9 Bahaya Merokok Bagi Kesehatan Tubuh

Dalam satu batang rokok terdapat sekitar 4.000 komponen kimia yang 250 diantaranya sangat berbahaya bagi kesehatan. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Centers for Disease Controls and Prevention US, ada beberapa bahaya kesehatan yang mungkin akan timbul jika sering merokok.

Berikut ulasannya.

 

Kanker

huffingtonpost.com
huffingtonpost.com

Kandungan zat Butadine yang ada dalam rokok dapat menyebabkan berbagai macam kanker serta meningkatkan resiko kanker perut, darah dan limfa. Zat kimia yang satu ini biasanya digunakan untuk memproduksi karet.

Paru-paru

caramembuatresepcantik.blogspot.com
caramembuatresepcantik.blogspot.com

Kandungan zat Akreolin, Formaldehida dan Kromium VI yang terdapat dalam rokok dapat menghambat perbaikan DNA serta dapat merusak lapisan paru-paru. Selain itu, kandungan Tar yang terdapat pada rokok dapat menyebabkan paru-paru menjadi kotor serta menimbulkan bercak coklat pada gigi dan kuku.

Kerusakan Ginjal

riswandi.obatherbal15.com
riswandi.obatherbal15.com

Kandungan zat Kadmium yang terkandung dalam rokok dapat menyebabkan kerusakan ginjal dan kerusakan pembuluh darah arteri. Zat Kadmium ini biasanya digunakan sebagai bahan untuk membuat baterai.

Leukemia

docstoccdn.com
docstoccdn.com

Zat Benzene yang terdapat pada rokok dapat menyebabkan leukemia. Zat ini biasanya digunakan untuk memproduksi bahan kimia lainnya.

Serangan Jantung

nosakit.blogspot.com
nosakit.blogspot.com

Karbon Monoksida yang terkandung dalam rokok dapat menyebabkan serangan jantung serta pengerasan arteri atau yang disebut dengan aterosklerosis.

Penyempitan Pembuluh Darah

pengobatanalternatifalami.net
pengobatanalternatifalami.net

Zat Nikotin yang terkandung dalam rokok merupakan zat adiktif yang sangat berbahaya. Zat ini dapat menyebabkan meningkatnya tekanan darah, serta penyempitan pembuluh darah yang dapat menyebabkan kematian.

Prematur

reborns.ifokus.se
reborns.ifokus.se

Bagi para wanita yang merokok atau sering terpapar asap rokok (perokok pasif) cenderung akan melahirkan bayi dengan berat badan di bawah rata-rata serta meningkatnya mengalami kelahiran prematur.

Katarak

k9866.com
k9866.com

Merokok juga bisa menyebabkan katarak dan lebih parahnya lagi bisa menyebabkan rusaknya retina mata.

Diabetes Mellitus

healthnewsng.com
healthnewsng.com

Merokok juga bisa menyebabkan penyakit diabetes mellitus tipe 2, sehingga gula darah sulit untuk dikontrol.

Tinggalkan komentar