8 Hal yang Harus Kamu Siapkan Sebelum Kuliah ke Luar Negeri

Kuliah ke luar negeri menjadi daya tarik tersendiri bagi para pelajar. Selain menambah ilmu, mereka juga akan mendapat pengalaman baru yang tidak didapatkan oleh pelajar lain di dalam negeri.

Hal utama yang harus dilakukan saat kuliah di luar negeri adalah kemampuan untuk beradaptasi dengan suasana yang baru. Berdasarkan pada laman Kementrian Luar Negeri, setidaknya persiapkan 7 hal berikut jika kamu ingin menempuh studi di luar negeri. Sebagai bonus, ada satu tambahan tips untuk kamu.

 

Konsultasi dengan Perwakilan Lembaga Pendidikan Asing

Perwakilan Lembaga Pendidikan Asing sangat banyak
harikamagazin.com

Ada banyak perwakilan lembaga pendidikan asing yang kita dapat berkonsultasi kepada mereka tentang langkah-langkah kuliah luar di negeri. Rajinlah mencari informasi mereka melalui internet dan sarana lain. Biasanya, calon mahasiswa harus mempersiapkan sejumlah berkas yang diperlukan, seperti ijazah, transkrip, paspor, akta kelahiran, nilai TOEFL/IELTS, GMAT (untuk bidang manajemen), dan GRE (untuk bidang sains), dan ain-lain.

Pelajari Universitas yang Dituju

Mempelajari Universitas yang hendak dituju
distech-controls.com

Gali informasi sedalam-dalamnya mengenai universitas yang akan kamu tuju. Misalnya, jurusan, dosen, hingga para alumni universitas tersebut. Cari tahu juga jadwal studi (sylabus) jurusan yang kamu minati sehingga kamu tahu mata kuliah apa saja yang akan dipelajari di sana.

Pengurusan Izin Tinggal di Luar Negeri

Menguangkan traveller cheque sebagai salah satu syarat tinggal di luar negeri
delcampe.com

Biasanya, mahasiswa yang akan kuliah di luar negeri perlu mengurus sendiri izin tinggal di kepolisian, membayar tuition fee, menguangkan traveller cheque, membuka rekening bank, mencari tempat tinggal tetap, dan menemui calon pembimbing.

Adaptasi Kemungkinan Adanya Shock Culture

Shock culture mengakibatkan seseorang tidak nyaman berada dalam lingkungannya
unclebennies.com

Perbedaan kebudayaan sering menjadi kendala bagi mahasiswa yang kuliah di luar negeri. Kebudayaan timur sangat berbeda sekali dengan kebudayaan barat.

 

Adaptasi Keadaan Iklim yang Sangat Ekstrim

Cuaca yang ekstrim pada musim dingin
politiken.dk

Jika studi di negara yang memiliki empat musim maka kamu harus menyiapkan persiapan kebutuhan yang diperlukan pada saat musim-musim yang bersuhu ekstrim.

Cermat Mengatur Pengeluaran dan Pemasukan

Manajemen keuangan bulanan antara pemasukan dan pengeluaran
baitussalam1.rssing.com

Meskipun kamu mendapat full scholarship, tetap saja diperlukan manajemen keuangan yang baik dalam hal pemasukan dan pengeluaran. Hal ini agar tidak terjadi defisit keuangan.

Meningkatkan Kemampuan Bahasa Asing

Kamus untuk belajar bahasa asing
rbef.org

Calon mahasiswa luar negeri harus meningkatkan kemampuan bahasa yang sesuai  dengan pengantar perkuliahannya. Kamu dapat mengikuti kursus intensif atau bergabung dengan sejumlah klub bahasa untuk meningkatkan kemampuan bahasa asing.

Belajar Mandiri dan Manajemen Waktu

Manajemen waktu yang baik sebagai persiapan kuliah di luar negeri
dejavumagz.com

Sedari sekarang, atur waktumu dengan efisien. Jika kamu terbiasa terlambat, mulailah untuk selalu datang tepat waktu sebab masyarakat luar negeri terkenal dengan kedisiplinannya. Selain itu, kamu juga perlu belajar mandiri karena saat di luar negeri tidak ada keluarga yang selalu siap untukmu.

Tinggalkan komentar