8 Cara Cari Duit Sejak Mahasiswa

Sekarang adalah eranya mahasiswa bisa cari uang sendiri, karena biasanya uang kiriman dari orang tua pas-pasan, padahal banyak keperluan yang mendesak. Lalu nggak enak mau minta lebih, karena nggak mau menyusahkan orang tua. Belum lagi pengen jajan atau beli ini itu. Itulah derita mahasiswa.

Biasanya masa-masa kuliah banyak waktu yang kosong. Rasanya sayang kalau gak dimanfaatkan buat mencari sebanyak-banyaknya pengalaman bisnis atau kerja. Selain bisa mengisi rekening tabunganmu, dari situ kamu juga bisa belajar mandiri. Malu juga ‘kan kalau cuma bisa menengadahkan tangan ke orang tua terus. Untuk itu ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan:

1.Memulai dari usia muda.
Makin dini kita memulai, semakin banyak kesempatan emas yang bisa kita raih. Mulailah mencoba berbisnis atau kerja paruh waktu sembari kuliah. Dengan begitu maka akan semakin banyak pengalaman kerja yang bisa kita kumpulkan sebelum saatnya benar-benar terjun ke dunia kerja.

2. Buat resume yang jujur.
Saat berbisnis atau bekerja dan berhubungan dengan pihak lain, baik itu perusahaan tempat kerja paruh waktu atau calon rekanan bisnis skala kecil, jangan pernah berbohong tentang siapa kamu dan apa kemampuanmu.

3. Manfaatkan segala sumber daya.
Manfaatkan Internet, gunakan komunitas pergaulan, gali lagi semua minat dan bakat yang bisa menghasilkan uang.

4. Jangan takut, melamar saja.
Jangan takut gagal sebelum mencoba. Jajal saja. Kita tak pernah tahu apakah ada rezeki di usaha itu.

5. Bersiap untuk wawancara dan transaksi bisnis.
Meski masih berstatus mahasiswa sekalipun dan hanya akan mengisi posisi kerja paruh waktu, perlakukan pekerjaan atau transaksi bisnis yang ada secara profesional. Berbusana rapi dan menyiapkan mental adalah sebagian di antaranya.

6. Jika merasa tak cocok, jangan takut mundur.
Ada kalanya kita merasa tak cocok dengan lingkungan kerja atau merasa kerja paruh waktu itu akan mengganggu kuliah. Jika itu terjadi, jangan takut mundur.

7. Berpikir positif.
Gagal dan ditolak adalah hal biasa dalam hidup. Jangan menyerah ketika lamaran kerja paruh waktu atau proyek yang bisa menghasilkan uang gagal sesekali. Di luar sana masih banyak peluang yang bisa diraih.

8. Bergaul!
Akan sangat sulit mendapatkan pekerjaan sampingan, proyek, atau bisnis yang menghasilkan uang yang menghasilkan uang jika kita tak punya teman. Sebab, rezeki datang tak terduga, sering kali berasal dari pertemanan itu.

Tinggalkan komentar