8 Tips Ini Bisa Membantu Menjaga Kesehatan Mata Kamu

Salah satu organ tubuh kita yang sangat penting namun sering terabaikan yaitu mata. Kita semua sepakat bahwa mata sangat penting bagi kita, bahkan diberikan istilah jendelanya dunia. Ya, karena dengan mata yang sehat kita dapat melihat dunia dengan segala keindahannya.

 

Makan Makanan yang Baik Untuk Mata

ayobuka.com
ayobuka.com

Hal yang paling utama dalam menjaga kesehatan mata yaitu dengan memilih makanan bergizi untuk kita konsumsi setiap hari. Kamu tentunya sudah tahu bahwa wortel sangat baik untuk kesehatan mata bukan? Nah, berikut ini merupakan makanan yang sangat baik untuk dikonsumsi agar mata kamu tetap sehat.

  • Makanan yang memiliki kandungan vitamin A, C dan E.
  • Makanan yang memiliki kandungan anti-oksidan, misal sayuran hijau, kuning telur, paprika, labu, ubi dan wortel.
  • Makanan yang kaya akan kandungan sisteina, sulfur dan lesitin, seperti bawang bombay, bawang putih dan bawang merah.
  • Buah berry yang kaya antosianin, yaitu blueberry, anggur dan goji berry.
  • Makanan yang mengandung DHA atau asam lemak, seperti ikan salmon, sarden, mackerel dan cod.

Selalu Istirahatkan Mata

www.carasumber.com
www.carasumber.com

Mengistirahatkan mata sangat diperlukan. Karena ketika mata lelah, maka otakpun akan sulit untuk berkonsentrasi. Cara mengistirahatkan mata yaitu dengan tidur yang cukup dan tidak begadang. Apabila kamu bekerja di depan komputer setiap hari, cobalah tips berikut ini. Setelah berada di depan komputer selama 20 menit, cobalah untuk mengistirahatkan mata selama 20 detik dengan melihat objek yang agak jauh (5-10 meter).

Hindari Membaca di Tempat Cahaya Redup

kepergokmembaca.wordpress.com
kepergokmembaca.wordpress.com

Buat kamu yang gemar membaca, cobalah untuk membiasakan membaca di tempat yang cukup cahaya, tidak redup atau pun terlalu terang. Tempat yang memiliki cahaya redup membuat mata cepat lelah. Sedangkan tempat yang memiliki cahaya terlalu terang juga akan merusak mata.

Hindari Kontak Langsung dengan Cahaya Sangat Terang

ariflasjogja.blogspot.com
ariflasjogja.blogspot.com

Melihat cahaya matahari langsung atau cahaya yang sangat terang seperti di tempat pengelasan tanpa alat pelindung akan merusak mata. Jadi apabila kamu berprofesi yang mengharuskan melihat cahaya yang sangat terang, pakailah pelindung mata.

Jaga Jarak Pandang

vespafirza.wordpress.com
vespafirza.wordpress.com

Buat kamu yang sehari-hari harus berada di depan komputer, biasakanlah untuk menjaga jarak pandang. Jangan melihat layar komputer terlalu dekat. Jarak pandang ideal antara mata dengan layar yaitu 50-100 cm. Inipun berlaku ketika kamu menonton TV. Begitupun ketika kamu membaca buku. Jarak idealnya sekitar 30cm dan membacanya tidak dengan terlentang.

Gunakan Kacamata di Saat yang Tepat

bestsafetyglasses.com
bestsafetyglasses.com

Apabila kamu memiliki mata minus atau plus yang mengharuskan memakai kacamata, cobalah untuk tidak selalu memakainya. Atau jika kamu bekerja di tempat yang berdebu, pakailah kacamata yang dapat melindungi mata dari benda asing. Ini juga berlaku buat kamu yang bekerja di laboratorium atau teknisi lapangan.

Rutin Olahraga

homeboy.gr
homeboy.gr

Banyak sekali manfaat yang kita dapatkan dengan rajin berolahraga. Salah satunya menurunkan ketegangan otot mata dan mengurangi resiko glaukoma atau penyakit mata yang dapat menyebabkan kebutaan. Agar mata tetap sehat, kamu cukup olahraga yang ringan-ringan saja, seperti jogging dan aerobik. Atau kamu bisa mencoba melatih mata dengan tips berikut ini:

  • Hangatkan mata dengan cara menggosok kedua telapak tangan hingga hangat kemudian tempelkan ke mata kamu selama lima detik. Ulangi sampai tiga kali.
  • Putar bola mata searah jarum jam sebanyak 10 kali. Kemudian putar lagi berlawanan arah jarum jam sebanyak 10 kali.
  • Fokuskan mata. Caranya dengan memegang sebuah benda, misal pulpen. Ulurkan tangan kita ke depan dan cobalah untuk memfokuskan mata kita ke ujung pulpen (bola yang ada di pulpen). Dekatkan pulpen tersebut secara perlahan dengan tetap fokus pada ujung pulpen hingga mencapai jarak 12 cm dari hidung, kemudian jauhkan kembali secara perlahan dan tetap fokus ke ujung pulpen tersebut. Ulangi hingga 10 kali.

Periksa Mata Secara Rutin

ceritamahmur.wordpress.com
ceritamahmur.wordpress.com

Memeriksakan mata secara rutin ke dokter spesialis sangat dianjurkan. Karena kita akan mendapatkan solusi  dari ahlinya apabila ada keluhan.

Satu pemikiran pada “8 Tips Ini Bisa Membantu Menjaga Kesehatan Mata Kamu”

Tinggalkan komentar