing yang digunakan untuk salad anda? Thousand island, Mayo, Mustard. ketiga dressing tersebut mempunyai kadar kalori yang tinggi, karena terbuat dari susu. 100 gram dari dressing salad = 631 kalori untuk tubuh.

  1. Es Krim

Makanan olahan ini jelas mempunyai kandungan lemak yang tinggi. Selain terbuat dari susu, es krim juga mempunyai tambahan bahan lainnya, yakni gula. Penambahan bahan-bahan ini membuat dua wadah es krim ukuran sedang mempunyai kadar kalori yang tinggi.

  1. Nasi Goreng

Nasi goreng merupakan makanan yang cara pengolahan nya dengan digoreng, Meski tidak menggunakan banyak minyak, namun kalori yang dihasilkan dari makanan lezat ini sangat tinggi. Yaitu satu porsi nasi goreng mengandung kurang lebih 600 kalori.

  1. Junk food dan fast food

Sudah dapat dipastikan bahwa makanan cepat seperti junk food ini mempunyai kadar lemak yang tinggi dan berbahaya untuk kesehatan tubuh anda. Satu porsi junk food seperti burger bisa mengandung kalori hingga 400 kalori.

Perbanyak Makan Buah dan Sayur

http://www.lacaridad78.com/
http://www.lacaridad78.com/

Tidak diragukan lagi bahwa mengkonsumsi banyak buah dan sayur akan sangat membantu dalam proses diet yang kamu jalani. Berbagai kandungan vitamin, mineral serta zat-zat senyawa alami yang ada di dalam buah memberikan banyak keuntungan bagi tubuh sekaligus membantu kamu selama menjalani proses diet.

Buah yang baik unuk membantu proses diet kamu adalah pisang, apel, melon, semangka dan lainnya. Selain berguna untuk membantu program diet, dengan banyak mengkonsumsi buah dan sayur juga baik untuk tubuh secara keseluruhan, baik untuk menjaga daya tahan tubuh dan sebagai menambah nutrisi.

Dari berbagai sayuran dan buah yang ada, beberapa ada yang dianjurkan untuk di konsumsi saat kamu sedang menjalankan program diet. Berikut adalah buah dan sayuran yang dianjurkan untuk di konsumsi saat diet:

  1. Brokoli

Brokoli adalah sayuran yang dianjurkan untuk kamu yang sedang menjalankan program diet. Karena brokoli memiliki kandungan protein sebanyak 40% dan karbohidrat kompleks sebanyak 60%.

Karbohidrat kompleks adalah kebalikan dari karbohidrat biasa, karena karbohidrat kompleks bisa membantu menurunkan berat badan dan juga bisa melancarkan pencernaan.

Brokoli juga sangat terkenal dengan istilah sayuran penangkal kanker. Dan juga brokoli memiliki kandungan antioksidan, kalsium, selenium, magnesium, zat besi dan thiamin yang sangat berguna untuk kesehatan tubuh.

  1. Bayam

Sayuran yang dianjurkan untuk diet yang kedua adalah bayam, bayam adalah salah satu sayuran yang sangat dianjurkan saat kamu menjalankan program diet. Hal ini disebabkan karena bayam mengandung serat yang tinggi dibandingkan dengan sayuran lainnya.

Kegunaan serat adalah memperlancar pencernaan yang pastinya sangat berguna untuk diet. Tetapi bukan hanya itu saja, serat juga dapat mengurangi timbunan air yang ada di dalam tubuh kita. Penumpukan air di dalam tubuh kita adalah salah satu penyebab menaiknya berat badan.

  1. Bunga Kol

Sayuran yang ketiga adalah bunga kol. Mungkin yang kamu tahu jeruk memiliki kandungan vitamin C yang paling tinggi, tetapi untuk jenis sayuran bunga kol lah yang memiliki kandungan vitamin C yang paling besar.

Vitamin C sangatlah berguna untuk diet, karena vitamin C akan membantu membakar lemak saat kamu sedang beraktivitas dan berolahraga. Tetapi, vitamin C tidak akan membakar lemak dengan sendirinya, jadi kamu tetap harus berolahraga untuk membakar lemak di dalam tubuh.

  1. Pepaya

Buah yang pertama adalah buah pepaya. Buah pepaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan diri kita. Buah pepaya juga memiliki kandungan serat yang dapat membantu program diet kita seperti yang tadi kita sudah bahas di atas.

Selain itu, buah ini juga hanya mengandung sedikit gula sehingga tidak memberikan banyak kalori untuk tubuh kita. Buah ini juga memiliki kandungan Vit C, flavonoids dan carotene.

  1. Pear

Buah selanjutnya adalah buah pear. Buah pear memiliki kandungan serat paling banyak dibandingkan dengan buah lainnya, sehingga buah ini sangat dianjurkan untuk program diet. Selain itu buah pear juga membuat perut kita terisi lebih lama sehingga kita akan tetap merasa kenyang dalam waktu lebih lama dan tidak cepat lapar kembali.

  1. Nanas

Buah ketiga adalah buah nanas. Kegunaan buah nanas adalah buah ini dapat mengatur kadar lemak dalam tubuh. Buah ini juga bebas dari kandungan kolesterol dan lemak sehingga sangat cocok untuk program diet sehat.

Selain itu nanas juga lebih banyak mengandung air, kandungan air dalam buah nanas adalah 85% sehingga buah ini tidak memberikan kalori untuk tubuh kita. Nanas juga mengandung serat, vitamin, mineral dan antioksidan yang sangat berguna untuk tubuh kita.

  1. Jeruk Lemon

Jeruk lemon adalah buah yang sangat bermanfaat untuk kamu yang sedang diet. Buah ini memiliki manfaat untuk detoksifikasi dan juga memperlancar peredaran darah. Buah ini juga bisa membersihkan kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh kita dan juga memperlancar tubuh kita.

Buah ini juga bisa mengurangi rasa lapar sehingga porsi makan kamu juga akan terjaga. Kamu bisa mengkonsumsi buah ini dengan cara dibuat menjadi minum jeruk lemon tanpa gula atau juga bisa dibuat menjadi infused water.

Makan Dalam Ukuran yang Layak

http://www.tsquirrel.com/
http://www.tsquirrel.com/

Lebih baik jika kamu menyantap makanan yang kamu inginkan agar tetap sehat, namun masih dalam porsi yang layak misalnya jangan lebih dari 2 porsi makanan.

Kurangi, Bukan Membatasi Porsi Makan

http://img.hipwee.com/
http://img.hipwee.com/

Kebanyakan orang akan menyantap makanan untuk menyenangkan diri. Namun jika makanan yang kamu sukai memiliki lemak yang tinggi lebih baik jangan dimakan pada saat proses diet karena akan mengakibatkan gagalnya proses tersebut. Sebaiknya periksa terlebih dahulu kandungan makanan yang kamu ingin konsumsi.

Seimbangkan Pilihan Makanan Anda Setiap Saat

http://therecordingrevolution.com/
http://therecordingrevolution.com/

Saat kamu mengkonsumsi makanan tinggi lemak, garam, atau gula pilihlah yang bahan-bahannya yang paling rendah kalorinya. Jika kamu melewatkan keompok makanan ini dalam satu hari, perbaikilah di hari berikutnya.

Makan Secara Teratur

http://static1.nachrichten.at/
http://static1.nachrichten.at/

Dengan melewatkan jam makan dengan kesengajaan hanya akan mengakibatkan kontrol rasa lapar akan hilang, bahkan hasilnya menjadi rasa lapar yang berlebihan. Saat kamu merasa lapar, itu menandakan kamu melupakan nutrisi didalam makanan yang kamu konsumsi. Apabila kamu sedang melakukan sebuah aktifitas, sebaiknya makanlah terlebih dahulu agar tidak menghilangkan konsesntrasi dalam berfikir.

Makan Olahan Kacang-kacangan

makanan untuk diet
saborusa.co

Tujuan kita melakukan diet pastinya mendapatkan berat badan yang ideal kan? Namun jangan lupa, diet yang baik baik itu juga harus memperhatikan kandungan gizi dari setiap makanan yang hendak dikonsumsi.

Nah, berbicara mengenai kacang-kacangan atau polong-polongan ternyata di dalam jenis bahan makanan ini sangat bagus untuk dijadikan daftar menu makanan buat diet sehat kamu. Karena di dalamnya terdapat serat, protein dan berbagai zat lain yang bisa menambah dan menjaga kebugaran tubuh.

Berikut adalah rekomendasi kacang-kacangan yang bisa kamu konsumsi :

Kacang Kedelai

Kacang Kedelai adalah salah satu jenis polong-polongan yang kandungan nutrisinya baik untuk tubuh. Di Indonesia Kacang kedelai bukanlah makanan baru, sudah banyak olahan yang bisa dibuat dari bahan ini, seperti tempe, tahu, susu kedelai dan lainnya.

Di beberapa Negara seperti Cina dan Jepang, Kacang Kedelai hampir dikonsumsi oleh semua penduduknya.

Buat kamu yang diet, Kacang Kedelai sangat direkomendasikan untuk dijadikan list makanan untuk diet. Karena di dalam Kacang Kedelai terdapat kandungan serat larut yang akan mempercepat pembuangan sisa makanan melalui saluran pencernaan.

Selain itu, olahan Kacang Kedelai juga rendah lemak tetapi tinggi akan protein. Kandungan karbohidrat oligosakarida pun tidak terserap oleh air. Jadi, kamu tidak perlu takut gemuk untuk mengkonsumsinya.

Namun diantara kelebihan diatas, Kacang Kedelai tidak disarankan untuk kamu yang memiliki tumor atau kanker payudara aktif dan masalah kerusakan pada otak. Sebab di dalamnya terdapat zat yang malah bisa mengkhawatirkan penyakit tersebut.

Kacang Panjang

Kacang Panjang merupakan salah satu bahan makanan yang paling mudah kita jumpai di Indonesia. Beragam makanan olahan dari Kacang panjang sering kita rasakan sehari-hari.

Namun tahukah kamu bahwa Kacang Panjang memiliki segudang manfaat baik bagi tubuh kita, terlebih bagi kamu yang sedang mencari daftar makanan untuk diet.

Kacang Panjang kaya akan kandungan vitamin B1, vitamin B2, fosfor, zat besi riboflavin, zat besi dan pectin. Semua itu bisa merangsang enzim-enzim baik yang mampu menjaga kesehatan tubuh kita.

Faktanya, sumber protein nabati yang terdapat dari sayuran dan kacang-kacangan, salah satunya Kacang Panjang terbukti lebih ramah terhadap sistem pencernaan dibanding protein hewani. Untuk itu bahan makanan ini bisa kamu jadikan referensi dalam menu diet sehatmu.

Kacang Merah

Bisa dibilang Kacang Merah belum terlalu banyak dikonsumsi oleh masyarakat kita. Biasanya Kacang Merah hanya sekedar pelengkap dalam beberapa menu makanan. Pamornya pun juga masih kalah dengan kacang kedelai dan kacang panjang.

Meskipun begitu, Kacang Merah juga layak untuk dijadikan tambahan menu makanan untuk diet sehat kamu. Karena di dalam polong-polongan ini terdapat manfaat yang sayang jika diabaikan begitu saja.

Nilai gizi dari Kacang Merah sangatlah diperlukan untuk membangun kesehatan tubuh manusia, seperti kandungan asam folat, kalsium, karbohidrat dan protein. Kadar serat yang tinggi beserta karbohidrat kompleks bisa menekan gejala diabetes yang sering terjadi.

Selain itu, Kacang Merah juga kaya akan antioksidan yang berguna untuk menjaga sel-sel yang berkaitan dengan kerusakan akibat adanya radikal bebas.

Tips untuk memasak Kacang Merah :

  • Kacang Merah Kaleng. Kacang yang terdapat dalam kaleng, biasanya mengandung natrium dalam jumlah yang tinggi dan juga zat aditif lainnya. Untuk mengurangi zat-zat tersebut, biasakan membilasnya sebelum masak.
  • Kacang Merah Kering. Pertama bilaslah kacang kering dan bersihkan dari kotoran seperti batu dan kacang yang rusak. Kemudian rendam dengan menggunakan air tawar selama satu malam. Di pagi harinya ganti air rendaman kemudian rebuslah sampai matang.

Diet dengan Makanan Berprotein

Tips Memilih Makanan Berprotein untuk Diet
eatthis.com

Telur

Ketika dalam program diet, banyak orang yang menghindari telur. Mereka menganggap telur sebagai makanan yang mengandung kolesterol yang banyak sehingga mengira bahwa telur ini akan menghambat proses diet mereka.

Tapi tahukah kamu?

Sebenarnya, telur mengandung nutrisi yang tidak akan menambah kolesterol di dalam tubuh kita.

Telur mempunyai kandungan protein yang tinggi dan lemak sehat. Selain itu juga telur mengandung kalori yang rendah.

Dengan menambahkan telur di dalam menu diet, kamu bisa membuat perutmu mampu menahan lapar untuk waktu yang lebih lama dari sebelumnya.

Bagian telur terbaik sebagai tambahan dalam menu dietmu adalah kuning telur-nya. Tapi bukan berarti putih telur-nya tidak baik, putih telur-nya juga merupakan salah satu makanan yang mengandung protein super tinggi.

Kamu bisa mengkonsumsi berbagai jenis telur seperti telur ayam kampung, telur ayam petelur, telur puyuh, dan berbagai macam telur dari hewan unggas lainnya.

Ikan Salmon

Ikan salmon merupakan salah satu makanan yang dapat menurunkan kadar lemak di dalam tubuh kita.

Satu potong kecil ikan salmon yang beratnya kira-kira 3 ons dapat mengandung sekitar 7 gram protein.

Ikan salmon mengandung berbagai macam nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti omega 3 yang berfungsi untuk menjaga kesehatan jantung.

Selain itu, ikan salmon juga mengandung yodium yang jumlahnya cukup tinggi. Yodium ini dapat membantu kelenjar tiroid untuk bekerja lebih maksimal sehingga sistem metabolisme tubuh kita dapat berjalan dengan lebih cepat.

Mengkonsumsi ikan salmon yang mengandung protein tinggi akan membantu perut untuk bisa menahan lapar lebih lama.

Dada Ayam Tanpa Kulit

Jumlah kalori yang terkandung di dada ayam tanpa kulit adalah sekitar 230 kalori. Dan kandungan lemak di dalam dada ayam hanyalah sekitar 3 gram saja.

Satu porsi ayam tanpa kulit bisa mengandung sampai 48 protein. Hal ini sangat baik untuk program diet.

Selain itu, di dalam daging ayam tanpa kulit juga terkandung karbohidrat, kalsium, dan kalium.

Mengkonsumsi daging ayam juga dapat membuat perut merasa lebih kenyang untuk waktu yang lama.

Daging Merah Tanpa Lemak

Daging merah tanpa lemak merupakan salah satu menu yang sangat baik untuk di-konsumsi ketika sedang dalam program diet.

Daging merah yang sudah diolah dengan cara yang baik dan benar, atau hingga matang, mempunyai kandungan protein yang sangat tinggi.

Protein di dalam daging sapi memiliki kandungan berbagai jenis asam amino yang tentu saja baik untuk menjaga kesehatan tubuh, membangun otot dan dalam proses regenerasi sel kulit mati.

Untuk diet, konsumsi daging harian tidak boleh lebih dari 3 ons.

Nutrisi lain yang terdapat di dalam daging sapi adalah mineral (zat besi, fosfor, seng, tembaga, kalium, magnesium, dan selenium), vitamin (asam pantotenat, thiamin, riboflamin, vitamin B6 dan B12).

Bagian daging yang paling baik untuk di-konsumsi ketika diet adalah yang tidak mengandung lemak.

Ikan Tuna

Ikan tuna merupakan jenis ikan yang memiliki banyak kandungan zat omega 3. Di setiap 3 ons daging ikan tuna, terkandung sekitar 90 miligram asam docosahexaenoic, atau yang lebih dikenal sebagai DHA.

Kadar omega 3 di dalam ikan tuna dapat menurunkan kadar lemak yang ada di dalam tubuh dengan mengubah kadar trigliserida di dalam darah.

Selain itu, di dalam 3 ons ikan tuna juga terdapat sekitar 27 gram protein yang setara dengan sekitar 110 kalori. Jumlah ini sangatlah cukup untuk dapat memenuhi kebutuhan kalori harian tubuh.

Diet dengan mengkonsumsi ikan tuna sangatlah menguntungkan, karena dapat menjadi salah satu sumber protein yang tinggi dan banyak mengandung kalori untuk tubuh.

Tinggalkan komentar