8 Tips Agar Kamu Bisa Terlelap Dalam Tidur Malam

Kesulitan untuk tidur malam merupakan perkara yang bukan biasa, karena hal dapat menyebabkan jiwa terganggu dan berakibat strees berat. Waktu malam sangatlah cocok untuk istirahat, tetapi banyak orang yang mengalami kesusahan dalam tidur karena menumpuknya pekerjaan, suasana tempat tidur yang kurang nyaman dan masih banyak lain penyebabnya.

Jika tidak segera diakhiri, maka kedepannya kamu akan mengalami penyakit insomnia. Susah untuk tidur malam dan kesulitan juga untuk bangun pagi. Padahal waktu pagi merupakan waktu yang paling produktif untuk mengawali berbagai macam aktivitas manusia. Terdapat 8 tips yang baik untuk kamu agar kamu bisa tidur dengan tenang ketika malam hari, sehingga kamu dapat menikmati waktu pagi kamu dengan baik.

Baca juga Ingin Mendapatkan Tidur Nyenyak Dan Berkualitas? Lakukanlah Tips-tips Berikut Ini

Jadikan Kamar Kamu Sebagai Ruang Untuk Tidur Bukan Ruang Untuk Kerja

lifehacker.com

Tempat istirahat dan tempat kerja jangan sampai dijadikan satu. Hal ini akan mengakibatkan diri kamu susah meninggalkan pekerjaan. Di saat pekerjaan menumpuk dan seharusnya kamu harus istirahat, tetapi karena kamu tidak bisa meninggalkan pekerjaanmu itu kamu lebih mementingkan menyelesaikan pekerjaan tersebut.

Kebiasaan mencampur ruang kerja dan ruang istirahat dalam satu tempat membuat tubuh kebingungan dalam memilih aktivitas. Hal inilah yang nantinya akan mengakibatkan diri kamu terkena penyakit stress dan berujung ke penyakit Insomnia. Tempat istirahat tersedia tetapi badan terus memaksakan diri untuk bekerja.

Berbeda jika ruang kerja dan ruang istirahat dipisah dengan jarak yang cukup jauh. Jika sudah meninggalkan ruang kerja dan ternyata masih ada pekerjaan yang belum terselesaikan, maka tubuh akan merespon agar tinggalkan dulu pekerjaan-pekerjaan yang ada.

Maka dengan demikian kamu harus bisa menegaskan diri untuk memisahkan ruangan kerja dengan ruangan untuk mempertegas dirimu agar dapat mengatur kehidupan kamu.

Biasakan Untuk Mematikan Lampu Ketika Tidur, Hal Ini Sangat Membantu Meringankan Dirimu Untuk Segera Tidur

www.thetoc.gr

Setiap orang memiliki tipenya masing-masing, ada yang suka tidur dalam ruangan yang terang dan ada juga yang sebaliknya. Menurut hasil penelitian dari Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism menyatakan bahwa tidur dengan keadaan lampu yang menyala semalam penuh akan mengakibatkan tidur menjadi tidak berkualitas. Inilah yang menjadi salah satu penyebab penyakit insomnia yang terus kambuh.

Ketika lampu menyala juga menyebabkan otak untuk bekerja karena respon dari cahaya, sehingga hal ini mengakibatkan tidur yang tidak berkualitas.

Walaupun begitu usahakan untuk mematikan lampu sebelum kamu tidur, karena hal ini akan memberikan efek kepada otak untuk mengistirahatkan tubuhnya. Jika kamu memang membutuhkan cahaya untuk tidur, redupkan cahaya lampu agar tidak terlalu terang.

Celupkan Kepalamu ke Dalam Air Dingin

infomazza.com

Tidak perlu lama-lama, cukup 20-30 detik untuk merendam kepalamu di dalam air yang dingin. Ini akan memberikan efek berupa Mamalian Dive Reflect, yaitu membuat jantung dan tekanan darah akan menurun. Hal ini akan membuat tubuhmu menjadi lebih nyaman dan enak sehingga kamu dapat tertidur dengan nyaman.

Lakukan Sebuah Gerakan Olah Tubuh Untuk Memperlancar Aliran Darah

www.plimbi.com

Jangan sembarangan dalam melakukan olahraga kecil sebelum tidur, karena hal ini akan berakibat bahwa jantung akan berdetak sedikit lebih cepat dan akan membuat dirimu malah susah untuk tidur.

Tetapi jika dilakukan dilakukan dengan benar, menurut hasil dari penelitan dokter Lissa Rankin olahraga ringan akan membuat peredaran darah menjadi lebih lancar. Ini akan membuat otak memberi perintah untuk segera mengistirahatkan tubuh dan tidur.

Jauhkan Ponselmu Sebelum Tidur

simpleorganiclife.org

Sebuah penyakit muncul akibat perkembangan teknologi, yaitu penyakit Nomophobia (No Mobile Phone Phobia). Nomophobia merupakan ketakukan seseorang akan jauh dari ponselnya walaupun hanya sekian detik saja. Ponsel akan sangat mengganggu kinerja otak, cahaya yang dipancarkan oleh ponsel akan membuat mata susah untuk menutup. Jika kamu ingin mendapatkan sebuah tidur yang berkualitas maka jauhilah ponsel kamu dari tempat tidur kamu.

Jadikan Kamar Kamu Agar Sejuk Oleh Udara Sekitar

www.rumahidealis.co

Idealnya, di luar negeri suhu untuk tidur dengan nyaman adalah 23 derajat celcius. jika di Indonesia, suhu dibawah 30 derajat celcius sudah cukup nyaman untuk tidur. Kita hidup di negeri yang beriklim tropis dan curah angin yang sejuk, sehingga kamu tidak perlu lagi membeli AC untuk menjadikan ruangan tidur kamu sejuk. Cukuplah dengan mengatur sirkulasi udara yang ada di kamar kamu.

Jika ruangan kamar kamu minim sirkulasi udara atau daerah perkotaan, mungkin kipas angin merupakan alat yang dapat membuat kamar kamu menjadi lebih sejuk.

Jauhkan Jam dari Tempat Tidur

expertbeacon.com

Bunyi dari detik jam yang ada di dekat tempat tidur juga dapat membuat tidak nyaman tidur.Secara tidak kamu sadari bahwa ternyata suara yang dikeluarkan dari jam tersebut memberikan sebuah pengaruh yang luar biasa bagi otak. Suara detik jam tadi akan membuat badan kamu menjadi setengah sadar dan setengah tidak sadar. Ini akan membuat tidur kamu menjadi tidak berkualitas dan sangat buruk bagi kondisi jiwa seseorang ketika sedang dalam keadaan stress.

Jangan Pikirkan yang Lain Kecuali Diri Kamu dan Tubuhmu

sugarbear.hot1035radio.com

Ketika kamu tubuh kamu dalam keadaan yang paling capek, janganlah untuk berpikir untuk bekerja di esok harinya tetapi pikirkanlah bagaimana tubuhmu mendapatkan tenaga kembali setelah capek beraktivitas. Jangan takut untuk tidak dapat beraktivitas pada esok hari, karena dengan beristirahat maka kamu akan mendapatkan tenaga kembali dan dapat beraktivitas dengan biasa di kemudian hari.

Tinggalkan komentar